Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Buruk Daging Babi untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Efek Buruk Daging Babi untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa efek buruk daging babi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda perhatikan lebih lanjut, terutama jika Anda penggemar daging yang satu ini. Daging babi merupakan salah satu jenis daging konsumsi yang cukup banyak peminatnya. Secara umum, daging babi mengandung sejumlah gizi seperti kalori, protein, zat besi, kalsium, dan juga fosfor. Namun jika Anda tidak mengolah daging ini dengan benar, tubuh Anda hanya akan terserang gejala gangguan kesehatan.

Beberapa daerah di Indonesia menjadikan daging babi sebagai daging yang sering dikonsumsi. Selain mudah diternakkan, daging ini juga tergolong lebih murah dibandingkan dengan daging sapi. Secara ilmiah dan ilmy kesehatan, daging babi mempunyai beberapa dampak yang tidak baik untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi dengan berlebihan. Apalagi jika sejak awal daging babi yang Anda konsumsi sudah tidak lagi bersih.

15 Efek Buruk Daging Babi untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk daging babi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Memicu obesitas

Kandungan kalori yang cukup banyak dalam daging babi serta lemaknya dapat membuat tubuh Anda mudah terkena obesitas atau kegemukan. Tubuh yang cenderung gemuk akan cenderung sulit untuk digerakkan dan sangat mudah merasa lelah.

2. Meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh

Lemak dalam daging babi ditambah dengan pengolahan daging yang kurang tepat adalah penyebab dari timbulnya kolesterol tinggi di tubuh Anda. Tubuh yang sudah banyak terjangkit kolesterol akan dengan mudah diserang beberapa penyakit komplikasi lainnya.

3. Diabetes

Akibat dari kolesterol yang tinggi, Anda dapat terjangkit penyakit diabetes. Penyakit ini membuat Anda tidak bisa bebas mengonsumsi makanan yang manis karena harus mengatur jumlah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Loading...

4. Resiko penyakit jantung

Efek buruk daging babi dengan kandungan lemaknya dapat membuat jantung Anda mempunyai lebih besar resiko untuk terkena penyakit jantung. Jantung Anda tidak akan berfungsi dengan normal dan cenderung mudah diserang penyakit.

5. Penyakit stroke

Hampir semua orang yang mengonsumsi daging babi secara berlebihan akan terjangkit penyakit stroke. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh kolesterol jahat yang menumpuk di tubuh Anda akibat banyak konsumsi lemak dari daging babi.

6. Asam urat

Kolesterol yang tinggi yang Anda dapatkan dari daging babi mampu menimbulkan gejala penyakit asam urat di dalam tubuh. Penyakit ini memang sering muncul karena adanya kolesterol yang terdapat dalam lemak daging.

7. Mudah lemas dan lesu

Efek buruk daging babi juga akan membuat tubuh Anda mudah lelah. Hal ini tentunya bukanlah hal yang baik karena  aktivitas Anda pun akan terganggu. Tubuh Anda juga akan terasa lebih pegal tanpa adanya energi.

8. Penyumbatan pembuluh darah

Kandungan lemak yang terdapat dalam daging babi jika dikonsumsi setiap hari dapat masuk ke dalam pembuluh darah Anda dan menyumbatnya. Hal ini akan membuat pembuluh darah Anda mengalami beberapa jenis penyakit.

9. Aliran darah yang tidak lancar

Pembuluh darah yang tersumbat akan membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Padahal lancarnya aliran darah yang menyebar ke seluruh tubuh Anda akan membantu kinerja beberapa organ tubuh.

10. Tumpukan lemak

Menumpuknya lemak di dalam tubuh akibat konsumsi daging babi yang terlalu banyak tidak hanya akan membuat Anda mudah diserang penyakit, namun juga membuat tubuh Anda tidak mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga: 23 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk daging babi untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 efek buruk lainnya:

5 Efek Buruk Daging Babi untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Mengandung cacing pita
12. Mual dan muntah
13. Diare
14. Sakit perut
15. Sulit untuk buang air besar

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk daging babi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top