Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Konsumsi Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Uncategorized

10 Efek Buruk Konsumsi Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Ada beberapa efek buruk konsumsi cumi-cumi untuk kesehatan yang akan menyerang tubuh Anda jika mengonsumsi hewan laut ini secara berlebihan. Cumi-cumi merupakan sumber makanan manusia yang juga sering dikonsumsi selain ikan. Anda akan banyak menemukan jenis makanan berupa seafood dengan bahan utama cumi-cumi. Hewan ini sangat lezat untuk diolah dengan cara digoreng ataupun ditumis bersamaan dengan bahan sayuran lainnya.

Namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsi cumi-cumi dengan berlebihan. Sama halnya dengan jenis makanan lainnya, cumi-cumi dapat memberikan banyak efek buruk jika Anda tidak berhati-hari dalam mengonsumsinya. Penelitian lebih lanjut menuturkan bahwa cumi-cumi memang mengandung beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Tapi hewan ini dapat mengganggu kesehatan tubuh jika tidak dikonsumsi dengan cara pengolahan yang tepat.

10 Efek Buruk Konsumsi Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek efek buruk konsumsi cumi-cumi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Adanya zat merkuri

Laut saat ini banyak dicemari oleh limbah yang mengandung zat merkuri. Zat yang satu ini jika masuk ke dalam tubuh Anda akan membawa dampak yang buruk. Kandungan zat merkuri sering ditemukan pada hewan laut yang juga ikut tercemar, salah satunya cumi-cumi.

2. Merusak syaraf tubuh

Efek buruk yang akan Anda terima dari konsumsi zat merkuri pada cumi-cumi salah satunya yaitu kerusakan pada syaraf tubuh. Beberapa bagian syaraf di tubuh Anda akan terganggu dan kemungkinan juga tidak bisa berfungsi dengan baik.

3. Memicu penyakit kanker

Zat merkuri yang mencemari hewan laut seperti cumi-cumi juga dapat memicu penyakit kanker di tubuh Anda jika dikonsumsi dengan terus menerus. Sel tubuh Anda akan mengalami kerusakan dan berubah menjadi kanker yang dengan mudah menyebar.

Loading...

4. Keracunan makanan

Banyak orang yang akan mengalami gejala keracunan makanan seperti mual dan muntah setelah mengonsumsi cumi-cumi. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh kandungan merkuri dalam cumi-cumi, namun juga bakteri di dalamnya.

5. Alergi pada kulit

Beberapa orang kemungkinan besar mempunyai banyak alergi terhadap makanan laut termasuk cumi-cumi, namun mereka tidak menyadarinya. Gejala alergi yang timbul contohnya bersin, gatal pada kulit, atau bengkak pada wajah.

6. Memicu kolesterol

Cumi-cumi merupakan hewan laut yang mengandung cukup banyak kolesterol jahat. Jika Anda mengonsumsi hewan ini terlalu banyak, maka Anda akan mempunyai tubuh dengan kolesterol jahat yang menumpuk. Hal ini memicu banyak penyakit di dalam tubuh.

7. Penyakit diabetes

Kolesterol yang tinggi di tubuh Anda akibat mengonsumsi cumi-cumi akan memicu beberapa penyakit lainnya, salah satunya penyakit diabetes. Anda pun tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan karena harus memperhatikan kandungan gula di dalamnya.

8. Memicu penyakit jantung

Penyakit yang satu ini ditimbulkan oleh kolesterol tinggi di tubuh Anda, yaitu penyakit jantung. Jadi jika Anda mempunyai gejala jantung yang kurang sehat, Anda sebaiknya menghindari konsumsi cumi-cumi terlalu banyak.

9. Stroke

Penyakit jantung biasanya diikuti dengan penyakit stroke akibat organ jantung yang tidak bisa berfungsi dengan baik.Gejala stroke yang menyerang tubuh Anda akan lebih parah jika Anda tidak bisa mengontrol konsumsi cumi-cumi yang Anda makan.

10. Memicu penyakit asam urat

Satu lagi penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi akibat konsumsi cumi-cumi, yaitu penyakit asam urat. Penyakit ini tidak hanya akan menyerang Anda yang tidak menjaga pola makan, namun juga tidak memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk konsumsi cumi-cumi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top