Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Jenis Makanan Laut untuk Kesehatan

Uncategorized

10 Efek Buruk Jenis Makanan Laut untuk Kesehatan

Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang efek buruk jenis makanan laut untuk kesehatan tubuh Anda jika dikonsumsi secara berlebihan. Siapa yang tidak menyukai makanan laut? Makanan laut adalah jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa sumber daya pangan yang berasal dari laut. Mulai dari gurita, ikan, cumi-cumi, udang, dan masih banyak lagi. Makanan ini pun lebih sering disebut dan dikenal sebagai seafood.

Seafood atau makanan laut memang enak, namun jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak dapat membuat kesehatan tubuh terganggu. Makanan laut dikenal mengandung banyak protein, omega 3, dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini memang dibutuhkan oleh tubuh kita agar asupan gizi ke tubuh tetap terjaga. Akan tetapi, hal yang perlu Anda perhatikan yaitu efek buruk yang akan ditimbulkan makanan ini ke tubuh. Termasuk bagi Anda yang mempunyai alergi.

10 Efek Buruk Jenis Makanan Laut untuk Kesehatan

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk jenis makanan laut untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Kandungan kolesterol

Selain mengandung protein omega 3, dan mineral, makanan laut juga mengandung cukup banyak kolesterol. Jenis kolesterolnya pun adalah jenis kolesterol jahat yang mempunyai banyak efek samping untuk kesehatan tubuh Anda.

2. Zat merkuri

Saat ini sudah cukup sulit menemukan jenis makanan laut yang bersih dan terbebas dari zat berbahaya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh banyaknya laut yang tercemar limbah sehingga zat merkuri masuk ke banyak hewan laut.

3. Gangguan kesehatan syaraf

Efek buruk dari makanan laut yang sudah tercemar limbah yaitu terjadinya gangguan kesehatan pada syaraf di tubuh. Anda akan mengalami banyak gangguan syaraf, bahkan beberapa syaraf di tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik.

Loading...

3. Pemicu penyakit kanker

Makanan laut juga dapat memicu sejumlah penyakit jika makanan ini tidak bersih dan dikonsumsi secara terus-menerus. Salah satu jenis penyakit yang akan menyerang tubuh Anda yaitu penyakit kanker. Mencegah penyakit ini dengan mengontrol konsumsi makanan laut akan jauh lebih baik.

4. Efek keracunan

Jika Anda tidak dapat mengolah makanan laut dengan benar, efeknya justru akan membuat tubuh Anda keracunan. Mulai dari muntah, mual, dan juga sakit kepala. Itulah mengapa Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

5. Efek alergi

Jika Anda mempunyai tubuh dengan alergi yang cukup parah, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan laut. Banyak jenis makanan laut yang dapat memicu efek alergi yang akan sangat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

6. Adanya bakteri salmonella

Bakteri salmonella merupakan jenis bakteri yang ada dalam makanan laut. Jenis bakteri ini dapat masuk ke tubuh Anda jika Anda mengonsumsi makanan laut. Efeknya akan membuat tubuh Anda terjangkit cukup banyak penyakit.

7. Kandungan kolesterol jahat

Makanan laut seperti ikan, cumi-cumi, udang, dan lainnya kebanyakan mengandung jenis kolesterol jahat. Kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab dari banyaknya gejala penyakit kronis lainnya yang akan membahayakan tubuh.

8. Memicu diabetes

Akibat dari kandungan kolesterol jahat pada makanan laut, Anda punya resiko yang cukup besar untuk mengidap penyakit diabetes. Penyakit yang satu ini akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik dan membuat Anda tidak bisa mengonsumsi makanan dengan lebih bebas.

8. Resiko penyakit jantung

Tidak hanya penyakit diabetes, konsumsi makanan laut dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi juga akan membuat tubuh Anda beresiko terkena penyakit jantung. Penyakit ini akan membuat organ jantung Anda tidak berjalan normal dengan baik.

9. Gejala stroke

Penyakit jantung pun diikuti dengan penyakit lainnya, salah satunya adalah gejala stroke. Penyakit yang satu ini lebih banyak muncul diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat, terutama yang mengandung kolesterol tinggi seperti makanan laut.

10. Penyakit asam urat

Penyakit lainnya yang dapat menjangkit tubuh Anda jika mengonsumsi banyak makanan laut yaitu penyakit asam urat. Asam urat terjadi karena kolesterol tinggi yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan yang Anda konsumsi, salah satunya makanan laut.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Konsumsi Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk jenis makanan laut untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top