Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Efek Buruk Daging Celeng untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Efek Buruk Daging Celeng untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa efek buruk daging celeng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda perhatikan jika Anda merupakan salah satu penggemar daging ini. Daging celeng merupakan sebutan lain untuk daging babi hutan. Berbeda dengan daging babi biasanya, celeng bukan hewan yang diternakan. Tekstur daging ini pun lebih mirip daging sapi daripada daging lainnya. Maka tak heran jika beberapa daerah di Indonesia sering menjadikan daging ini sebagai bahan makanan utama selain daging sapi.

Sudah menjadi hal yang umum jika daging babi maupun celeng dapat membahayakan kesehatan tubuh karena mengandung cukup banyak daging pita. Cacing pita ini lebih banyak ditemukan pada hewan yang hidup liar, salah satunya celeng. Jenis cacing yang satu ini dapat mengakibatkan bahaya kesehatan ke tubuh Anda. Mulai dari mual, muntah, diare, kesulitan buang air besar, sakit perut, dan masih banyak lagi gejala lainnya.

16 Efek Buruk Daging Celeng untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk daging celeng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Resiko obesitas

Obesitas atau kegemukan bisa Anda dapatkan jika Anda mengonsumsi cukup banyak daging celeng. Kandungan lemak yang ada di dalam daging ini faktanya sangat tinggi dan daoat membuat tubuh Anda terisi dengan banyak lemak jahat.

2. Kolesterol tinggi

Daging celeng merupakan salah satu jenis daging merah. Jadi jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, maka Anda akan dengan mudah terkena resiko penyakit kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh.

3. Pelanggaran dalam kepercayaan

Berbagai kepercayaan dan agama mempunyai beberapa larangan terhadap konsumsi makanan tertentu. Jadi jika Anda menganut kepercayaan dimana Anda dilarang mengonsumsi daging celeng, ada baiknya Anda mematuhinya.

Loading...

4. Gejala feses dengan keluarnya cacing

Feses yang terganggu kesehatannya ditandai dengan keluarnya cacing pita. Hal ini akan membuat pencernaan Anda menjadi terganggu kesehatannya. Itulah mengapa Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi daging ini terlalu banyak.

5. Pemicu anemia

Cacing pita yang ada di dalam daging celeng juga menjadi pemicu penyakit anemia. Penyakit ini akan membuat Anda menjadi mudah lelah dan tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasanya karena kekurangan darah.

6. Mual dan muntah

Gejala lainnya yang akan Anda rasakan setelah mengonsumsi daging celeng yaitu mual dan muntah. Hal ini bisa Anda dapatkan dari banyaknya daging celeng yang Anda konsumsi sehingga lambung mengalami efek yang buruk.

7. Pemicu penyakit diare

Banyaknya cacing pita yang masuk ke tubuh Anda akibat mengonsumsi daging celeng dapat menyebabkan penyakit diare. Cacing pita akan memunculkan bakteri penyebab diare sehingga kesehatan pencernaan Anda terganggu.

8. Kesulitan buang air besar

Penyakit pencernaan lainnya yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi daging celeng yaitu kesulitan untuk buang air besar. Hal ini bisa disebabkan dari pencernaan yang tidak bisa mengolah makanan yang Anda konsumsi dengan baik.

9. Penurunan berat badan

Cacing pita akan memakan habis makanan yang masuk ke pencernaan Anda. Hal ini akan berlanjut setiap Anda makan. Akibatnya, tubuh Anda akan kekurangan asupan nutrisi sehingga berat badan dapat menurun dengan drastic.

10. Pegal-pegal pada otot

Tubuh yang terasa tidak sehat dan juga kaku ciri-cirinya bisa berupa rasa pegal pada otot. Ciri-ciri ini bisa disebabkan oleh cacing pita yang masuk ke tubuh Anda. Konsumsilah daging celeng sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan.

Baca Juga: 18 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk daging celeng untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 6 efek buruk lainnya:

6 Efek Buruk Daging Celeng untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Penurunan selera makan
12. Menimbulkan radang sendi
13. Gangguan sistem pernapasan
14. Sakit perut
15. Gejala gatal di kulit
16. Kejang

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk daging celeng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top