Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Efek Samping Teh Basi untuk Kesehatan

Uncategorized

12 Efek Samping Teh Basi untuk Kesehatan

Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang sangatlah manis dan baunya yang memiliki khas menjadikan teh ini bisa menenangkan. Selain itu, minuman ini juga merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih.
Berbicara tentang teh yang sudah lama dibuat tetapi tidak diminum atau biasa disebut dengan teh basi merupakan salah satu minuman yang sangatlah tidak baik untuk dikonsumsi. Hal ini tidak baik karena memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Untuk anda yang ingin mengetahui apa efek samping teh basi untuk kesehatan tubuh, berikut inilah efek sampingnya.
Loading...

1. Meningkatkan Asam Lambung

Teh merupakan makanan yang memiliki ph keasaman yang cukup. Walaupun pada dasarnya rasa dari teh ini pahit, tetapi jika dimasukan kedalam perut bisa membuat tanda asam lambung menjadi meningkat. Jika teh ini semakin basi, maka tingkat keasaman yang telah dihasilkan oleh teh akan meningkat. Tentu hal ini juga bisa membuat asam lambung anda menjadi naik.

2. Ladang Bakteri

Bahaya lainnya dari teh basi yaitu banyaknya bakteri yang telah dihasilkan pada pembusukan hasil teh ampas ataupun seduhan teh tersebut. Berbicara tentang bakteri yang muncul bukanlah puluhan bakteri, tetapi jumlahnya sangatlah banyak. Oleh karena itu, anda sangatlah tidak disarankan mengkonsumsi teh basi, apalagi jika anda memiliki diabetes sangatlah dilarang.

3. Merusak Sel Darah Merah

Teh memiliki beberapa kandungan zat di dalamnya, salah satu kandungannya yang paling banyak yaitu kafein. Zat ini bisa membuat seseorang menjadi ketagihan untuk mengkonsumsinya. Tetapi perlu anda ketahui bahwa kafein ini memiliki efek samping yang berbahaya. Kandungan tersebut bisa merusak sel darah merah di dalam tubuh. Jika anda secara terus menerus mengkonsumsi teh basi, maka bisa membuat anda terkena penyakit anemia atau kurang darah.

4. Merusak Penyerapan Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu kandungan penting yang harus ada di dalam tubuh. Kandungan ini sendiri sangatlah penting untuk memproduksi darah merah. Jika zat besi di dalam tubuh anda sedikit, maka tubuh anda bisa menjadi kelelahan di dalam memproduksi darah merah. 

5. Menyebabkan Koma

Untuk penderita yang sedang mengalami anemia, sangatlah tidak disarankan untuk meminum teh basi. Kandungan kafein yang telah ada di dalam teh basi bisa menghancurkan sel darah merah. Tentu, jika anda sedang mengalami anemia dan meminum teh basi, hasilnya penderita bisa terkena koma atau tidak sadar.

6. Meningkatkan Risiko Obesitas

Teh basi memiliki efek samping lainnya yaitu bisa meningkatkan resiko obesitas. Mengkonsumsi teh dengan gula merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencoba rasa teh yang manis. Perlu anda ketahui, kandungan yang telah ada di dalam teh basi dan gula bisa memicu terjadinya obesitas dan kegemukan.

7. Meminum teh pada saat perut kosong

Jika pada saat perut anda dalam keadaan kosong, sebaiknya anda minum air putih kemudian anda makan. Jika anda mengkonsumsi teh basi, maka hal ini akan membuat perut anda menjadi sakit. Salah satu penyebabnya bisa membuat asam lambung menjadi naik. Tingkat ph mengecil atau semakin asam lama kelamaan bisa membuat anda terkena gejala tukak lambung.

8. Pencuri Simultan Tubuh

Simultan merupakan salah satu bagian penting yang telah ada di tubuh. Kandungan ini sangatlah berguna sekali dalam membantu penyerapan dari sari makanan. Zat ini bisa dicuri oleh makanan atau minuman seperti teh. Jika anda setelah makan dan meminum teh, maka simultan ini akan dicuri dari tubuh anda.

9. Teh sudah teroksidasi

Teh teroksidasi merupakan teh yang sudah dicampur materinya dan teh tersebut sudah terkena oleh reaksi udara. Hal ini biasanya sering kita jumpai pada teh yang telah basi. Jika anda mengkonsumsi teh basi, maka dampak yang akan anda rasakan sangatlah berbahaya bagi kesehatan anda.

10. Perusak Zat

Selain mampu meningkatkan penyakit obesitas, mencampurkan teh dengan gula juga memiliki dampak buruk. Salah satu dampak buruk yang bisa dirasakan yaitu bisa merusak zat yang telah ada di dalam tubuh anda.
Selain 10 efek samping teh basi untuk kesehatan diatas, ada lagi beberapa efek samping yang sangatlah berbahaya jika mengkonsumsi teh basi. Berikut inilah efek samping lainnya.

2 Efek Samping Teh Basi untuk Kesehatan

11.  Menyebabkan Kanker
12.  Mag Kronis
Hindarilah makanan atau minuman yang sudah tidak layak untuk diminum, salah satunya yang sudah basi. Diatas itulah efek samping teh basi untuk kesehatan tubuh yang akan anda rasakan jika mengkonsumsi teh basi.
Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top