Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Buruk Konsumsi Mie dengan Nasi untuk Kesehatan

Uncategorized

12 Efek Buruk Konsumsi Mie dengan Nasi untuk Kesehatan

Ada efek buruk konsumsi mie dengan nasi untuk kesehatan tubuh Anda jika sering dikonsumsi secara bersamaan secara terus-menerus. Mie merupakan jenis makanan yang dibuat dari bahan tepung kemudian dibentuk sedemikian rupa. Banyak produk mie di luar sana juga mengandung bahan pengawet. Sedangkan nasi merupakan makanan pokok kita sehari-hari yang mengandung banyak kalori dan kadar gula yang tidak sedikit.

Kebiasaan orang Indonesia yaitu mengonsumsi jenis makanan tidak akan lengkap tanpa nasi, termasuk ketika mengonsumsi mie. Mie mengandung banyak karbohidrat dari tepungnya, sedangkan nasi juga mengandung cukup banyak karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi keduanya dengan berlebihan, maka tubuh Anda akan menerima kelebihan karbohidrat. Karbohidrat yang terlalu banyak di dalam tubuh akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

12 Efek Buruk Konsumsi Mie dengan Nasi untuk Kesehatan

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk konsumsi mie dengan nasi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Terlalu kenyang karena karbohidrat

Karbohidrat yang terlalu banyak Anda konsumsi dari mie dan nasi akan membuat Anda merasa kenyang. Namun tidak terlalu banyak nutrisi yang akan Anda dapatkan. Akibatnya, Anda tidak mengonsumsi makanan bergizi lainnya karena sudah kenyang.

2. Kenaikan insulin

Insulin dalam tubuh Anda akan dengan cepat naik ketika Anda banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat. Banyaknya kandungan insulin dalam tubuh Anda justru akan mengganggu kesehatan tubuh.

3. Merusak pankreas

Masih berkaitan dengan insulin. Ketika banyak karbohidrat yang masuk ke tubuh Anda menaikkan insulin tubuh, maka organ yang paling terkena dampaknya adalah pankreas. Pankreas Anda harus bekerja lebih keras lagi dan pada akhirnya mengalami kerusakan.

Loading...

4. Memicu diabetes militus

Karbohidrat adalah jenis nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan gula di tubuh Anda. Jika mie dan nasi Anda konsumsi, maka kandungan karbohidrat yang banyak akan menghasilkan gula yang banyak pula. Tubuh Anda pun akan terjangkit penyakit diabetes.

5. Kerusakan organ hati

Kandungan karbohidrat yang menumpuk di dalam tubuh juga akan menjadi senyawa yang menumpuk di dalam organ hati Anda. Akibatnya organ hati Anda akan mengalami gangguan kesehatan dan tidak berfungsi dengan baik.

6. Membuat perut buncit

Banyaknya mie dan nasi yang Anda konsumsi akan membuat perut Anda menjadi buncit. Mengapa? Karena lambung Anda memerlukan banyak waktu untuk mengolahnya sampai habis. Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengunyah dan menelan makanan dengan pelan.

7. Obesitas

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat yang terdapat dalam mie dan nasi akan membuat Anda gemuk atau mengalami penyakit obesitas. Hal ini merupakan salah satu faktor utama yang membuat orang menjadi gemuk.

8. Bahan pengawet dalam mie

Mie instan merupakan makanan kemasan yang tidak bisa Anda jadikan makanan pokok. Kandungan pengawet di dalamnya akan membahayakan kesehatan tubuh Anda dan memicu berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

9. Penyakit hipertensi

Gejala penyakit yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi mie dan nasi bersamaan adalah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Ada zat sodium dalam mie instan yang akan membuat tekanan darah Anda menjadi naik.

10. Memicu penyakit kanker

Akibat dari bahan pengawet yang berasal dari mie instan akan memicu penyakit kanker. Kanker muncul karena pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan kemasan dengan banyak bahan pengawet.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Kerupuk Putih untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk konsumsi mie dengan nasi untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 2 efek buruk lainnya:

2 Efek Buruk Konsumsi Mie dengan Nasi untuk Kesehatan Lainnya

11. Gangguan sistem pencernaan
12. Merusak organ pencernaan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk konsumsi mie dengan nasi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top