Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Gejala Penyebab Kekurangan Asam Lambung

Uncategorized

10 Gejala Penyebab Kekurangan Asam Lambung

Asam lambung memang diperlukan tubuh untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Namun jika kekurangan asam lambung justru akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Meski gejala kekurangan asam lambung seringkali tidak terlalu tampak, namun kondisi ini bisa membuat tidak nyaman bagi penderitanya. Untuk itu, sangat penting bagi anda mengetahui gejala kekurangan asam lambung. Berikut inilah gejala kekurangan asam lambung.

Gejala Kekurangan Asam Lambung, Penyebab Gejala Kekurangan Asam Lambung, Gejala Penyakit Kekurangan Asam Lambung

1. Diare atau sulit BAB

Gejala pertama kekurangan asam lambung ditandai dengan diare atau sulit BAB. Penyakit lambung cenderung sering membuat si penderita mengalami diare atau sulit melaksanakan buang air besar. Hal ini disebabkan karena lingkaran otot bagian bawah tidak dapat berfungsi untuk mencerna makanan yang diproses ke lambung sehingga bisa menyebabkan asam lambung.

2. Perut sering merasa mulas

Gejala lainnya jika anda mengalami kekurangan asam lambung ditandai dengan perut sering merasa mulas. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena asam lambung tidak berhenti pada rasa mulas dan mual saja, apalagi saat asam lambung meningkat dapat menyebabkan bahaya pada jantung. Oleh karena itu, penting anda ketahui bahwa asam lambung memiliki pengaruh terhadap jantung dan nyeri punggung.

3. Sering buang gas

Jika anda mengalami gejala kekurangan asam lambung biasanya akan merasa sering buang gas atau kentut. Hal ini biasa terjadi karena terdapat gangguan pada bagian pencernaan yang menyebabkan perut menjadi kembung sehingga bagian belakang sering mengeluarkan gas.

4. Asma

Asma juga menjadi gejala kekurangan asam lambung. Kondisi lambung yang tidak sehat tentu sangat berpengaruh pada sistem pernafasan sehingga dapat menyebabkan terjadinya asma. Posisi lambung yang terletak tidak jauh dari jantung akan membuat perut terasa sakit sehingga menyebabkan penyakit asma.

Loading...

5. Terasa mual dan kembung

Terasa mual dan kembung juga sering terjadi jika anda mengalami gejala kekurangan asam lambung. Hal ini karenakan asam lambung yang seharusnya digunakan untuk mensterilkan tidak dapat digunakan secara maksimal, sehingga dapat menyebabkan rasa mual dan kembung karena kondisi perut yang terasa penuh dan sebah.

6. Perut terasa kram

Jika anda sering mengalami kondisi perut yang terasa kram ini menjadi salah satu gejala asam lambung yang rendah. Perut yang terasa kram memang hampir sama ketika anda mengalami sakit perut, hanya saja kram perut dirasakan lebih melilit dari pada sakit perut yang terjadi pada umumnya.

7. Sering bersendawa

Gejala sering bersendawa juga bisa terjadi ketika anda kekurangan asam lambung. Kondisi lambung yang tidak stabil akan membuat anda tidak nyaman saat mengkonsumsi makanan sehingga menyebabkan anda sering bersendawa. Untuk itu, perlu diperhatikan jika anda sering mengalami sendawa bisa jadi anda mengalami gejala asam lambung yang rendah.

8. Nyeri ulu hati

Gejala kekurangan asam lambung juga dapat terjadi dengan tanda yang serius seperti nyeri pada bagian ulu hati. Jika hal itu terjadi maka anda akan merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi makanan. Selain itu, area mulut dan kerongkongan juga terasa tidak enak.

9. Mengalami reflux asam setelah makan

Ketika asam lambung kembali naik ke saluran kerongkongan maka muncul kondisi yang disebut acid reflux. Pada kondisi ini anda akan merasa iritasi dan sensasi terbakar di bagian dada akibat gejala umum reflux asam lambung.

10. Rambut rontok pada wanita

Gejala kekurangan asam lambung yang tidak boleh diabaikan adalah rambut rontok. Wanita yang mengalami asam lambung rendah akan menyebabkan kerontokan rambut. Jika tidak mendapatkan penanganan medis maka hal ini bisa menyebabkan penderita mengalami resiko kebotakan.

Baca Juga 10 Jenis Terapi untuk Sakit Jiwa

Selain terdapat 10 gejala kenaikan asam lambung, ada 4 gejala lainnya yang bisa menyebabkan kekurangan asam lambung, Seperti:

4 Gejala Kekurangan Asam Lambung Lainnya:

11. Rambut kusam
12. Kulit kering
13. Anemia
14. Bagian dada terasa terbakar

Itulah gejala kekurangan asam lambung. Untuk mencegah gejala kekurangan lambung sebaiknya anda mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga tidak menyebabkan gangguan penyakit lambung yang akan berdampak pada penderita asam lambung.  

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top