Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi bagi Kesehatan

Uncategorized

10 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi bagi Kesehatan

Kopi merupakan minuman yang sangat digemari masyarakat di seluruh dunia dan cocok sebagai teman nongkrong bersama teman dekat. Semakin lama banyak kedai dan kafe baru yang membuat berbagai macam kopi. Namun yang perlu diketahui kopi mengandung kafein yang tinggi dan efek terlalu banyak kopi akan menyebabkan timbulnya masalah bagi kesehatan.

Kafein merupakan zat yang terdapat pada minuman kopi, teh, dan cola atau produk lainnya. Meskipun memiliki beberapa manfaat, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein harus diperhatikan agar tidak merugikan apabila kelebihan. Berikut ini merupakan efek terlalu banyak minum kopi yang dapat di timbulkan.

Efek Terlalu Banyak Minum Kopi, Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi, Efek Terlalu Banyak Minum Kopi untuk Kesehatan

1. Kurang tidur

Seseorang memerlukan jam tidur selama 7 hingga 8 jam setiap harinya. Namun efek terlalu banyak minum kopi ini akan mengganggu kebutuhan jam tidur yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. akibat orang yang kekurangan tidur akan menyebabkan mengantuk di siang hari, mudah lelah dan menyebabkan penurunan kinerja organ lainnya.

2. Berinteraksi dengan obat atau suplemen

Kafein dalam kopi akan dapat berinteraksi dengan obat – obatan dan suplemen tertentu sehingga akan mengurangi efek dari obat untuk menyembuhkan penyakit. Sebelum mengonsumsi obat hendaknya perlu ditanyakan terlebih dahulu apakah obat ini dapat dipengaruhi oleh kafein.

3. Membatasi kebiasaan kafein dari kopi yang diseduh

Meskipun kafein mengandung bahaya bagi kesehatan tubuh. Anda tidak bisa secara langsung menghentikan kebiasaan mengonsumsi kafein secara langsung. Apabila hal ini terjadi, akan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan. Oleh sebab itu untuk berhenti biasa mengonsumsi kafein, harus dilakukan dengan cara bertahap.

4. Efek samping terhadap asam klorida

Minum kopi yang mengandung kafein secara berlebihan akan menyebabkan produksi HCl dalam tubuh akan terhambat. Padahal HCl sangat penting untuk mencerna makanan. Apabila Anda memiliki kebiasaan minum kopi lebih dari satu cangkir setiap harinya, maka proses pencernaan dan produksi HCl akan terganggu.

Loading...

5. Menyebabkan bisul lambung dan masalah keasaman

Banyak senyawa dalam kopi yang berbahaya seperti kafein dan berbagai asam dalam kopi yang bisa ditemukan. Biji kopi yang bersifat panas dan tajam akan mampu mengiritasi perut dan lapisan usus kecil. Hal ini sering dialami oleh penderita penyakit maag dan gastritis. Oleh sebab itu dokter sangat menyarankan untuk menghindari konsumsi kopi apabila menderita penyakit ini.

6. Menyebabkan perut mulas

Mulas yang disebabkan oleh bahaya minum kopi yang mengandung kafein tinggi dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah. Padahal otot kecil pada usus harus tertutup dengan rapat untuk mencegah makanan yang telah dikonsumsi tidak keluar kembali melewati kerongkongan dan membakar lapisan halus dengan asam clorida dari lambung. Gejala yang biasanya ditimbulkan yaitu perut akan merasa mulas dan muntah.

7. Mengganggu penyerapan mineral oleh ginjal

Peminum kopi yang kekurangan asupan gizi lainnya akan kesulitan untuk menyerap mineral penting bagi tubuh. Hal ini disebabkan oleh zat pada kopi yang dapat mempengaruhi penyerapan makanan dan minuman yang mengandung zat besi. Padahal mineral ini sangat penting bagi kesehatan tubuh.

8. Penyebab kanker

Selain kafein, kopi juga mengandung acrylamide yang dapat berpotensi menjadi karsinogenik (penyebab kanker). Hal ini disebabkan oleh substansi yang terbentuk ketika kopi dipanggang dengan suhu tinggi.

9. Stress dan ketegangan

Minum kopi secara berlebihan akan menyebabkan pelepasan hormon korsitol, epinefrin, dan norepinefrin. Bahan kimia tersebut dapat meningkatkan denyut jantung, dan tekanan darah. Akibatnya tubuh akan mengalami peningkatan ketegangan dan sering kecanduan minum kopi agar mendapatkan energi untuk beraktivitas.

10. Gangguan sistem reproduksi

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuan Harvad School of Public Health menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi secara berlebihan akan menyebabkan gangguan reproduksi yang disebut dengan endometriosis.

Baca Juga 8 Dampak Bahaya Minum Kopi Bagi Penderita Kista

Itulah informasi tentang efek minum kopi terlalu banyak bagi kesehatan. Minum kopi memang sangat nikmat dan memberikan kehangatan bagi tubuh. namun apabila terlalu sering meminumnya dengan takaran yang berlebihan akan menimbulkan kerugian bagi kesehatan. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa minuman air putih lebih baik dari pada kopi.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top