Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Efek Samping Paracetamol untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

19 Efek Samping Paracetamol untuk Kesehatan Tubuh

Obat yang sering digunakan saat menderita sakit demam adalah paracetamol. Selain mudah ditemukan juga pembelian tanpa resep dokter bisa saja dilakukan. Mudahnya pembelian paracetamol membuat obat ini sangat tidak asing oleh masyarakat. Penggunaan obat ini tidak hanya untuk orang dewasa ataupun bayi, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi obat ini. Namun, meskipun obat ini aman untuk kalangan semua, paracetamol juga menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

19 Efek Samping Paracetamol untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi paracetamol tidak sesuai anjuran dokter.

1. Diare

Penggunaan obat yang tidak sesuai anjuran dokter dan dosis yang tidak tepat menyebabkan tubuh bereaksi negatif yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan atau diare. Kondisi seperti ini juga bisa dialami seseorang yang mengkonsumsi paracetamol tidak dengan resep dokter.

2. Berkeringat lebih

Konsumsi paracetamol berlebih juga menyebabkan seseorang mengalami berkeringat lebih. Kondisi ini ditandai apabila seseorang mengalami kondisi berkeringat lebih namun tidak disebabkan cuaca atau setelah konsumsi paracetamol. Hal ini disebabkan dosis yang digunakan tidak tepat.

3. Penurunan selera makan

Jika seserang memutuskan membeli paracetamol tanpa resep dokter, apabila terjadi kesalahan penggunaan dosis mengakibatkan seseorang kehilangan selera makan. Kondisi seperti ini menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan. Sebaiknya gunakan resep dokter untuk membeli obat ini agak tidak terjadi kondisi tubuh yang semakin buruk.

4. Tekanan darah rendah

Paracetamol sangat berfungsi untuk meredakan sakit nyeri dan demam, namun penggunaan obat ini bisa beresiko seseorang mengalami hipotensi. Hipotensi terjadi disebabkan pemberian parasetamol dicampur atau disuntikkan dengan infus.

Loading...

5. Mual

Sebaiknya penggunaan obat apapun dengan resep dokter karena bisa menyebabkan seseorang merasakan mual saat dosis yang digunakan tidak tepat. Hal ini juga dirasakan seseorang jika terlalu berlebihan konsumsi paracetamol.

6. Muntah

Telah dijelaskan diatas, apabila seseorang merasakan mual bisa jadi seseorang akan mengalami kondisi muntah. Oleh karena itu, tanyakan dulu kepada dokter penggunaan atau dosis yang tepat untuk tubuh Anda agar tida terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

7. Jaundice

Jaundice atau kulit berwarna putih menjadi kekuningan. Kondisi seperti ini dialami bayi apabila penggunaan paracetamol tidak sesuai anjuran dokter. Efek samping ini juga bisa di rasakan orang dewasa.

8. Air seni berwarna gelap

Biasanya seseorang yang mencermati air seni yang keluar apabila berubah warna menjadi gelap serta pekat dari biasanya disebabkan dehidrasi atau kekurangan minum air putih. Kondisi seperti ini,biasanya diakibatkan seseorang yang mengkonsumsi paracetamol berlebihan.

9. Sakit perut

Gangguang penceraan bisa dialami seseorang apabila obat yang dikonsumsi menimbulakan reaksi negative. Kondisi seperti ini juga bisa dirasakan seseorang yang mengkonsumsi paracetamol. Apabila tubuh seseorang menolak obat paracetamol, efek yang muncuk pertama adalah sakit perut.

10. Kerusakam ginjal

Selain menyebabkan jaundince, apabila konsumsi paracetamol tanpa diimbangi konsumsi air putih yang cukup bisa menyebabkan ginjal tidak bekerja sesuai fungsinya.

Baca Juga: 19 Efek Racun Sianida bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa efek samping paracetamol bagi kesehatan tubuh lainnya. Berikut efek samping bagi kesehatan tubuh lainnya.

9 efek samping paracetamol bagi kesehatan tubuh lainnya.

11. Sakit kepala
12. Penurunan berat badan
13. Ruam pada kulit
14. Pembengkakan
15. Gatal-gatal
16. Sulit bernafas
17. Feses berwarna tanah liat
18. Kram perut
19. Penurunan jumlah sel-sel darah

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang efek samping paracetamol bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top