Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Daging Asap untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Efek Buruk Daging Asap untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sangka jika ada efek buruk daging asap untuk kesehatan tubuh yang membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan. Daging asap merupakan olahan makanan berupa daging yang diasap kemudian didiamkan sampai daging tersebut matang. Olahan daging yang satu ini memang cukup banyak penggemarnya karena rasa yang dihasilkan cukup lezat. Namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging asap, kesehatan tubuh Anda akan terganggu.

Cara mengolah daging dengan cara diasapi sebenarnya tidak akan memberikan dampak yang terlalu buruk jika Anda tahu betul bagaimana mengolahnya. Hal ini tidak hanya berlaku pada daging sapi dan kambing, namun juga makanan lainnya yang diasapi seperti ikan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam daging juga tidak akan berkurang banyak jika pengasapannya dilakukan dengan benar. Namun Anda juga perlu waspada akan efek buruk yang diberikan makanan ini ke tubuh Anda.

10 Efek Buruk Daging Asap untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk daging asap untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

10 Efek Buruk Daging Asap untuk Kesehatan Tubuh

1. Kandungan karbon dioksida

Olahan daging yang dilakukan dengan cara pengasapan akan memberikan kandungan karbon dioksida ke dalam daging tersebut. Tubuh Anda tidak terlalu membutuhkan banyak karbon dioksida karena dapat mengganggu kesehatan tubuh.

2. Kandungan tawas dalam daging

Seiring dengan harga daging yang mahal, banyak pedagang yang memasukkan zat berupa tawas pada daging asap agar tampilannya tampak segar. Tawas sendiri mengandung cukup banyak logam yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

3. Bakteri

Daging asap juga mempunyai banyak resiko lebih untuk terjangkit bakteri. Jika Anda mengonsumsi daging ini terlalu banyak, maka tubuh Anda juga akan terkena bakteri yang dapat merusak kesehatan tubuh.

Loading...

4. Ketahui jenis pengasapan

Beberapa cara pengolahan daging asap salah satunya dilakukan dengan pengasapan air. Pengasapan air ini mempunyai beberapa level yang tergantung dari bahan yang digunakan dalam pengasapan. Jika tidak sesuai, maka daging asap yang dikonsumsi dapat membahayakan kesehatan.

5. Memicu penyakit kanker

Pengolahan daging asap banyak menggunakan bahan pengawet. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging ini yang mengandung pengawet di dalamnya, maka tubuh Anda akan lebih mudah terjangkit kanker.

6. Terjangkit penyakit stroke

Tidak hanya penyakit kanker, Anda juga dapat terjangkit penyakit stroke. Hal ini disebabkan oleh lemak daging yang menumpuk dalam daging asap. Kandungan nitrat nya pun jauh lebih besar daripada daging biasa.

7. Resiko penyakit diabetes

Ternyata, daging asap juga dapat membuat tubuh Anda terjangkit penyakit diabetes dengan resiko yang lebih tinggi. Hal ini akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik dan tidak stabil, sehingga diabetes pun akan muncul.

8. Memicu penyakit jantung

Daging asap yang dikonsumsi dengan berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah penelitian membuktikan jika kandungan senyawa yang terdapat dalam daging asap jika mengendap di dalam tubuh akan memicu penyakit jantung.

9. Resiko penyakit kanker payudara

Bagi para wanita yang ingin mempunyai tubuh yang sehat, ada baiknya tidak mengonsumsi daging asap terlalu banyak. Daging olahan yang satu ini dapat membuat resiko terjangkit penyakit kanker menjadi lebih tinggi.

10. Memicu penyakit pencernaan

Penyakit pencernaan akan dengan mudah menyerang tubuh Anda jika Anda mengonsumsi daging asap hampir setiap hari. Penelitian kesehatan menyarankan agar Anda mengonsumsi daging asap cukup satu minggu sekali saja.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk daging asap untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top