Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Samping Penggunaan KB Implan atau Susuk untuk Kesehatan

Uncategorized

12 Efek Samping Penggunaan KB Implan atau Susuk untuk Kesehatan

Setiap wanita perlu mengetahui berbagai jenis KB yang bisa menunda kehamilan. Sebagian ada yang memilih mengkonsumsi obat KB jenis kapsul. Akan tetapi, penggunaan obat ini sebagian tidak ampuh untuk menghentikan terjadinya kehamilan. Oleh sebab itu, para wanita lebih memilih menggunakan alat kontrasepsi lain yaitu memasukkan implant pada bagian tubuh secara berkala atau disebut dengan KB implant.

KB implant yang bersifat praktis tanpa mengkonsumsi obat setiap harinya
dipercaya bisa menunda terjadinya kehamilan kurang lebih 3 tahun. Mudah
dan praktisnya KB implant bukan berarti menjadikan alat kontrasepsi ini
aman untuk tubuh seseorang. Berikut ini efek samping penggunaan KB
implant atau susuk.

12 Efek Samping Penggunaan KB Implan atau Susuk untuk Kesehatan

1. Gangguan Sistem Reproduksi

Telah terjadi terhadap beberapa wanita yang menggunakan KB implan justru mengalami penundaan kehamilan yang lebih lama dari yang telah direncanakan. Masa kehamilan lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memilih alat kontrasepsi oral yang bisa membuat rahim kembali subur setelah dihentikan 2 bulan sebelum rencana kehamilan.

2. Kista ovarium

Wanita yang menggunakan KB implan lebih rentan mengidap kista ringan yang berukuran sekitar 10cm. Biasanya, kista tidak memerlukan tindakan pembedahan, hal ini dikarenakan kista bisa mengalami regenerasi spontan dalam jangka waktu kurang dari 2 bulan. Telah diketahui bersama, sekecil apapun kista pada rahim sangat mengkhawatirkan dan segera dilakukan penangaan yang khusus.

3. Sakit kepala

Efek samping yang di rasakan pengguna KB implant adalah rasa sakit kepala. Kondisi ini disebabkan karena adanya perubahan hormone yang memicu peredaran darah disekitar otak mengalami gangguan, sehingga pengguna KB impan akan merasakan sakit dibagian kepala terutama awal penanaman KB implant.

4. Kehamilan ektopik

Untuk pengguna KB implan beresiko mengalami kehamilan ektopik atau kehilaman diluar Rahim terutama di tuba falopi. Kondisi seperti ini bisa mengancam nyawa atau pecahnya tuba falopi. Apabila terjadi hal demikian, segera konsultasikan ke dokter supaya diberikan penanganan khusus.

Loading...

5. Perubahan mood

Perubahan yang sering terjadi setelah pemakaian KB implant, biasanya wanita akan mengalami perubahan mood. Ketika sebelum menggunakan KB implant memiliki jiwa yang aktif dan energik, namun setelah memakai KB implant tubuh akan lebih mudah lelah dan tidak bergairah.

6. Nafsu makan bertambah

Penambahan nafsu makan sering dialami oleh penggun KB implant. Biasanya untuk sebagian pengguna merasakan lapar saat malam hari. Hal ini mengakibatkan berat badan seseorang mengalami kenaikan atau gemuk. Kondisi kegemukan sering kali dialami oleh pengguna KB implant apabila tidak benar dalam control nafsu makan.

7. Depresi dan Stres

Pengguna KB implant akan mengalami perubahan hormone yang menimbulkan stress dalam jangka pendek. Apabila jika ditambah pekerjaan atau masalah lain yang membuat pengguna KB implant lebih keras untuk berfikir bisa mengakibatkan para wanita menjadi depresi. Kondisi yang seperti ini akan mempengaruhi aktifitas secara keseluruhan. Sebaiknya bagi pengguna KB implant tidak terlalu banyak memforsir tenaga dan pikiran untuk berbagai masalah demi terhindar dari depresi dan stress.

8. Kulit Kusam

Efek yang ditimbulkan dari pemasangan KB implant pada tubuh adalah menghambat system peredaran darah serta akan mengganggu siklus menstruasi. Hal ini mengakibatkan darah kotor yang tidak dikeluarkan melalui menstruasi akan menyebabkan pengendapan sel darah kotor sehingga merusak kulit. Kondisi seperti ini, untuk sebagian pengguna KB implant berakibat kulit kusam dan menghitam serta menimbulkan jerawat pada masa-masa tertentu.

9. Nyeri persendian

Pengguna KB susuk akan mengalami ketidakstabilan hormone dan system metabolism yang mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah. Kondisi tersebut menimbulkan rasa nyeri pada persendian dibagian punggung, leher dan lengan.

10. Resiko kanker

Pengguna KB implant atau susuk selain mengalami perubahan hormone juga bisa beresiko terkena kanker. Benda asing dengan semprotan hormone tersebut , apabila tidak diimbangi hidup sehat dan pengawasan berkala sangat riskan berpotensi kanker. Sebaiknya sebelum menggunakan KB lebih baik dikonsultasikan dahulu ke dokter Anda yang sesuai dengan kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 11 Efek Samping Minyak Ikan Omega 3 untuk Kesehatan

Selain 10 efek samping diatas, ada beberapa efek samping penggunaan KB implant atau susuk lainnya. Berikut beberapa efek samping KB implant dan susuk lainnya.

2 efek samping KB implant atau susuk lainnya.

11. Pendarahan pada vagina yang tidak teratur
12. Rentan terkena infeksi akibat tertular penyakit seksual

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping KB implant atau susuk yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top