Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Buruk Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Efek Buruk Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Siapa sangka jika ada efek buruk bawang putih mentah untuk kesehatan yang dapat membuat Anda terjangkit berbagai jenis gangguan kesehatan. Bawang putih merupakan jenis rempah yang cukup banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. Jenis bawang ini sendiri sering dikombinasikan dengan bawang lainnya, yaitu bawang merah dan bawang Bombay. Bawang putih mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin dan juga mineral.

Walaupun bawang putih mengandung nutrisi yang dibtuhkan oleh tubuh Anda, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mentah. Konsumsi bawang putih mentah tidaklah disarankan karena akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Itulah mengapa akan lebih baik untuk mengolah bawang ini dengan benar dalam masakan yang akan Anda buat. Agar dampak buruknya tidak menjangkiti tubuh Anda.

15 Efek Buruk Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk bawang putih mentah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Rasa panas di dalam mulut

Bawang putih merupakan jenis rempah mentah yang mempunyai bau dan rasa yang khas. Rasa bawang ini cukup pedas sehingga jika Anda konsumsi langsung mentahannya, maka mulut dan lidah Anda akan terasa terbakar.

2. Bau mulut

Konsumsi bawang putih mentah juga akan membuat mulut Anda memiliki bau yang tidak sedap. Baunya pun cenderung menyengat karena bau bawang itu sendiri bercampur dengan bau mulut di rongga mulut Anda.

3. Keringat dengan bau yang tidak sedap

Bawang putih mentah yang dikonsumsi langsung akan memuat keringat yang keluar dari tubuh Anda menjadi tidak sedap. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu bau keringat di tubuh Anda ditentukan oleh jenis makanan yang Anda konsumsi.

Loading...

4. Resiko alergi

Efek bawang putih dapat memberikan resiko gejala alergi yang cukup sulit untuk sembuh. Contoh alergi yang sering muncul yaitu kulit kemerahan. Gejala yang paling parah adalah gangguan sistem pernapasan di tubuh Anda.

5. Mengganggu kesehatan saluran pencernaan

Bawang putih mentah bukan bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Jika Anda sering mengonsumsinya, maka kesehatan pencernaan Anda akan terganggu. Pencernaan Anda akan menjadi tidak lancar.

6. Memicu penyakit diare

Rasa bawang putih mentah yang pedas tidak hanya akan melukai organ pencernaan Anda, namun juga menimbulkan sakit perut bahkan diare. Hal ini dikarenakan pencernaan Anda tidak terbiasa dengan rasa bawang putih yang cukup pedas.

7. Menambah pendarahan

Kandungan zat dalam bawang putih mentah dapat memicu pendarahan yang cukup hebar. Itulah kenapa jika Anda sedang terluka atau sedang dalam masa sebelum operasi, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi bawang ini.

8. Iritasi kulit

Kulit manusia cinderung akan mengalami iritasi jika terkena zat yang panas dan pedas seperti bawang putih mentah. Apalagi jika Anda mempunyai kulit yang cinderung sensitive, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi bawang pedas ini.

9. Bau kentut yang menyengat

Sama seperti keringat. Jenis makanan yang Anda konsumsi akan menentukan bau seperti apa yang akan keluar dari tubuh Anda. Konsumsi bawang putih mentah akan membuat bau kentung Anda menjadi lebih menyengat dan tidak sedap.

10. Tidak diperbolehkan mengonsumsi bawang putih dengan obat

Keadaan tubuh Anda yang sedang terjangkit dan membutuhkan konsumsi obat tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah. Reaksi campuran antara bawang putih mentah dengan obat yang Anda konsumsi justru akan membahayakan.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Konsumsi Manggis dengan Gula untuk Kesehatan

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk bawang putih mentah untuk kesehatan lainnya. Berikut ini 5 efek buruk lainnya:

5 Efek Buruk Bawang Putih Mentah untuk Kesehatan Lainnya

11. Anti koagulan
12. Iritasi lambung
13. Merusak organ usus
14. Memicu gangguan pencernaan
15. Lidah terbakar

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk bawang putih mentah untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top