Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

12 Efek Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

Efek buruk junk food untuk kesehatan tubuh dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda dengan memicu berbagai jenis penyakit. Junk food merupakan sebutan makanan untuk jenis makanan cepat saji. Contohnya pizza dan hamburger. Makanan ini diolah dan disajikan dengan waktu yang singkat dengan kandungan kalori yang cukup banyak. Walaupun mengandung banyak kalori, makanan ini tidak akan membuat Anda merasa kenyang.

Era yang serba sibuk ini banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi junk food karena tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan menu makanan sehat. Padahal jika makanan ini dikonsumsi terlalu sering akan memberikan efek buruk bagi tubuh Anda. Kasus yang paling ditemukan yaitu serangan obesitas atau kegemukan bahkan sampai memicu kematian. Itulah mengapa Anda perlu memperhatikan jenis makanan seperti apa yang perlu Anda konsumsi.

12 Efek Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk junk food untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kegemukan

Kandungan gizi dalam junk food tidaklah banyak. Makanan jenis ini cenderung hanya mengandung banyak kalori dan juga lemak dari minyak yang digunakan. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus-menerus, maka tubuh Anda akan mengalami kegemukan.

2. Penyebab diabetes

Selain kegemukan, junk food juga dapat memicu penyakit diabetes. Penyakit ini muncul akibat bertambahnya kadar gula di dalam tubuh yang disebabkan oleh konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak dari junk food.

3. Gangguan pencernaan

Junk food juga bukan makanan yang dapat dengan mudah diolah oleh sistem pencernaan Anda. Pencernaan Anda memerlukan kerja yang lebih keras untuk melumatkannya. Itulah mengapa sering ditemukan gangguan pencernaan jika mengonsumsi junk food terus menerus.

Loading...

4. Mudah lelah

Makanan dengan jumlah kalori yang banyak akan membuat Anda mudah merasa lelah serta lemas. Hal ini karena tingkat kadar gula dalam darah Anda naik sehingga badan Anda akan merasakan kelelahan yang lebih banyak dari biasanya.

5. Memicu depresi

Efek buruk dari junk food untuk kesehatan tubuh tidak hanya berdampak pada gangguan kesehatan secara fisik, namun juga psikis. Jika Anda terlalu sering memakan junk food, maka kemungkinan besar Anda akan diserang gejala depresi.

6. Kadar gula dalam darah yang tidak seimbang

Ketika Anda terjangkit gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah, Anda tidak hanya akan terjangkit penyakit diabetes. Junk food juga akan memicu mood yang mudah emosi dan juga ketagihan akan makanan ini.

7. Mengganggu fungsi otak

Junk food juga dapat mengganggu fungsi otak Anda. Makanan yang satu ini mengandung cukup banyak lemak jahat yang berasal dari saus serta minyaknya. Lemak inilah yang akan mengganggu kesehatan otak Anda.

8. Resiko penyakit jantung

Jika Anda mengalami obesitas akibat mengonsumsi banyak junk food, maka Anda juga akan mempunyai resiko terkena penyakit jantung. Kandungan lemak jahatnya akan mempengaruhi kesehatan dan fungsi organ jantung.

9. Mengganggu kesehatan hati

Enzim yang ada di dalam hati akan berubah karena menumpuknya lemak dalam hati. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi junk food. Junk food mengandung lemak jahat yang akan mengganggu kesehatan hati Anda.

10. Gangguan ginjal

Junk food juga mengandung sejumlah garam. Jika garam ini masuk ke tubuh Anda secara terus menerus, maka kesehatan ginjal Anda akan terganggu. Ginjal Anda tidak akan berfungsi optimal dalam menyaring racun dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Jenis Buah-Buahan dengan Racun yang Mematikan

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk junk food untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 2 efek buruk lainnya:

2 Efek Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Gangguan kesehatan tulang
12. Memicu penyakit kulit

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk junk food untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top