Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Efek Buruk Obat Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

30 Efek Buruk Obat Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Seseorang dengan kesulitan untuk tidur sering tidak menyadari adanya efek buruk obat tidur yang akan diterima jika terlalu sering mengonsumsinya. Sulit untuk tidur dengan nyenyak merupakan salah satu gejala penyakit. Penyebabnya bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari tubuh yang mengalami kelelahan berlebih sampai dengan faktor penyakit dalam. Salah satu solusi yang sering dianjurkan untuk mengatasi susah tidur yaitu dengan mengonsumsi obat tidur.

Obat tidur merupakan jenis obat yang akan mempengaruhi syaraf di tubuh Anda agar tidak tegang sehingga Anda dapat tidur dengan mudah. Penggunaan obat tidur tentunya harus sesuai dengan resep dokter. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi obat tidur, efeknya justru akan membuat tubuh Anda mengalami banyak gejala penyakit. Kandungan senyawa yang ada dalam obat ini bukan jenis senyawa yang dapat Anda konsumsi dengan berlebihan.

30 Efek Buruk Obat Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek buruk obat tidur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kecanduan

Obat tidur akan memberikan efek kecanduan. Anda akan sering mengonsumsi ini setiap hari ketika ingin tidur. Kecanduan juga bisa diakibatkan oleh efeknya yang memang dapat membuat Anda beristirahat dengan lebih baik.

2. Gangguan fisik dan mental

Kandungan senyawa yang ada pada obat tidur akan membuat Anda mengalami gangguan fisik dan juga mental. Jika Anda mengonsumsi obat ini berlebihan dan tidak sesuai dengan dosis yang disarankan, maka tubuh Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan.

3. Gangguan jiwa

Banyak kasus yang telah menjelaskan bahwa seseorang dapat terkena gangguan jiwa karena mengonsumsi obat tidur dengan berlebihan. Obat yang satu ini akan merusak syaraf kejiwaan di tubuh dan otak Anda.

Loading...

4. Kurangnya kewaspadaan

Konsumsi obat tidur setiap hari akan membuat tubuh dan pikiran Anda cenderung kurang waspada. Hal ini juga berkaitan dengan konsentrasi yang menurun karena efek samping dari konsumsi obat ini untuk tubuh.

5. Melantur saat berbicara

Anda juga akan mengalami banyak gangguan saat bicara. Penyebabnya yaitu kandungan senyawa pada obat ini yang akan membuat syaraf Anda dalam berbicara menjadi terganggu. Hasilnya, Anda akan sering melantur.

6. Kebingungan

Efek obat tidur yang dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan gejala kebingungan. Kegiatan sehari-hari Anda pun justru akan terganggu karena daya konsentrasi dan fokus Anda cenderung lebih berkurang.

7. Gangguan pernapasan

Obat tidur tidak bisa dikonsumsi diluar dosis yang disarankan karena akan membuat pernapasan Anda terganggu. Gejalanya yaitu rasa sakit pada bagian dada dan juga sesak nafas. Efek jangka panjangnya akan menyerang paru-paru Anda.

8. Gemetar di beberapa bagian tubuh

Gejala dari over dosis obat tidur yaitu munculnya rasa gemetar pada beberapa bagian tubuh seperti tangan dan juga kaki. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa dalam obat tidur yang mengganggu syaraf di bagian tubuh yang gemetar.

9. Gangguan nafsu makan

Nafsu makan Anda akan cenderung menurun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi obat tidur. Jika hal ini terjadi, Anda akan kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda juga akan mengalami penurunan berat badan.

10. Sembelit

Obat tidur yang terlalu banyak masuk ke dalam pencernaan juga akan mengakibatkan gejala sembelit. Sembelit merupakan jenis penyakit pencernaan yang akan membuat Anda sulit untuk buang air besar.

Baca Juga: 10 Bahaya Senyawa Metanol untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 efek buruk diatas, ada beberapa efek buruk obat tidur untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 20 efek buruk lainnya:


20 Efek Buruk Obat Tidur untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Diare
12. Pusing
13. Mulut kering
14. Sakit perut
15. Wajah bengkak
16. Tubuh terasa letih
17. Rentan terjatuh karena lemah
18. Mood tidak stabil
19. Kerusakan sistem pernapasan
20. Rusaknya sistem syaraf pusat
21. Gangguan tidur jika menghentikan konsumsi obat
22. Gugup
23. Kejang
24. Dehidrasi
25. Halusinasi
26. Gangguan pendengaran
27. Gangguan penglihatan
28. Migrain
29. Pusing
30. Kematian

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek buruk obat tidur untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top