Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Efek Samping Oralit untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Efek Samping Oralit untuk Kesehatan Tubuh

Selama ini kita mengenal oralit sebagai bahan penyembuh diare dan belum mengetahui efek samping oralit untuk kesehatan tubuh secara umum. Oralit merupakan cairan yang dikonsumsi ketika terserang diare. Cairan ini terdiri dari campuran antara gula, garam, dan juga air. Anda bisa memberli oralit langsung di apotik atau membuatnya langsung di rumah dengan menggunakan perbandingan 3 banding 1 untuk gula dan garamnya.

Penggunaan cairan seperti oralit memang diperbolehkan untuk mengatasi penyakit diare, namun Anda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh dan kandungan di dalamnya. Banyak orang yang keliru dalam membuat oralit sendiri di rumah, sehingga menyebabkan banyak efek samping di dalam tubuh. Efek samping penggunaan oralit lebih banyak disebabkan karena penggunaan garam di dalamnya yang berlebihan sehingga membuat kesehatan tubuh terganggu.

8 Efek Samping Oralit untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan efek samping oralit untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Dehidrasi

Oralit bisa membuat Anda mengalami dehidrasi karena kandungan garamnya. Jika oralit yang Anda konsumsi ternyata memiliki kadar garam berlebih yang disarankan, maka tubuh Anda akan kekurangan banyak cairan.

2. Mual dan muntah

Efek samping dari konsumsi oralit juga dapat membuat Anda mengalami mual dan ingin muntah. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda menghentikan konsumsi oralit dan mulai mengonsumsi air putih biasa terlebih dahulu sampai gejala tersebut hilang.

3. Kram perut

Perut Anda juga akan terasa kram. Kram perut merupakan gejala gangguan kesehatan pada perut yang membuat otot pada usus mengalami kram. Anda akan merasakan perut kaku dan terasa seperti ditusuk.

Loading...

4. Sakit perut

Tidak hanya kram, perut Anda juga akan terasa lebih sakit jika Anda mengonsumsi oralit terlalu banyak atau kandungannya garam dan gulanya terlalu berlebihan. Gejala ini juga dapat dipicu dari kondisi tubuh Anda yang belum dapat menerima cairan oralit ke seluruh tubuh.

5. Mata bengkak

Mata bengkak merupakan salah satu gejala yang akan Anda alami akibat dari penggunaan oralit yang berlebihan. Biasanya banyak yang mengalami pembengkakan pada mata karena ingin penyakit diarenya cepat sembuh.

6. Elektrolit tubuh terganggu

Kadar garam berlebih yang ada pada oralit bisa membuat elektrolit tubuh Anda terganggu. Elektrolit merupakan sebutan untuk kandungan atau level sodium dalam tubuh Anda. Jika elektrolit tubuh tidak normal, maka tubuh Anda akan mengalami gangguan kesehatan.

7. Sembelit

Jika pencernan Anda tidak cocok dengan senyawa yang ada di dalam oralit, tubuh Anda bisa terserang penyakit sembelit atau kesulitan untuk buang air besar. Hal ini biasanya disebabkan oleh pencernaan Anda yang sudah mengalami gangguan diare terlalu lama.

8. Mudah lelah

Kandungan senyawa dalam oralit yang Anda konsumsi juga mampu membuat tubuh Anda lemas. Gejala diare akan membuat Anda kehilangan banyak cairan yang menyebabkan tubuh tidak mempunyai tenaga dan stamina.

Baca Juga: 8 Bahaya Minyak Lintah untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping oralit untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top