Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Efek Buruk Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata ada efek buruk mengkudu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda hindari ketika ingin mengkonsumsi buah yang satu ini. Mengkudu merupakan jenis buah sehat yang sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran herbal yang alami untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Buah yang satu ini bentuknya lonjong dengan warna hijau cerah yang disertai dengan bintik-bintik hitam pada bagian permukaannya. Rasa buah ini pait sehingga tidak bisa dikonsumsi langsung.

Buah mengkudu memang banyak mengandung sejumlah khasiat kesehatan yang alami, namun buah ini juga dapat memberikan efek yang buruk. Jika Anda menggunakan buah ini sebagia obat herbal, ada baiknya Anda mengikuti anjuran yang disarankan dalam mengonsumsinya. Konsumsi buah mengkudu yang terlalu berlebihan justru akan membuat tubuh Anda mempunyai resiko gangguan kesehatan yang lebih besar.

10 Efek Buruk Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk mengkudu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit perut

Rasa pahit pada buah mengkudu dapat membuat Anda merasakan sakit perut. Kelebihan rasa pahitnya tidak bisa diterima oleh lambung dan juga usus. Hasilnya, Anda akan mengalami rasa sakit pada perut.

2. Berbahaya bagi janin

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi buah mengkudu ketika sakit. Kandungan senyawa dalam buah ini dapat mempengaruhi kesehatan janin. Parahnya, buah ini juga dapat menyebabkan kematikan pada janin.

3. Gangguan kesehatan ketika menyusui

Sama halnya ketika Anda sedang menyusui si buah hati, jangan mencoba untuk mengonsumsi buah mengkudu. Buah ini akan mempengaruhi hormone menyusui Anda sehingga dapat memicu adanya senyawa buruk pada ASI.

Loading...

3. Gangguan kesehatan ginjal

Buah mengkudu juga mampu membuat ginjal Anda terganggu kesehatannya jika dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan potassium dalam buah ini dapat menurunkan kinerja ginjal dan membuatnya mudah terjangkit penyakit.

4. Penyakit organ hati

Tidak hanya penyakit pada ginjal, namun juga mengganggu kesehatan organ hati Anda. Kandungan senyawa yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan jenis kandungan yang kurang cocok untuk diserap oleh organ hati.

5. Hipertensi

Konsumsi buah mengkudu dengan jumlah atau kadar yang terlalu banyak akan membuat tekanan darah Anda menjadi lebih tinggi. Gejala ini akan tumbuh menjadi penyakit hipertensi yang membahayakan kesehatan tubuh.

6. Bukan buah yang cocok untuk dikonsumsi dengan obat kimia

Buah mengkudu juga bukan jenis buah yang dapat Anda konsumsi bersamaan dengan obat-obatan kimia. Campuran senyawa yang terdapat dalam buah mengkudu dan obat kimia akan menghasilkan senyawa yang berbahaya untuk tubuh Anda.

7. Bau tidak sedap

Selain rasanya yang pahit, buah mengkudu juga bukan buah yang mempunyai bau yang enak. Bau buah yang satu ini cenderung tidak sedap. Jadi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, maka mulut dan nafas Anda akan memiliki bau yang tidak sedap pula.

8. Mual

Gejala mual pada perut juga akan Anda rasakan ketika mengonsumsi banyak buah mengkudu. Buah yang satu ini mengandung rasa pahit yang akan menaikkan asam lambung sehingga muncul rasa mual dan ingin muntah.

8. Sembelit

Buah mengkudu bukanlah buah yang mempunyai banyak kandungan serat. Itulah mengapa buah yang satu ini tidak mudah dicerna oleh usus Anda. Rasa pahitnya pun akan mengganggu kinerja usus dan memicu penyakit sembelit.

9. Diare

Bagi Anda yang mengkonsumsi buah mengkudu tanpa memperhatikan kebersihannya akan mudah diserang penyakit diare. Anda perlu berhati-hati dengan penyakit yang satu ini karena juga dapat memicu kematian.

10. Maag

Kandungan senyawa serta pahit yang terasa dari buah mengkudu dapat memicu adanya penyakit maag di tubuh Anda. Penyakit yang satu ini diakibatkan oleh asam lambung yang naik akibat bereaksi dengan jenis makanan tertentu yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 17 Sayuran Sehat untuk Kolesterol dan Asam Urat

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk mengkudu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top