Connect with us
close

Virtual.co.id

Faktor Penyebab Sering Masuk Angin Terus Menerus

Uncategorized

Faktor Penyebab Sering Masuk Angin Terus Menerus

Di dunia kedokteran sebenarnya istilah masuk angin adalah bagian dari gejala flu, khususnya yang sering terjadi pada pergantian musim (pancaroba). Biasanya penyebab utama masuk angin adalah terkena udara dingin yang berlebihan, terus menerus. Contohnya adalah sering keluar malam tanpa menngunakan jaket, kehujanan mapun lainnya. Masuk angin sebenarnaya juga bisa di akibatkan karena kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Masyarakat langsung menyebut masuk angin setiap kali merasa badan tidak enak.

Masuk angin merupakan penyakit yang banyak sekali faktor yang menyebabkannya. Berikut ini adalah faktor-faktor atau penyebab terjadinya masuk angin:
1. Pergantian Musim (pancaroba)
Saat terjadi perubahan cuaca membuat badan kita menjadi lemah, sehingga mudah terserang penyakit, terutama masuk angin.


2. Naik motor saat malam hari tanpa memakai jaket.
Saat malam hari biasanya suhu lingkungan turun dan menjadi dingin. Saat keluar rumah dan bepergian dengan motor sebaiknya menggunakan jaket atau pakain yang tebal, agar angin tidak langsung menegenai tubuh.

Faktor Penyebab Sering Masuk Angin Terus Menerus

3. Kehujanan
Saat terjadi hujan, sebaiknya anda segera berteduh. Apabila anda tetap hujan-hujanan dimungkinkan anda akan masuk angin. Hal ini terjadi karena perbedaan suhu tubuh dengan dengan air hujan. Suhu tubuh kita lebih tinggi dibandingkan air hujan. Sebenarnya tubuh kita akan merespon dengan menurunkan suhu tubuh sesuai dengan lingkungan sekitar, tetapi apabila air hujan mengenai kepala kita, tubuh akan kesulitan mengeluarkan panas didalam tubuh. Dan akan mengakibatkan masuk angin.

Baca juga: Manfaat kerokan bagi kesehatan tubuh kita

4. Tidur dilantai
Tidur dilantai juga merupakan penyebab terjadinya seseorang terkena masuk angin. Hal ini terjadi karena suhu lantai yang dingin padahal suhu tubuh kita panas. Perbedaan ini dapat menyebabkan terjadinya masuk angin.

5. Menggunakan kipas angin
Penggunaan kipas angin dengan cara dihapapkan langsung ketubuh dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan perut kembung dan kemudian dapat terjadi masuk angin. Penggunaan kipas angin sebaiknnya jangan langsung dihadapkan ke tubuh.

6. Terlambat makan.
Kalau perutnya kosong, lebih mudah dimasuki angin. Misalnya, belum makan, kemudian jalan-jalan naik kendaraan dan terkena angin kencang yang langsung masuk ke dalam perut.


7. Salah makan
Ada juga kepercayaan bahwa makanan tertentu bisa menyebabkan masuk angin. Misalnya saat kita terialu banyak makan ketimun atau buah-buahan yang mengandung banyak zat air. Perut akan terasa begah atau kembung.

Loading...

Baca juga: Cara Kerokan Yang Baik Dan Benar

8. Sering begadang
Apabila seseorang sering begadang, sangat dimungkinkan orang tersebut akan terkena masuk angin. Manusia bukanlah robot yang dapat bekerja terus menerus. Tubuh kita ini perlu istirahat agar metabolisme didalam tubuh menjadi normal. Orang yang sering bedagang saat bagun tidur di pagi hari akan merasa pegal-pegal dan badan terasa loyo. Sehingga apabila tidak melakukan sesuatu yang sangat penting jangan begadang. Istirahatlah secukupnya.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya masuk angin, semoga setelah anda mengetahui penyebab-penyababnya, anda dapat terhindar dari sakit masuk angin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top