Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Gejala Gangguan Mental yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

15 Gejala Gangguan Mental yang Perlu Diwaspadai

Gangguan mental merupakan bentuk gejala ketidakstabilan mental ketika seseorang merasakan adanya kondisi kepribadian yang tidak sesuai dengan harapannya. Seseorang yang merasa tenang, sedih, cemas, pikiran kalut, kecewa yang berat atau frustasi, dan trauma sehingga mereka akan sangat mudah mengalami gangguan mental atau gejala gangguan mental.

Untuk itu, penting bagi anda mengetahui gejala-gejala yang menyebabkan gangguan mental agar anda tidak memiliki resiko gangguan mental sejak usia dini. Ada beberapa gejala gangguan mental yang perlu anda ketahui dan tidak boleh diabaikan. Berikut inilah gejala gangguan mental yang perlu anda pahami.

Gejala Gangguan Mental, Gangguan Mental, Gejala Kelainan Gangguan Mental

1. Perubahan mood

Gejala gangguan mental yang pertama disebabkan karena perubahan mood. Hal ini biasa terjadi pada saat anda menghadapi suatu keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan atau harapan sehingga anda lebih mudah megalami perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati inilah yang sangat berpengaruh, dari sangat gembira kemudian berubah menjadi depresi dan akan terus berulang-ulang sehingga akan menyebabkan gejala gangguan mental.

2. Sakit kepala

Gejala gangguan mental lainnya disebabkan karena sakit kepala. Dengan kondisi anda yang sering merasa tegang dan depresi menyebabkan kesehatan mental anda akan terganggu sehingga sangat mudah bagi anda mengalami gangguan mental.

3. Stres

Kondisi stres juga dapat menyebabkan anda mengalami gejala gangguan mental. Hal ini disebabkan stres akan mengganggu konsentrasi dan mempengaruhi psikologi penderitanya sehingga dapat beresiko gejala gangguan mental.

4. Penyalahgunaan alkohol serta obat-obatan

Mengkonsumsi atau menyalahgunakan alkohol serta obat-obatan penenang akan membuat anda mudah mengalami gejala gangguan mental. Obat-obat tersebut biasanya digunakan untuk mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi. Namun, justru dengan mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan penenang bisa jadi gejala gangguan mental atau dapat memicu masalah kesehatan mental.

Loading...

5. Tidak cukup tidur

Seseorang yang mengalami kecemasan akan merasa tidak cukup tidur atau kesulitan pada saat tidur. Sulit tidur akan membuat tubuh tidak mendapat kualitas tidur yang cukup sehingga anda akan mengalami gangguan tidur yang bisa membuat kesehatan mental memburuk. Saat kesehatan mental memburuk akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan gejala gangguan mental.

6. Perubahan berat badan

Perubahan berat badan yang mengejutkan akan menyebabkan anda merasa stres dan cemas secara berlebihan. Hal itu akan mempengaruhi kondisi psikis anda menjadi terganggu sehingga akan sangat mudah mengalami resiko gejala gangguan mental.

7. Jantung berdegup kencang

Gejala gangguan mental juga disebabkan karena kondisi jantung yang berdegup dengan kencang. Serangan panik berawal dari detak jantung yang tidak beraturan. Jika anda mengalami serangan panik yang datang menyerang secara tiba-tiba atau mendadak maka dapat memicu gejala gangguan mental.

8. Perut nyeri

Sebaiknya anda tidak mengabaikan sakit perut yang berlangsung lama karena gejala gangguan mental dapat juga bersumber dari sakit perut. Sudah ada sejumlah kasus yang menunjukkan bahwa pasien yang dengan rasa cemas kronis umumnya disertai dengan gangguan pencernaan dan nyeri pada perut. Sehingga ketika seseorang dapat mengatasi rasa cemasnya, sakit perut juga berangsur membaik dan gejala gangguan mental akan dapat dicegah.

9. Sulit berkonsentrasi

Pernahkan anda mengalami kesulitan saat berkonsentrasi? Jika pernah, maka berhati-hatilah karena sulit berkonsentrasi dapat menyebabkan gejala gangguan mental. Beberapa penelitian menyatakan bahwa stres jangka pendek bisa menjadi faktor yang memicu daya otak untuk membuat hormon-hormon terlepas, khususnya yang berfungsi memperluas ruang penyimpanan memori dan sebagai pengasah konsentrasi.

10. Khawatir hal buruk

Jika anda merasa terus menerus mengkhawatirkan sesuatu yang tidak pasti atau hal buruk yang akan terjadi sama saja memicu gejala gangguan mental. Kondisi stres yang terus-menerus bisa menyebabkan kekhawatiran yang berlebihan sehingga munculnya gejala gangguan mental.

Baca Juga 13 Cara Mengobati Penyakit Parkinson secara Medis

Selain 10 gejala gangguan mental, ada 5 gejala gangguan mental lainnya yang perlu anda ketahui, Seperti:

5 Gejala Gangguan Mental Lainnya:

11. Terlalu banyak tidur
12. Jadi pendiam dan menarik diri dari lingkungan
13. Tak mempedulikan penampilan diri sendiri
14. Indra penciuman tidak berfungsi
15. Kecemasan berlebihan

Itulah gejala gangguan mental, untuk menghindarinya sebaiknya anda melakukan berbagi kegiatan yang aktif dan positif. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak menyebabkan anda mengalami gangguan fisik atau psikis yang menjadikan anda merasa stres, ketakutan dan kecemasan yang berlebihan sehingga akan mempermudah anda mengalami penyakit gangguan mental.  

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top