Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Samping Nasi Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Efek Samping Nasi Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Adanya efek samping nasi goreng untuk kesehatan tubuh membuat Anda penggemar makanan yang satu ini harus membatasi konsumsinya yang berlebihan. Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Asia termasuk Indonesia yang terdiri dari nasi diolah dengan beberapa bumbu. Nasi goreng sudah banyak dikenal oleh masyarakat dunia karena rasanya yang enak dan cara membuatnya yang cukup mudah.

Nasi goreng merupakan jenis makanan yang tidak bisa Anda konsumsi hampir setiap hari. Apalagi jika Anda menggunakan bumbu yang sudah dalam kemasan. Penggunaan minyak pada nasi goreng juga dapat membahayakan tubuh Anda, terutama jika minyak yang digunakan sudah tidak lagi higienis. Mempunyai kesukaan pada jenis makanan tertentu tidaklah dilarang, konsumsi dalam jumlah banyaklah yang tidak diperbolehkan.

10 Efek Samping Nasi Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan efek samping nasi goreng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Kegemukan

Nasi goreng menggunakan bahan utama nasi yang mengandung cukup banyak karbohidrat. Konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak dapat memicu kegemukan pada tubuh dan berakibat pada munculnya obesitas.

2. Obesitas

Obesitas merupakan gejala penyakit yang diakibatkan oleh kegemukan. Hal ini berasal dari banyaknya konsumsi makanan tertentu, termasuk nasi goreng. Efek buruknya, Anda akan mengalami beberapa penyakit kronis.

3. Darah tinggi

Penggunaan garam pada nasi goreng jika dikonsumsi terlalu banyak akan memicu penyakit darah tinggi. Banyak orang yang terkena penyakit ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan gurih serta asin.

Loading...

4. Penyakit jantung

Siapa sangka jika nasi goreng juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hal ini diperoleh dari kandungan lemak jenuh yang ada dalam nasi goreng. Lemak ini akan sangat mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

5. Stroke

Selain jantung, penyakit lainnya yang dapat menyerang tubuh Anda jika terlalu banyak mengonsumsi nasi goreng adalah stroke. Stroke biasanya diikuti oleh penyakit jantung yang muncul akibat konsumsi lemak jenuh dalam jumlah banyak.

6. Kanker

Nasi goreng yang dikonsumsi terlalu banyak dengan campuran MSG dapat memicu penyakit kanker. MSG yang banyak masuk ke tubuh Anda akan dengan aktif menyerang sel tubuh dan membuat sel kanker mudah menyebar.

7. Sakit perut

Jika Anda sering membuat nasi goreng dengan tambahan cabai, maka sudah bisa dipastikan jika tubuh Anda akan merasakan rasa sakit pada perut. Sakit perut ini juga bisa dipicu oleh kebanyakan konsumsi nasi goreng dalam waktu yang berdekatan.

8. Kolesterol tinggi

Kandungan lemak dengan bahan lainnya dalam nasi goreng seperti daging jika dikonsumsi terlalu banyak dapat membuat tubuh Anda terjangkit kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini tentunya akan menimbulkan lebih banyak penyakit kolesterol lainnya.

9. Sembelit

Nasi bukanlah jenis makanan yang dapat dicerna oleh tubuh Anda dengan cepat. Jika nasi sudah masuk ke dalam pencernaan, maka lambung dan usus Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya. Maka jika Anda terlalu banyak mengonsumsi nasi goreng, sisa makanan ini akan menumpuk di dalam tubuh dan memicu sembelit.

10. Diabetes

Karbohidrat yang terdapat dalam nasi goreng akan diubah menjadi gula. Jadi jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak, maka tubuh Anda akan memiliki tumpukan gula yang berpotensi menimbulkan diabetes.

Baca Juga: 10 Bahaya Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping nasi goreng untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top