Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Samping Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Efek Samping Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Banyak efek samping bawang merah untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan jika tidak tepat dalam mengolah dan menggunakannya. Bawang merah termasuk ke dalam bumbu dapur selain bawang putih. Jenis bawang yang satu ini punya ciri khas tersendiri dengan warna merahnya dan rasanya yang panas. Anda akan mengalami pedas pada mata ketika memotong dan mengolah bawang pedas yang satu ini.

Bawang merah mengandung sejumlah nutrisi untuk tubuh Anda. Walaupun begitu, Anda kemungkinan besar juga akan mengalami beberapa efek samping pada tubuh. Bawang merah bukanlah jenis bawang yang dapat Anda konsumsi dengan sering, apalagi jika Anda mengonsumsinya mentah-mentah. Anda hanya akan mengalami banyak gangguan kesehatan yang dapat membahayakan tubuh.

15 Efek Samping Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan efek samping bawang merah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bau mulut

Efek samping pertama tentu saja bau mulut. Rasa bawang merah yang pedas dan panas akan langsung mempengaruhi bau mulut dan pernapasan Anda. Hal ini akan membuat kesehatan mulut Anda terganggua.

2. Sakit kepala

Konsumsi bawang merah yang berlebihan juga akan membuat Anda terjangkit rasa sakit pada kepala. Rasa sakit ini berasal dari kandungan senyawa yang ada pada bawang merah sehingga dapat memicu sakit di kepala.

3. Rasa panas pada lambung

Bawang merah yang panas tentu saja tidak hanya akan membakar mulut Anda namun juga lambung Anda. Lambung Anda bukanlah bagian tubuh yang bisa menerima rasa panas suatu makanan dengan berlebihan.

Loading...

4. Mual serta muntah

Efek lanjutan dari lambung yang terasa panas yaitu rasa mual dan ingin muntah. Panasnya lambung mengakibatkan asam lambung Anda naik dan membuat gas menumpuk di dalamnya sehingga memicu mual dan muntah.

5. Alergi

Bawang merah yang dikonsumsi terlalu banyak juga akan membuat tubuh Anda mengalami sejumlah alergi. Anda tidak hanya akan menerima efek samping pada bagian pencernaan saja, namun juga di kulit serta bagian tubuh lainnya.

6. Pembekuan darah

Darah Anda akan mengalami pembekuan ketika Anda terluka. Hal ini akan mencegah Anda terlalu banyak kehilangan darah. Jika Anda mengonsumsi bawang merah tanpa melihat jumlahnya, maka tubuh Anda tidak akan mampu membuat proses pembekuan darah.

7. Darah rendah

Siapa sangka jika bawang merah dapat memicu terjadinya tekanan darah rendah. Ini merupakan suatu gejala penyakit yang akan membuat Anda lemas, tak bertenaga, dan cenderung mudah lelah untuk melakukan kegiatan.

8. Sakit perut

Perut Anda akan terasa sakit jika mengonsumsi bawang merah terlalu banyak. Bawang ini bukan jenis makanan yang bisa Anda konsumsi dengan banyak. Akibatnya hanya akan membuat pencernaan Anda bermasalah.

9. Mulas

Mulas pada perut akibat konsumsi bawang merah berlebihan akan berdampak pada munculnya gejala mencret. Anda akan merasakan ingin buang air terus menerus dan juga kekurangan cairan pada tubuh.

10. Bukan makanan untuk ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan panas dan pedas seperti bawang merah. Hal ini akan membuat janin terkena dampaknya karena konsumsi bawang ini dapat menghambat pertumbuhanya.

Baca Juga: 15 Bahaya Konsumsi Mie Instan Mentah untuk Kesehatan

Selain 10 jenis efek samping diatas, ada beberapa efek samping bawang merah untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 efek samping lainnya:

5 Efek Samping Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Gangguan kesehatan ibu menyusui
12. Gangguan kesehatan kulit
13. Gula darah menurun
14. Mata pedas
15. Penurunan kemampuan penglihatan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping bawang merah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top