Connect with us
close

Virtual.co.id

Efek Samping Antibiotik yang Harus Kamu Waspadai

Uncategorized

Efek Samping Antibiotik yang Harus Kamu Waspadai

Antibiotik merupakan obat yang umum digunakan untuk menyembuhkan penyakit radang. Namun, dibalik manfaatnya, tersimpan bahaya antibiotik yang tak banyak orang tahu. Obat ini salah satu jenis obat yang mujaram dan ampuh mengatasi infeksi. Tak heran, jika banyak resep dokter yang mencantumkan antibiotik.

Tapi, penggunaannya perlu diperhatikan jangan sembarangan karena efek samping antibiotik berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Antibiotik ini sebenarnya mengandung bakteri tertentu yang berguna untuk membasmi bakteri pada tubuh yang menyebabkan infeksi atau radang. Sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter, meski bisa dibeli bebas di apotek.

Apabila salah dalam mengkonsumsinya, bisa-bisa membuat penyakit yang diderita semakin parah dan menjadi kebal terhadap jenis antibiotik itu. Bahkan juga dapat mengakibatkan infeksi pada organ intim dan kerusakan ginjal. Untuk lebih jelasnya lagi tentang bahaya antibiotik, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini!

7 efek samping antibiotik

Berikut 7 efek samping antibiotik yang dilansir dari The Health Site :

Diare
Terdapat beberapa jenis antibiotik seperti metronidazol dan amoxcillin bisa mengakibatkan diare. Biasanya ditandai dengan lebih sering buang air besar dengan feses yang cair dan berbau menyengat. Sebelum menggunakan antibiotik ini sebaiknya kamu konsultasikan kepada dokter apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Stomatitis
Bahaya antibiotik berikutnya yakni terkena stomatitis adalah suatu kondisi dimana terjadi infeksi di saluran mulut. Gejala yang umum ditunjukkan adalah sariawan.

Loading...

Gangguan ginjal
Sama seperti obat lainnya, penggunaan antibiotik jenis aminoglikosida mempunyai resiko disfungsi ginjal. Efek samping antibiotik ini akan meningkat jika penggguna mempunyai riwayat penyakit ginjal. Jadi, untuk orang yang pernah mengalami sakit ginjal, harus lebih waspada.

Perut kembung dan asam lambung tinggi
Antibiotik tertentu bisa membunuh bakteri baik yang dibutuhkan oleh usus. Sehingga, mengakibatkan pencernaan tidak lancar dan metabolisme terganggu. Kondisi ini akan membuat perut rasanya dipenuhi oleh gas dan kembung. Bahaya antibiotik ini biasanya dialami oleh dia yang mempunyai penyakit asam lambung.

Kebal
Kamu pasti sering diperingatkan oleh dokter untuk menghabiskan seluruh antibiotik yang diberikannya. Alasannya adalah supaya bakteri penyebab radang atau infeksi dipastikan telah mati. Pasien mungkin saja sembuh sebelum antibiotik habis dikonsumsi, hal ini karena bisa saja bakteri melemah sementara. Itulah efek samping antibiotik yang muncul jika kamu malas mengkonsumsinya.

Ketika antibiotik tidak lagi dikonsumsi, bakteri jahat akan semakin kuat dan akhirnya lebih kebal terhadap antibiotik. Dengan begitu, penyakit yang diderita menjadi sulit disembuhkan dan harus mencari obat lainnya.

baca juga : Minyak Oregano Sebagai Antibiotik Alami

Timbul infeksi jamur pada organ kewanitaan
Beberapa wanita menunjukkan reaksi negatif akibat penggunaan antibiotik yang salah. Bahaya antibiotik yang muncul adalah infeksi jamur di daerah organ kewanitaan. Keadaan ini disebabkan oleh terganggunya jumlah bakteri pada area tersebut karena adanya antibiotik. Meski ini jarang terjadi, tapi kamu patu mewaspadai dan selalu gunakan resep dokter.

Alergi kulit
Sulpha tetrasiklin dapat menimbulkan efek samping antibiotik seperti gatal-gatal dan kemerahan di kulit. Pada kasus yang parah, mampu menyebabkan Stevens Johnson Syndrome atau dermatitis tak terkendali.

Sekarang kamu sudah tahukan tentang 7 efek samping antibiotik? Oleh karena itu jangan asal konsumsi obat, lebih baik biacarakan dengan dokter terlebih dahulu. Apabila kamu mengalami bahaya antibiotik segera hubungi dan periksakan kondisimu secepatnya. Jangan ragu share kepada orang sekitarmu agar mereka tidak mempunyai pengalaman buruk dengan antibiotik ini!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top