Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Efek Buruk Morfin untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

20 Efek Buruk Morfin untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu jenis narkotika yang berbahaya yang cukup berbahaya untuk tubuh yaitu morfin. Penggunaan obat ini biasanya digunakan untuk seseorang yang mengalami sakit parah. Hal ini disebabkan cara kerja morfin yang langsung menuju saraf dan otak. Jenis-jenis morfin muncul dalam berbagai bentuk seperti tablet, kapsul, cairan dan disuntik. Morfin berbentuk alkaloid yang terdapat dalam opium terlihat seperti serbuk putih. Morfin biasanya lebih digunakan sebagai obat penenang.

Morfin lebih sering digunakan di dunia kedokteran, digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada pasien. Namun, penggunaan obat ini kerap kali disalahgunakan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui efek samping morfin jika Anda tidak ingin kesehatan Anda terganggu. Berikut ini efek buruk morfin bagi kesehatan tubuh.

20 Efek Buruk Morfin untuk Kesehatan Tubuh 

1. Menimbulkan rasa ngantuk

Penggunaan obat yang paling sering dirasakan efeknya adalah rasa ngantuk yang mudah sekali. Hal ini juga akan dirasakan pengguna obat morfin. Jika seseorang mengkonsumsi morfin, akan menyebabkan rasa ngantuk yang lebih berat dari biasanya.

2. Mual

Jika tubuh seseorang tidak terbiasa dengan adanya obat ini yang masuk ke dalam tubuh, akibatnya yaitu dapat menyebabkan seseorang mengalami mual. Hal ini disebabkan kondisi tubuh tidak menerima adanya zat asing yang ada dalam morfin.

3. Berkeringat berlebihan

Gejala mual juga akan berkelanjutan. Pengguna morfin akan mengalami berkeringat secara berlebihan. Hal ini disebabkan morfin yang dikonsumsi terlalu banyak sehingga tubuh bereaksi dengan mengeluarkan lebih banyak keringat. Jika hal ini berlanjut, metabolism tubuh Anda bisa terganggu.

4. Sakit kepala

Cara kerja morfin adalah  langsung menyerang otak. Akibatnya jika seseorang tidak terlalu kuat terhadap reaksi obat ini maka akan mengalami sakit kepala. Kondisi ini bisa dihilangkan jika penggunaan obat ini dihentikan dengan segera.

Loading...

5. Mulut kering dan warna muka berubah

Penggunaan obat apapun apabila berlebihan bisa menimbulkan gejala penyakit lain yang tidak diharapkan. Akibat senyawa yang ada dalam morfin, jika tubuh tidak menerima reaksi perubahan obat ini bisa menyebakan seseorang mengalami mulut kering dan warna wajah yang berubah.

6. Moody

Efek samping yang telah dijelaskan sebelumnya, berkaitan dengan mood seseorang. Morfin bisa memicu seseorang mengalami perubahan suasana hati yang tidak nyaman. Akibatnya, seseorang akan cepat emosi dan juga kesehatan tubuh menurun.

7. Euphoria

Penggunaan morfin bertujuan untuk mendapatkan rasa gembira. Jika seseorang terlalu sering mengkonsumsi obat ini, bisa menyebabkan mengalami rasa gembira yang berlebihan. Jika tetap diteruskan akan menimbulkan depresi dan penyakit psikis yang parah.

8. Mudah tersinggung

Anda juga akan lebih mudah tersinggung. Morfin menyerang tubuh Anda dengan merangsang syaraf. Akibatnya, pengguna morfin akan menanggapi semua hal dengan berlebihan. Emosi pun menjadi tidak stabil.

9. Insomnia

Bahaya yang bisa diderita pengguna morfin adalah ketika tidur akan mengalami mimpi buruk. Sehingga menyebabkan penggunya tidak bisa tidur atau insomnia. Jika tidak terlalu membutuhkan obat ini sebaiknya jangan konsumsi dalam jumlah banyak atau dalam jangka panjang. Perbaiki pola tidur Anda dan konsumsi makanan yang lebih bergizi untuk tubuh.

10. Otot-otot akan melemah

Efek utama pengguna morfin adalah rasa gemira. Sehingga karena timbul rasa gemira, bisa menyebabkan seseorang terlalu banyak bergerak. Hal ini bisa menimbulkan rasa malas ketika obat ini sudah tidak lagi dirasakan tubuh. Akibatnya otot-otot akan melemah karena tidak ada gerakan tubuh.

Baca Juga: 15 Bahaya Rhodamin B pada Makanan untuk Tubuh

Ada lagi 10 efek buruk morfin lainnya yang kemungkinan akan menyerang tubuh Anda jika mengonsumsi zat ini dengan berlebihan. Berikut ini efek buruknya:

11. Timbul rasa nyeri
12. Meningkatkan produksi antidiuretic
13. Motilitas usus berkurang
14. Peradangan hati
15. Kecanduan
16. Metabolisme tubuh terhambat
17. Infeksi
18. Depresi
19. Sakau
20. Kematian

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat secara sembarangan, apalagi jika Anda memang sedang mengalami suatu penyakit serius. Sebaiknya kunjungi dokter sesegera mungkin dan pastikan Anda mengecek resep yang diberikan. Hal ini akan mengurangi efek buruk dari berbagai jenis obat yang kemungkinan akan Anda konsumsi, termasuk obat dengan kandungan morfin.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top