Connect with us
close

Virtual.co.id

Gejala Kanker Otak Berdasarkan Letaknya

Uncategorized

Gejala Kanker Otak Berdasarkan Letaknya

Gejala kanker otak sering tidak dirasakan oleh penderitanya, tahu-tahu penyakit itu sudah mencapai stadium lanjut. Kanker otak merupakan tumor ganas yang berkembang di otak dan menyebar dengan cepat pada otak dan tulang belakang. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua tumor otak digolongkan sebagai kanker.

Ada tumor otak yang sifatnya jinak yang tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar ke area lainnya. Gejala yang ditunjukkan oleh tubuh bervariasi dan tergantung ukuran, letak dan kecepatan perkembangannya pada otak. Gejala muncul karena tumor menekan otak atau menghalangi suatu bagian otak, sehingga tidak bisa berfungsi.

Apabila terjadi tekanan di dalam rongga kepala karena keberadaan tumor, berikut ini gejala-gejala yang dirasakan oleh tubuh!

Gejala kanker otak secara umum yang dirasakan oleh tubuh

  • Sakit kepala parah tak tertahankan dan berkelanjutan.
  • Sering muntah secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas.
  • Mengalami kejang-kejang atau epilepsi. Hal ini bisa terjadi pada seluruh tubuh atau kedutan si sebagian tubuh saja.
  • Mudah marah, mengantuk, sikap menjadi acuh dan sering lupa.
  • Penglihatan atau pendengaran menjadi tidak jelas.
  • Terjadi perubahan kepribadian dan perilaku. Seiring dengan perkembangan kanker otak, perilaku penderitanya berubah tidak seperti biasanya.

Dampak kanker otak terhadap fungsi atau kinerja otak

Otak mempunyai andil besar bagi tubuh, yakni mengendalikan kinerja organ-organ dalam tubuh. keberadaan tumor di dalam otak bisa mempengaruhi fungsi otak. Gejala yang dirasakan oleh tubuh tergantung dari letak atau posisi dari sel tumor itu. Apakah berada di depan, belakang, tengah atau bagian otak lainnya dan berikut tanda yang ditimbulkannya!

Kanker terletak di otak bagian samping
Penderita bisa mengalami kejang-kejang dan pingsan serta seperti mendengar suara di dalam kepala. Selain itu juga, terganggu saat bicara atau dalam mengingat sesuatu merupakan gejala kanker otak yang letaknya di otak bagian samping.

Tumor berada di bagian depan
Jika mengalami perubahan kepribadian dan kelemahan pada satu sisi tubuh merupakan gejala tumor otak di bagian depan. Selain itu, penderita juga tidak peduli terhadap diri sendiri dan orang sekitar serta terganggu indera penglihatan dan penciumannya.

Loading...

Pada otak bagian belakang
Apabila yang terganggu penglihatan itu pada satu sisi mata saja mengartikan gejala kanker di otak bagian belakang.

Otak bagian tengah
Apakah sulit memahami kata-kata, gangguan dalam berbicara atau menggungkapkan sesuatu, membaca, menulis dan sulit mengatur gerakan? Apabila mengalami kondisi itu berarti gejala kanker otak yang tumbuh di otak bagian tengah.

Kanker ada di batang otak
Tubuh kehilangan keseimbangannya, sulit berjalan, melemahnya otot-otot wajah termasuk gejala tumor otak pada batang otak. Tak hanya itu jika yang diserang pada bagian ini penderita juga sulit menelan dan berbicara.

baca juga : Ketahui Benda Penyebab Kanker yang Ada di Kamarmu

Di bagian selaput otak
Kalau gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala hebat, terganggunya penglihatan dan gerak tubuh menjadi tanda keberadaan tumor di selaput otak.

Terletak pada otak kecil
Apabila penderita kehilangan koordinasi tubuh, sulit bicara dan berjalan, mata sering berkedut, muntah berulang kali dan leher kaku bisa jadi itu gejala kanker otak yang berada di otak kecil.

Nah, itulah gejala tumor otak yang berkembang menjadi kanker. Jika tubuh menunjukkan tanda-tanda seperti itu, segera datang ke dokter. Periksakan secara menyeluruh kondisi kesehatanmu, beritahukan kepada dokter tentang keluhan yang kamu alami. Mengetahui penyakit berbahaya sejak dini itu penting, agar bisa menyelamatkan hidupmu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top