Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Buruk Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Efek Buruk Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sangka jika ada beberapa efek buruk jahe untuk kesehatan tubuh jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang mempunyai efek hangat bagi tubuh. Selain menjadi bumbu makanan, jahe juga dijadikan sebagai bahan minuman yang hangat atau diseduh. Banyak orang yang menggunakan jahe dengan tujuan mendapatkan tubuh yang lebih hangat ketika cuaca menjadi dingin.

Mengapa jahe mempunyai sejumlah efek buruk untuk kesehatan tubuh? Jahe mengandung beberapa senyawa yang tidak bisa dicerna oleh tubuh Anda jika dikonsumsi terlalu banyak. Karena akibatnya, Anda hanya akan mengalami gangguan kesehatan. Jahe juga menjadi salah satu obat herbal untuk batuk. Itulah mengapa penggunaannya tidak boleh melebihi kadar yang sudah ditentukan atau hanya akan memberikan dampak buruk ke tubuh.

12 Efek Buruk Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak kesulitan dalam memilih makanan, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk jahe untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan pencernaan

Jahe termasuk ke dalam jenis rempah yang memberikan efek panas ke tubuh Anda. Efek ini akan mempengaruhi kesehatan pencernaan secara langsung. Jika dikonsumsi berlebihan, maka kesehatan pencernaan Anda akan terganggu.

2. Haid tidak teratur

Ada penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa senyawa dalam jahe dapat membuat wanita mengalami haid yang terlalu cepat. Hal ini akan membuat siklus haid wanita menjadi tidak teratur dan tidak sehat.

3. Kembung

Rasa panas yang Anda rasakan pada lambung setelah mengonsumsi jahe yang berlebihan akan berlanjut dengan memberikan rasa kembung di perut. Hal ini kemungkinan terjadi karena panasnya menumpuk dengan gas.

Loading...

4. Gangguan kesehatan mulut

Selain perut, mulut Anda juga akan mengalami banyak gangguan kesehatan. Salah satu gangguannya yaitu iritasi. Mulut yang mengonsumsi jahe yang lebih dari 6 gram sehari akan mengidap rasa panas dan juga perih.

5. Sakit perut

Efek yang akan paling terasa jika mengonsumsi jahe terlalu banyak yaitu dapat memicu rasa sakit perut. Mulai dari rasa perih sampai dengan mulas akan Anda dapatkan ketika jumlah jahe yang masuk ke perut terlaly berlebihan.

6. Diare

Anda juga akan mengalami gejala penyakit pencernaan seperti diare. Masih memungkinan terdapat sejumlah bakteri yang akan mengganggu pencernaan Anda akibat konsumsi jahe yang banyak. Pencegahan tentunya akan lebih baik daripada mengobati.

7. Pendarahan di dalam

Konsumsi jahe yang berlebihan dengan kandungan senyawa di dalamnya akan membuat tubuh Anda mudah mengalami pendarahan di dalam. Contohnya jika Anda memar, maka kulit Anda akan merah dan membiru.

8. Pendarahan

Enzim dalam lambung yang terus menerima jahe akan mengalami gangguan, terutama pada bagian pembuluh darah. Jadi jika Anda terluka dan mengeluarkan darah maka besar kemungkinan jika Anda akan mengalami pendarahan yang tidak sedikit.

9. Gangguan kesehatan kulit

Sifat jahe yang panas jika terlalu banyak terkena kulit juga akan membuat kulit Anda menjadi iritasi. Tidak hanya rasa panas, namun juga perih dan membuat kulit mengelupas. Jaringan kulit Anda juga akan rusak.

10. Penyakit kandung kemih

Minuman berupa jahe jika dikonsumsi berlebihan akan mempengaruhi kesehatan buang air kecil Anda. Anda akan mengalami beberapa penyakit seperti penyakit kandungan kemih yang dapat mengganggu kelancaran buang air kecil.

Baca Juga: 15 Bahaya Konsumsi Roti Tawar untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk jahe untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 2 efek buruk lainnya:

2 Efek Buruk Jahe untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Diabetes
12. Radang usus

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk jahe untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top