Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Efek Samping Melakukan Operasi Amandel bagi Kesehatan

Uncategorized

8 Efek Samping Melakukan Operasi Amandel bagi Kesehatan

Operasi amandel akan menyebabkan efek samping bagi tubuh karena amandel memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Oleh sebab itu, operasi amandel tidak disarankan oleh para dokter. Namun jika amandel sudah membesar maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan operasi. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan efek samping yang ditimbulkan setelah melakukan operasi amandel. Efek samping operasi amandel tidak hanya membuat tubuh terasa sakit.

Namun juga dapat menyebabkan pendarahan, kehilangan nafsu makan ataupun menyebabkan infeksi. Meskipun ini menjadi efek yang biasa dialami bagi semua penderita setelah melakukan operasi amandel namun ada baiknya anda mengetahui beberapa efek samping dari operasi amandel. Berikut inilah efek samping operasi amandel yang perlu anda ketahui.

Efek Samping Operasi Amandel, Efek Samping Operasi Penyakit Amandel, Efek Samping Operasi Gejala Amandel

1. Dapat menimbulkan infeksi

Efek samping pertama ketika melakukan operasi amandel dapat menimbulkan infeksi. Adanya luka sayatan setelah melakukan operasi kemudian dipakai untuk mengkonsumsi makanan tentu hal ini bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, resiko infeksi juga dapat terjadi ketika virus-virus dan bakteri masuk ke dalam saluran tenggorokan setelah itu menempel pada luka tersebut sehingga hal ini bisa menimbulkan infeksi.

2. Menyebabkan telinga sakit

Efek samping lainnya dari operasi amandel juga dapat menyebabkan telinga sakit. Jika operasi amandel ini mendekati dengan syaraf telinga maka akan menyebabkan bagian telinga lebih merasa nyeri dan sakit. Nyeri dan sakit pada telinga yang dialami pun bervariasi ada yang ringan ataupun sedang. Bahkan penderita bisa mengalami gangguan pendengaran dalam waktu sementara.

3. Bagian tenggorokan terasa sakit

Bagian tenggorokan terasa sakit juga bisa anda rasakan setelah melakukan operasi amandel. Hal ini disebabkan amandel berhubungan langsung dengan tenggorokan. Oleh karena itu, setelah melakukan operasi amandel akan menyebabkan gangguan tenggorokan. Dalam kondisi seperti ini sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan agar luka bekas setelah operasi amandel bisa cepat sembuh.

4. Dapat terjadi pendarahan

Setelah melakukan operasi amandel sangat rentan dengan pendarahan. Hal ini memang sering terjadi karena tindakan pembedahan yang dilakukan bisa mengalami pendarahan kecil. Pendarahan akibat operasi amandel akan menyebabkan gejala tambahan seperti mual sementara. Dikatakan pendarahan parah ketika penderita mengalami muntah darah, meskipun hal seperti itu sangat jarang terjadi.

Loading...

5. Mengurangi rasa nyaman di mulut

Selain terjadi pendarahan, efek samping operasi amandel juga dapat menyebabkan mengurangi rasa nyaman di mulut. Rasa ini seperti mengganjal di bagian dalam mulut sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal, perih, dan juga sakit bagi penderitanya. Tapi jangan khawatir, karena gejala ini akan mereda jika tubuh telah sembuh dan luka bekas operasi sudah benar-benar kering.

6. Berat badan bertambah

Untuk seseorang yang bertubuh kurus, mungkin hal ini tak jadi masalah karena memiliki efek samping berat badan menjadi bertambah. Namun,bagi seseorang yang memiliki berat badan yang besar justru akan menimbulkan pneyakit baru seperti diabetes. Untuk itu, setelah melakukan operasi amandel anda harus memperhatikan pola makan aga tetap sehat dan seimbang sehingga berat badan anda tidak bertambah banyak.

7. Belakang mulut terasa sakit

Rasa sakit di belakang mulut menjadi efek samping berikutnya setelah melakukan operasi amandel. Hal ini dapat menyebabkan anda sulit untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa sakit anda harus menghindari makanan pedas, panas, dan juga alkohol. Setelah beberapa minggu rasa nyeri tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

8. Tidak nafsu makan

Efek samping operasi amandel juga dapat menyebabkan anda menjadi kehilangan nafsu makan. Hal ini disebabkan bagian tenggorokan yang belum sembuh total akan terasa sakit jika dibuat untuk menelan makanan karena kondisi luka bekas sayatan yang masih basah sehingga anda akan merasa tidak nafsu makan. Namun, setelah luka kering anda tidak akan kesulitan saat menelan makanan.

Baca Juga 8 Obat Alami untuk Jantung Bocor Tanpa Operasi

Itulah efek samping operasi amandel. Efek ini biasanya memang sering terjadi tetapi tidak setiap penderita akan merasakan efek samping yang sama, semua tergantung pada kondisi tubuh masing-masing penderita. Jika anda ingin mendapat proses pemulihan yang cepat setelah melakukan operasi penyakit amandel maka anda harus tetap memperhatikan pola makan agar tetap sehat dan seimbang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top