Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Bahaya Efek Samping Minum Air Tebu bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

7 Bahaya Efek Samping Minum Air Tebu bagi Kesehatan Tubuh

Air tebu merupakan salah satu minuman pelepas dahaga yang memberikan sensasi menyegarkan serta mampu memulihkan kondisi tubuh yang mengalami kelelahan akibat beraktivitas sehari hari. Namun saat ini banyak orang yang sering menambahkan gula tambahan atau zat lain untuk meraup lebih banyak keuntungan sehingga menimbulkan efek samping air tebu yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Air tebu sangat cocok di minum saat tubuh sedang mengalami kelelahan karena dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Apalagi jika air tebu di tambahkan es yang dapat meningkatkan kesegarannya. Berikut ini merupakan beberapa efek samping air tebu yang perlu kamu ketahui sebelum meminumnya.
Efek Samping Air Tebu, Bahaya Air Tebu, Efek Samping Air Tebu untuk Kesehatan, Dampak Bahaya Air Tebu, Efek Samping Minum Air Tebu, Bahaya Minum Air Tebu
Loading...

1. Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan salah satu efek samping air tebu yang dapat mengganggu penderitanya. Air tebu yang biasanya ditambah dengan pemanis buatan dapat menyebabkan batuk. Batuk biasa apabila terus dibiarkan akan menyebabkan batuk berdahak. Biasanya batuk yang disebabkan oleh air tebu ditandai degan gejala kerongkongan yang gatal dan suara serak. 

2. Gula darah meningkat

Meskipun air tebu merupakan minuman yang sehat, namun jika ditambahkan dengan gula buatan akan menyebabkan peningkatan gula darah yang berpotensi menyebabkan diabetes. Gula buatan akan merangsang organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin secara aktif. Kondisi ini akan menyebabkan insulin kesusahan untuk mengendalikan gula darah sehingga kadar gula akan meningkat tajam.

3. Obesitas

Rasa manis yang sangat tinggi pada air tebu mampu menyebabkan seseorang terus merasakan lapar dan ingin terus ngemil makanan ringan. Jika berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan kegemukan. Kegemukan atau obesitas akan memicu berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

4. Cepat Haus

Air tebu memang terasa manis dan sangat menyegarkan terutama saat lelah melakukan aktivitas sehari – hari. Namun dengan minum air tebu akan menyebabkan haus datang kembali dan membuat mulut merasa pahit dan kering.

5. Sariawan

Air tebu jika sambil menikmati dengan cara menghisap sari tebu dan menggigit batang daging tebu dapat menyebabkan iritasi dan sariawan pada mulut. Serabut halus yang terdapat pada tebu dengan mudah menggesek kulit mulut bagian dalam yang sangat rentan terhadap luka karena gesekan. Jika gesekan terjadi maka akan berpotensi mengakibatkan iritasi dan luka yang memicu timbulnya sariawan.

6. Sakit Perut

Air tebu yang tidak higenis akan bercampur dan mengikat debu dan kotoran hasil radikal bebas yang tersebar di udara. Jika dikonsumsi, maka bakteri yang terdapat dalam air tebu akan mengiritasi dinding lambung dan usus dan dapat berpotensi menyebabkan sakit perut. Gejala awal yang biasa ditimbulkan yakni menceret atau diare.

7. Memperpendek umur

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 memperkirakan 180.000 kematian di seluruh dunia disebabkan oleh minuman manis. Para peneliti ini menyimpulkan kematian yang terjadi mungkin dikarenakan hubungan antara minuman manis dan risiko penyakit jahat yang bisa di timbulkan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Tips aman untuk mengonsumsi air tebu

Peraslah sari air tebu dengan menghancurkan daging tebu yang telah dikupas kulitnya. Tidak perlu menambahkan pemanis lain kecuali yang aman seperti manis yang diperoleh dari gula jagung atau madu.
Namun rasa manis alami dari gula tebu sangatlah cukup untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan dahaga.
Hindari mengonsumsi air tebu yang telah disimpan cukup lama (3 hari) meskipun kamu telah menyimpannya di dalam lemari pendingin. Hal ini dikarenakan rasa manis pada tebu akan mudah terakumulasi dengan udara dingin di dalam kulkas dan dapat mengurangi kenikmatan dari air tebu dan mengubah rasa menjadi masam.
Mengonsumsi perasan tebu pada dasarnya tidak berbahaya justru akan menghasilkan khasiat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara wajar dan tidak terpengaruh oleh radikal bebas. Alangkah baiknya jika tebu yang baru diambil dari tempat tumbuhnya untuk langsung dibersihkan dan langsung di simpan pada lemari pendingin. Lemari pendingin sangat baik untuk menyimpan sayuran dan buah termasuk tebu agar citarasa yang di miliki tidak hilang.
Diatas itulah bahaya minum air tebu untuk kesehatan tubuh yang perlu untuk anda ketahui. Mengkonsumsi minuman ini boleh saja, tetapi janganlah terlalu berlebihan dalam meminumnya.
Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top