Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Fungsi Zinc (Seng) Bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Fungsi Zinc (Seng) Bagi Kesehatan Tubuh

Zinc adalah zat mineral yang sangat penting untuk tubuh khususnya bagi sel-sel tubuh. Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh kandungan Zinc adalah membantu berperan menjadi katalisator saat reaksi biokimia tubuh. Tidak hanya itu, fungsi Zinc juga bermanfaat dalam menjaga kinerja sel-sel dalam darah dan tubuh. Maka dari itu, Zinc sangatlah di butuhkan oleh tubuh sebagai salah satu zat penting kelangsungan hidup manusia.

 Fungsi Zinc (Seng) Bagi Kesehatan Tubuh

Zinc ini membantu merangsang setidaknya lebih dari 100 jenis enzim pada tubuh dan sehat untuk tubuh. Zat ini lah yang akan beperan penting dalam meningkatkan performa enzim pada tubuh. Zinc dalam tubuh khususnya wanita harus mencapai minimal 9 sampai dengan 12 mg dalam sehari. Untuk pria, 12 hingga 17 merupakan angka yang pas dan sudah cukup dalam memenuhi asupan Zinc setiap harinya. Namun, semua kecukupan juga tergantung pada sehat apa tidaknya tubuh tersebut.

Jika kurang dalam mengkonsumsi Zinc, seperti yang telah dikatakan tadi, system sel-sel dalam tubuh bisa menjadi kacau dan mengakibatkan beberapa penyakit yang berbahaya. Bahkan, ada lebih dari 800 ribu kasus kematian pada anak-anak akibat kekurangan zat Zinc pada tubuh. Untuk itu, Anda sangat di himbau untuk tetap memerhatikan Zinc. Berikut ini adalah fungsi Zinc yang penting untuk tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak cara agar tubuh menjadi kebal dari kuman, bakteri, virus atau radikal dari luar. Salah satunya adalah memperkuat sel-sel dengan rajin mengkonsumsi Zinc. Limfosit T atau dikenal juga sebagai sel T membantu dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sel ini kinerjanya bisa ditingkatkan dari Zinc dalam tubuh yang cukup.

2. Atasi Diare

Diare dapat terjadi akibat kuman yang masuk dalam tubuh dan akhirnya merusak system pencernaan tubuh. Cara mengatasinya beragam, salah satunya adalah memperbanyak zat Zinc dalam tubuh. Zinc dapat membantu mengatasi diare menurut WHO. Jangan anggap remeh, diare merupakan pembunuh 1,6 juta balita setiap tahunnya menurut WHO, organisasi kesehatan dunia.

3. Meningkatkan Memori Anak-Anak

Selain membantu dalam mengatasi diare, Zinc juga bisa bermanfaat untuk pertumbuhan otak pada bayi dan anak-anak sehingga membuat cara berpikir lebih meningkat dari sebelumnya. Zinc menjadi salah satu zat yang penting untuk pertumbuhan otak.

Loading...

4. Atasi Pilek

Pilek adalah penyakit gangguan pada system imun tubuh karena pilek biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri khusus. Obat pilek yang bisa Anda temukan di apotik terdekat memiliki Zinc yang cukup, setidaknya dapat membantu 40% menurunkan pilek.

5. Mengatasi Luka

Menggunakan Zinc pada luka adalah cara yang pas dan menjadi cara tercepat Karena kandungan pada Zinc dapat membantu dalam menyembuhkan luka lebih cepat daripada menunggu hingga sembuh. Zinc juga menjadi bahan utama dalam mengeringkan luka, bahkan luka parah sekalipun.

6. Penghilatan Menjadi Tajam

Vitamin A merupakan salah satu gizi dan nutrisi penting untuk perkembangan mata agar mata menjadi terang dan memiliki penglihatan tajam. Zinc merupakan salah satu kandungan yang memiliki manfaat untuk mempertajam mata.

7. Bagus Untuk Anak-Anak

Zinc sangat bagus untuk perkembangan bayi dan anak-anak karena membantu dalam pertumbuhan otak yang sangat di perlukan oleh anak-anak karena berada dalam usia perkembangan. Zinc juga bisa membantu dalam meningkatkan memori pada anak-anak agar memiliki daya ingat yang bagus.

8. Bermanfaat Untuk Remaja

Tidak hanya anak-anak, Zinc juga berfungsi dalam meningkatkan daya ingat remaja dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh khususnya bagian otak.

9. Meningkatkan Penglihatan

Mata memerlukan Zinc yang cukup karena memiliki kandungan yang sangat bagus untuk meningkatkan penglihatan dalam artian kesehatan mata.

10. Meningkatkan Indra Perasa

Lidah atau kulit merupakan indra perasa dan Zinc mampu meningkatkan fungsi indra perasa lebih baik dari sebelumnya. Hal ini bisa Anda Terapkan pada orang yang susah makan karena Zinc dapat membantu meningkatkan indra perasa lidah dan nafsu makan.

Fungsi Zinc Lainnya:

11. Meningkatkan Reproduksi
12. Menjaga Kesehatan Otak
13. Tidak Pikun
14. Meningkatkan Regenerasi Sel
15. Antioksidan
16. Rambut Menjadi Subur

Baca juga: 8 Bahaya Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Zinc sudah sangat bermanfaat bahkan sejak zaman nenek moyang, meski nama Zinc belum ditemukan namun fungsinya dalam meningkatkan gizi dan nutrisi tubuh sudah ada sejak lama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top