Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Buruk Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Efek Buruk Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Penggemar buah nangka perlu berhati-hati dengan adanya efek buruk nangka untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Siapa yang tidak menyukai buah nangka? Buah yang satu ini memiliki daging berwarna kuning yang manis. Daging buahnya sering dijadikan bahan pelengkap dalam pembuatan olahan makanan tertentu, contohnya buah dan jus. Rasanya yang enak bukan berarti Anda dapat mengonsumsi buah ini setiap hari.

Buah nangka memang mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun Anda tidak bisa memakannya terlalu sering. Mineral dan vitamin yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh justru akan membuat tubuh Anda melakukan reaksi yang berbeda. Kelebihan mineral dan vitamin mampu memicu beberapa gangguan kesehatan yang akan membahayakan sistem tubuh dan organ tubuh.

10 Efek Buruk Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa efek buruk nangka untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Sakit perut

Konsumsi satu rasa tertentu yang terlalu banyak akan membuat pencernaan Anda terasa sakit. Contohnya rasa manis pada buah nanas. Rasa manis yang berlebihan masuk ke tubuh akan memberikan efek sakit perut.

2. Memicu penyakit maag

Lambung Anda mempunyai keterbatasan dalam mengolah makanan. Apalagi jika Anda mempunyai jenis lambung yang cukup sensitive. Konsumsi buah nangka yang terlalu banyak akan membuat asam lambung meningkat dan memicu penyakit maag.

3. Alergi

Beberapa gangguan kesehatan menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi buah nangka terlalu banyak dapat menimbulkan gejala alergi. Mulai dari mual, muntah, kulit merah, dan masih banyak lagi.

Loading...

3. Penggumpalan darah

Bagi Anda yang mempunyai penyakit terkait dengan darah di tubuh yang lain dari yang lainnya, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah nangka. Buah ini pasalnya dapat memicu terjadinya gumpalan yang membentuk gel pada darah.

4. Penyakit diabetes

Rasa manis yang ada pada buah nangka merupakan jenis rasa manis yang baik untuk tubuh. Namun rasa manis ini akan berubah menjadi pemicu penyakit diabetes jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya dalam sehari.

5. Gangguan pencernaan

Buah nangka mengandung cukup banyak serat yang akan melancarkan pencernaan Anda. Tapi Anda tidak bisa mengonsumsinya terlalu banyak. Serat yang masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang berlebihan justru akan menyebabkan feses.

6. Perut kembung

Nangka juga memiliki sejumlah kandungan gas yang tidak terlalu banyak. Konsumsi buah ini dengan berlebihan akan membuat perut Anda terisi penuh dengan gas sehingga menyebabkan perut terasa kembung dan mual.

7. Bayi premature

Konsumsi buah nangka yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan janin pada ibu hamil. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan janin. Salah satunya adalah menjadi pemicu bayi lahir dengan cara premature.

8. Keguguran

Selain lahir premature, ibu hamil juga dapat mengalami keguguran jika terlalu banyak mengonsumsi buah nangka. Buah ini memang menyehatkan untuk ibu hamil namun dalam batas konsumsi yang normal saja.

8. Diare

Terlalu banyak mengonsumsi buah nangka juga akan menyebabkan penyakit diare. Pencernaan yang terus menerus dimasuki oleh makanan yang sama tentunya akan membuat pencernaan Anda tidak berfungsi dengan baik. Hal ini pun dapat memicu adanya bakteri penyebab diare.

9. Sembelit

Pencernaan Anda juga membutuhkan waktu untuk mengolah makanan. Sama halnya seperti buah nangka. Walaupun mengandung banyak serat, sisa buah nangka di tubuh Anda dapat menumpuk dan membuat usus Anda terserang sembelit.

10. Mual

Rasa manis yang berlebihan pada lambung juga akan mengakibatkan rasa mual di tubuh Anda. Mual ini bisa disebabkan karena konsumsi gula yang berlebihan dan juga tekstur buah nangka yang dikonsumsi tubuh Anda.

Baca Juga: 22 Jenis Makanan Alami Penambah Sperma Pria

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk nangka untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top