Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Alergi Obat Paling Parah

Uncategorized

10 Efek Alergi Obat Paling Parah


Efek Alergi Obat – Alergi obat merupakan reaksi alergi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap obat-obatan tertentu yang di konsumsinya. Beberapa jenis obat termasuk obat yang dijual bebas ataupun tanpa resep dokter sehingga bisa menimbulkan efek alergi terhadap orang yang sensitif terhadap obat. Jika efek alergi obat sudah bereaksi penderita akan merasa seperti pusing, sesak napas, mual, muntah dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka anda harus memperhatikan efek alergi obat yang anda konsumsi, sehingga tidak akan berdampak buruk serta mengancam jiwa anda. Berikut efek alergi obat yang penting untuk anda ketahui

Efek Alergi Obat

1. Tekanan darah menurun

Efek pertama alergi obat adalah tekanan darah menurun. Zat kimia obat tertentu dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan memicu tubuh menjadi lemas dan timbul rasa tidak nyaman pada tubuh. Kondisi ini merupakan efek zat kimia obat yang telah diminum sedang dicegah oleh sistem kekebalan tubuh.

2. Terserang dehidrasi

Efek lainnya dari alergi obat juga akan membuat penderitanya terserang dehidrasi. Zat kimia yang ada pada obat obatan tertentu dapat membuat seseorang terkena dehidrasi lantaran tubuh telah bekerja keras melawan dan berusaha menolak zat kimia obat untuk masuk secara meluas ke organ internal. Tubuh akan menggunakan cairannya untuk menolak zat kimia hasil dari obat yang telah masuk dalam tubuh.

3. Gangguan mata

Adanya gangguan mata juga bisa menjadi salah satu efek dari alergi obat. Gangguan mata berupa mata berair dan timbul gatal adalah bentuk usaha dan upaya dari sistem tubuh dalam menolak zat kimia dari obat yang telah dikonsumsi.

4. Sesak nafas

Sesak napas juga bisa muncul karena efek dari alergi obat. Sistem pernafasan mengalami hambatan akibat zat kimia dari obat yang menyumbat sistem imunitas tubuh dan tidak menginginkan zat kimia obat melanjutkan perjalananya kedalam darah atau organ tubuh lain.

Loading...

5. Mual, muntah, berkeringat dan mencret

Alergi obat juga dapat mengakibatkan penderita merasa mual, muntah, berkeringan dan mencret. Sistem kekebalan tubuh berusaha mencegah agar zat kimia dari obat tertentu yang telah masuk dalam tubuh agar secepatnya keluar melalui urin dan keringat. Rasa mual, muntah dan mencret menandakan bahwa zat kimia mengalami pencegahan oleh sistem imunitas untuk segera dibuang melalui air seni.

6. Demam ringan dan berat

Alergi obat juga dapat berupa demam ringan dan berat. Demam ringan atau berat disesuaikan dengan daya tahan tubuh seseorang ketika terserang zat kimia dari obat yang telah dikonsumsi.

7. Batuk dan sakit kepala

Selain demam ringan dan berat, efek yang ditimbulkan dari alergi obat adalah batuk dan sakit kepala. Kondisi ini menandakan bahwa obat yang telah dikonsumsi tidak cocok untuk penyakit yang ingin disembuhkan.

8. Bersin dan pilek

Penderita alergi obat jjuga akan merasakan bersin dan pilek. Bersin akan terjadi beberapa kali lebih dari lima kali yang diikuti dengan pilek. Bersin-bersin akan terjadi pada orang-orang yang sensitif dan alergi terhadap obat tertentu.

9. Ruam kemerahan

Ruam kemerahan akan terjadi jika anda mengalami alergi obat. Ruam-ruam kemerahan yang tidak gatal tetapi mengganggu penampilan kulit karena ruam terlihat seperti penyakit kulit dan nampak tidak merata.

10. Terjadinya inflamasi

Terjadinya inflamasi juga bisa menjadi kondisi karena anda alergi terhadap obat. Ada sebagian orang mengalami pembengkakan pada wajah, lengan, kaki atau leher setengah jam atau satu jam setelah mengkonsumsi obat obatan tertentu. Pembengkakan tersebut sangat mengganggu pergerakan dan aktivitas sehari hari karena menimbulkan rasa nyeri.

Efek Alergi Obat Lainnya :

11. Bentol bentol dan gatal
12. Sakit kepala dan kesulitan tidur
13. Pingsan
14. Mulut kering, pahit, dan gatal
15. Wajah bengkak

Jika anda sudah pernah mengalami alergi obat dan anda tahu persis nama obat tersebut, maka jangan sekali-kali meminum kembali obat tersebut yang justru akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh anda.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top