Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Buruk Minuman Berenergi yang Mematikan dan Perlu Diketahui

Uncategorized

12 Efek Buruk Minuman Berenergi yang Mematikan dan Perlu Diketahui

Menurunya stamina kadang menjadi alasan untuk mengkonsumsi beberapa alternatif makanan atau minuam agar kembali. Biasanya dengan minuman berenergi yang sudah ada dipasaran dengan berbagai rasa dan varian menarik. Minuman berenergi ini memiliki senyawa aktif yang bisa berkontraksi dengan tubuh, sehingga mampu membangkitkan stamina kembali normal.

Selain itu, rasa nya juga sangat bervariasi dan harga yang terjangkau dapat memudahkan mendapatkan minuman kemasan berenergi ini. Dibilang bermanfaat memang jika dikonsumsi secara normal dan sesuai dengan kebutuhan. Berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, bahkan bisa sangat mematikan.

12 Efek Buruk Minuman Berenergi yang Mematikan dan Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa efek berbahaya yang bisa ditemukan akibat permasalahan minuman kemasan :

1. Kecanduan

Menghindari kecanduan ini perlu diperhatikan karena gejala ini adalah awal dari efek beruntun yang bia ditimbulkan oleh minuman berenergi. Efek kecaduan ini dipicu oleh senyawan sodium sitrat yang ada dalam minuman berenergi. Sodium sitrat ini merupakan bahan pengawet dari minuman kemasan yang bisa memicu kecanduan. Hal ini disebabkan jika sesorang menghentikan menimuan berenergi akan merasa lesu.

2. Gangguan Sindrom Otak

Gangguan ini berupa rasa dan sindrom terhadap otak. Zat tourine yang berada dalam minuman berenergi mampu memberikan efek bius pada otak. Sehingga seseorang akan merasa berenergi namun sifatnya hanya semu saja. Padahal, secara medis dan penelitian menyebutkan bahwa, tourine merupakan klaster zat asam amino yang kejelasan fungsi dan manfaatnya belum ada. Padahal, zat ini masuk dalam setiap cc pada minuman berenergi.

3. Kerusakan Ginjal

Ketergantungan dan penambahab dosis konsumsi minuman berenergi mampu merusak ginjal secara permanen. Penyebabnya adalah glomerulus yang bertugas menyaring darah pada ginjal akan mengalami piknosisi dan nekrosis.

Loading...

Kerusakan tersebut menimbulkan kematian sel pada fungsi ginjal untuk menyaring darah. Jika sudah demikian, Anda bisa mencuci darah setiap hari dan menjalani pengobatan karena ginjal tidak mampu menyaring kadungan racun dalam darah.

4. Kerusakan hati

Resiko kerusakan hati pada seseorang yang gemar mengkonsumsi minuman berenergi dapat meningkat hingga 10 x. Kadar gula, tourine dan sodium tinggi mengakibatkan kerusakan hati lebih cepat. Bahkan resiko ini mampu di rasakan dalam waktu dekat jika seseorang mengkonsumsi minuman bernergi setidaknya 2 x dalam sehari selama 3 bulan penuh.

5. Rasa khawatir dan Mudah Cemas

Minuman bernergi juga mengandung kafein didalamnya. Zat ini mampu memicu kinerja jantung dan aliran darah. sehingga adrenaline akan meningkat secara sendirinya dan energi terasa penuh. Apalagi, minuman ini akan menimbulkan rasa deuratik tinggi sehingga perasaan cemas dan khatair akan lebih tinggi. Sistem tubuh akan merasa kurang nyaman dan Anda akan terganggu setiap hari.

6. Obesitas dan diabetes

Resiko yang paling menyakitkan adalah resiko ini. Kadar gula darah dalam darah secara cepat dipicu dengan minuman berenergi. Sehingga orang akan menjadi mudah gemuk dan capek. Ketika demikian dibiarkan secara terus menerus, kadar gula dalam darah condong lebih tinggi. Maka diusia yang sangat dini, penyakit gula bisa menimpa Anda.

7. Penyakit Jantung

Memicu adrenali dan memompa darah dengan cepat merupakan efek dari kinerja jantung yankinerja jantung didoping dengan minuman berenergi. Minuman ini secara umum bekerja untuk meningkatkan kinerja jantung. Kerja jantung semakin keras dan pentumbatan aliran darah bisa terjadi. Ini mampu mengakibatkan serangan jantung dan berakhir pada kematian.

8.  Keguguran

Bagi seorang wanita juga mampu beresiko keguguran akibat minuman ini. Efek minuman berenergi mampu meningkatkan kontraksi dari kadar kafein. Sehingga sangat tidak disarankan bagi wanita untuk mengkonsumsi minuman ini. Lebih baik jauhkan wanita mengkonsumsi walaupun sedang tidak hamil.

9. Peningkatan osteoporisis

Penyakit tulang berbahaya yang sangat mudah diterima bagi seseorang yang gemar mengkonsumsi minuman berenergi ini. Penyebabnya, minuman ini mampu mengikat zat kalsium dalam usus. Sehingga suplay pada tulang akan cenderung menurun. Akan sangat mudah terkena osteoporosis jika dibiarkan begitu saja.

10. Gangguan pencernaan

Bahaya ini condong lebih ringan jika segera ditangani dan dihentikan konsumsi minuman berenergi. Biasanya gejala awal adalah rasa perih dan mual di area lambung dan ulu hati.

Baca Juga: 11 Bahaya Konsumsi Tuak yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Gejala lain bisa dirasakan :

11. Merasa Kembung
12. Muntah

Manfaat minuman berergi secara umum hanya bersifat semu secara keseluruhan. Jadi, jika stamina Anda turun belum tentu Anda membutuhkan minuman ini. Bisa saja Anda kurang berolahraga dan konsumsi makanan sehat atau pola istirahat Anda yang perlu dibenahi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top