Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Buruk Makanan Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Efek Buruk Makanan Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal makanan cepat saji? Makanan cepat saji adalah jenis makanan yang dibuat tanpa waktu yang lama dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk didapatkan. Jenis makanan yang satu ini menjadi makanan yang cukup digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, makanan cepat saji juga tergolong pas di kantong. Hal yang membuat makanan cepat saji tidak layak untuk dikonsumsi yaitu zat yang terkandung dari bahan yang digunakan.

Ada beberapa efek buruk makanan cepat saji untuk kesehatan tubuh. Makanan cepat saji seperti pizza dan hamburger dibuat dengan menggunakan cukup banyak minyak. Belum lagi bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya seperti saus dan juga daging. Bagi Anda yang sangat sibuk dalam aktivitas setiap hari, makanan cepat saji bisa membuat Anda lebih menghemat waktu. Namun jika dikonsumsi setiap hari, makanan ini akan memberikan efek yang buruk.

15 Efek Buruk Makanan Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk makanan cepat saji untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat ketagihan

Beberapa rasa makanan cepat saji memang tergolong enak. Terutama bagi anak-anak yang lebih menyukai makanan yang pas di lidah mereka seperti rasa manis dan gurih. Namun jika dikonsumsi setiap hari, makanan ini dapat membuat Anda ketagihan.

2. Penyebab obesitas

Penyakit obesitas banyak disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan. Obesitas atau kegemukan merupakan penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit di dalam tubuh Anda, bahkan dapat menyebabkan kematian.

3. Merusak organ hati

Kandungan lemak yang ada dalam makanan cepat saji akan membuat kesehatan organ hati Anda terganggu. Anda mungkin tidak akan merasakan dampaknya saat ini, namun gejalanya akan terlihat ketika Anda mengalami beberapa penyakit.

Loading...

4. Penyebab penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan jenis penyakit jantung yang cukup berbahaya. Jenis penyakit yang satu ini akan mengganggu kesehatan jantung karena banyaknya jumlah sodium dan kolesterol yang ada pada makanan cepat saji.

5. Menyebabkan penyakit diabetes

Kandungan gula serta garam yang berlebihan dalam makanan cepat saji akan membuat tubuh Anda dengan mudah terjangkit penyakit diabetes. Penyakit gula yang satu ini dapat membuat kadar gula dalam darah Anda naik.

6. Peradangan lambung

Jenis makanan berupa makanan cepat saji juga dapat membuat lambung Anda mengalami peradangan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Peradangan ini akan membuat sistem pencernaan Anda juga terganggu.

7. Menurunkan nafsu makan

Makanan cepat saji akan sangat membuat Anda kenyang. Hal ini dapat menurunkan nafsu makan Anda cenderung lebih berkurang dibandingkan biasanya. Maka asupan nutrisi lain yang Anda butuhkan pun tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

8. Gangguan sistem pencernaan

Makanan cepat saji akan sangat memberikan dampak yang cukup besar bagi sistem pencernaan Anda. Jika Anda sering mengonsumsi makanan ini, pencernaan Anda akan menjadi tidak lancar dan mudah diserang penyakit.

9. Kekurangan nutrisi

Kandungan nutrisi dalam makanan cepat saji bukanlah jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makanan ini banyak mengandung lemak serta gula yang hanya akan membuat Anda mengalami obesitas dan penyakit lainnya.

10. Menimbulkan stress

Anda mungkin tidak akan merasakan dampak yang buruk saat ini ketika sering mengonsumsi makanan cepat saji. Dampak yang Anda rasakan tidak hanya terjadi pada fisik, namun juga psikis seperti gejala stress dan depresi.

Baca Juga: 15 Bahaya Makanan Pedas untuk Kesehatan Ibu Hamil

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk makanan cepat saji untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 efek buruk lainnya:

5 Efek Buruk Makanan Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Memicu penyakit darah tinggi
12. Menimbulkan radang sendi
13. Salah satu makanan penyebab kanker
14. Mengganggu sistem pernapasan tubuh
15. Membuat tubuh menjadi lemas dan malas bergerak

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk makanan cepat saji untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top