Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Dampak Tidak Cuci Kaki Setelah Keluar Rumah untuk Kesehatan

Uncategorized

20 Dampak Tidak Cuci Kaki Setelah Keluar Rumah untuk Kesehatan

Setiap orang pasti tiap hari keluar rumah. Kecuali dirinya sedang sakit atau mengidap kelainan psikis yang membuatnya tidak pernah keluar rumah. Beberapa orang kalau habis keluar rumah langsung mencuci muka, tangan dan kakinya. Namun ada pula yang tidak mencuci kaki. Hanya tangan dan muka di wastafel. Selain itu ternyata lebih banyak orang yang sama sekali tidak membersihkan badannya usai keluar rumah.

Padahal kalau tangan, kaki dan wajah tidak dicuci, maka kemungkinan besar banyak bakteri dan debu menempel. Maka dari itu biasakan untuk mencucinya ya. Semalas apapun. Harus mulai dibiasakan.

Rumor berkata bila kita mencuci muka usai berpanas-panasan di luar rumah bisa menyebabkan flek hitam. Ini memang benar, makanya untuk cuci wajah ada tekniknya. Yaitu kita mesti menunggu dulu suhu wajah agar sama dengan suhu ruangan rumahmu. Tunggulah kira-kira 30 menit baru cuci muka.

Nah pada artikel ini, kami khusus akan menjelaskan tentang dampak dari tidak cuci kaki setelah keluar rumah. Kira-kira kalau kita tidak mencuci kaki setelah aktivitas di luar rumah, apa yang terjadi ya? Simaklah penjelasannya di bawah ini:

1. Banyak Debu Menempel di Telapak Kaki dan Betis

Tentu saja kalau kita tidak mencuci kaki, maka bakal banyak debu yang menempel. Dan kalau ini sudah terjadi, otomatis kita akan risih. Ada debu sedikit saja di dekat hidung bisa bikin bersin-bersin. Meski kaki tidak mampu bersin, namun debu yang menempel ini bisa jadi daki lama-lama. Bikin jelek kaki deh.

2. Kuman Menempel Juga di Kaki

Kuman sebenarnya adalah bakteri. Bayangkan bila kita tidak cuci kaki, maka bakteri atau kuman ini bisa masuk ke dalam lapisan permukaan kulit. Dan apa yang terjadi selanjutnya? Tentu saja kita bakal terkena penyakit.

Loading...

3. Resiko Terkena Cacing Filaria Firasis

Filaria Firasis adalah cacing yang menyebabkan penyakit kaki gajah. Cacing Filaria begitu bahaya sekali dan bisa menembus ke permukaan kulit. Bayangkan bila cacing ini masuk ke dalam tubuh anda karena tidak cuci kaki? Wah, benar-benar bisa terancam kaki gajah.

4. Kaki Menjadi Bau

Bau kaki juga bisa disebabkan karena kita malas mencuci kaki. Ketika habis bepergian di luar rumah, pulangnya lupa atau malas cuci kaki. Segera ubah gaya hidup macam ini karena sungguh tidak baik untuk kesehatan.

5. Lama-lama Kaki Jadi Kusam dan Kumal

Oleh karena daki makin banyak menempel di kulit. Dan kulit juga mengalami penumpukkan lapisan sel kulit mati, maka lama-lama jadi kusam dan kumal. Apa kita mau hanya karena malas cuci kaki malah kaki jadi jelek karena kusam dan kumal? Tentu tidak.

6. Perubahan Warna Kulit Pada Kaki

Jelaslah orang yang jarang cuci kaki warna kulitnya bakal berubah jadi lebih gelap. Kalau tidak percaya silahkan buktikan sendiri. Tidak usah cuci kaki selama seminggu saja, apa yang terjadi? Tampaknya kulit seperti gosong.

7. Terkena Gangguan Jantung dan Peredaran Darah

Gangguan jantung dan peredaran darah juga bisa terjadi ketika kita malas membersihkan tubuh terutama kaki. Karena kaki kita sebenarnya menyimpan titik-titik syaraf yang langsung berhubungan dengan organ jantung dan darah. Maka dari itu, biasakan untuk cuci kaki! Jangan pernah tidak cuci kaki setelah keluar rumah!

8. Kulit Kaki Pecah-Pecah dan Kering

 

Kulit kaki pecah-pecah dan kering sering dirasakan ketika kita tidak cuci kaki dalam waktu lama. Maka dari itu, mari kita rajin cuci kaki supaya terus terasa lembab dan halus!

9. Kaki Terasa Gatal

Kalau kita tidak cuci kaki dalam waktu lama maka dampak paling dirasakan adalah terasa gatal. Entah kenapa rasanya ingin terus menggaruk kaki. Sebaiknya segera cuci kaki dan pakai sabun bila terjadi!

10. Pegal-Pegal di Betis dan Telapak Kaki

Tidak cuci kaki juga ternyata menyebabkan pegal-pegal di betis dan telapak kaki loh. Karena nyatanya setelah aktivitas seharian di luar rumah, maka darah banyak terkumpul di kaki. Untuk melancarkan aliran darah dan membuat kaki rileks, kita butuh air. Maka cucilah kaki segera!

Baca Juga: 20 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur untuk Kesehatan

Seperti itulah beberapa dampaknya kalau kita tidak cuci kaki. Nah, di bawah ini masih ada dampak lainnya. Silahkan diperhatikan lagi!

10 Dampak Tidak Cuci Kaki Setelah Keluar Rumah yang Lainnya:

11. Memicu Sakit Kepala
12. Lebih Mudah Terkena Penyakit
13. Darah Kotor Tertimbun di Kaki
14. Kaki Menjadi Jelek
15. Lebih Mudah Kena Rematik
16. Warna Kaki Jadi Hitam
17. Kotoran Pada Kaki Akan Menempel Terus Permanen
18. Munculnya Daki Membandel
19. Resiko Gagal Ginjal
20. Infeksi Saluran Napas

Seperti itulah beberapa dampaknya bila kita tidak membasuh atau mencuci kaki segera setelah keluar rumah. Jangan melakukan hal buruk ini lagi ya! Mari bergaya hidup sehat! Supaya sehat selalu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top