Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Gejala Limpa Bengkak Paling Menakutkan

Uncategorized

10 Gejala Limpa Bengkak Paling Menakutkan

Gejala Limpa Bengkak – Limpa adalah organ kecil yang terletak tepat di bawah tulang rusuk sebelah kiri. Umumnya berukuran sebesar kepalan tangan, namun pada kondisi tertentu bisa mengalami pembengkakan yang disebut dengan splenomegali. Gejala limpa bengkak inilah yang menjadi pembahasan kali ini.

Limpa membengkak ketika organ ini dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang berlebih dalam menyaring atau jika limpa diserbu dengan sel-sel abnormal semisal endapan. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka memiliki pembengkakan limpa karena gejala limpa bengkak serupa dengan penyakit lain. Simak gejala limpa bengkak berikut agar lebih waspada.

Gejala Limpa Bengkak

1. Terjadi pendarahan

Gejala limpa bengkak dapat ditandai dengan terjadinya pendarahan.  Pendarahan ini merupakan reaksi dari terganggunya fungsi dan kerja limpa, yakni kemampuan dalam proses pembekuan darah. Bila anda mengalami hal serupa segeralah ke doter untuk mendapat penanganan, karena pendarahan terjadi terus-menerus dapat membahayakan keselamatan jiwa.

2. Mudah terserang infeksi

Mudah terserang infeksi adalah salah satu gejala lain yang mengindikasikan pembengkakan pada limpa. Infeksi yang dapat terjadi pada penderita limpa bengkak adalah infeksi parasit dan infeksi bakteri.

Ketika limpa bengkak, maka dapat mengganggu kerja limpa untuk menyaring sel darah sehat dari sel darah yang telah rusak. Dengan demikian, tidak optimalnya penyaringan pada limpa meningkatkan resiko seseorang untuk lebih mudah terserang infeksi.

3. Sering cegukan

Cegukan yang terjadi biasanya tidak ditanggapi terlalu serius. Ini disebabkan cegukan dapat hilang sendirinya hanya dengan minum atau bahkan tanpa adanya usaha untuk menghilangkannya.

Loading...

Namun, anda perlu waspada apabila cegukan terjadi terus-menerus karena bisa jadi sinyal penanda limpa bengkak. Membesarnya organ limpa sebenarnya juga dapat  disebakan oleh adanya penyakit lain yakni iritasi  diafragma, yang sering ditandai dengan cegukan.

4. Terjadi pembesaran pada bagian perut kiri atas

Limpa adalah organ yang  terletak di bawah dada, tepatnya berada dibalik susunan tulang rusuk sebelah kiri. Pada kondisi normal, ukuran limpa hanya sebesar kepalan tangan, yakni antara 11cm sampai 20cm. Tetapi, dalam kasus pembengkakan limpa, limpa dapat berukuran lebih dari 20cm dengan berat  sekitar 1kg.

Adanya peradangan pada organ limpa ini salah satunya dapat diketahui dari terjadinya pembesaran pada bagain perut kiri atas. Sebagai  tambahan, perut akan terasa sakit atau nyeri bila disentuh.

5. Bahu kiri terasa nyeri

Telah disebutkan sebelumnya bila limpa adalah organ yang terletak pada bagian kiri tubuh. Pada kondisi limpa yang mengalami peradangan,  rasa sakit yang ditimbulkan juga dapat menyebar ke bagain lain pada sisi kiri tubuh, tidak terkecuali pada bahu kiri.  Ini menjadikan bahu terasa sakit bila digerakkan.

6. Nafsu makan hilang

Nafsu makan hilang dapat menjadi penanda untuk hampir berbagai jenis penyakit. Umumnya, nafsu makan seseorang akan hilang karena merasa kurang enak badan. Namun, pada kasus limpa bengkak, limpa yang membesar dari ukuran normal dapat menekan organ perut .

Penderita penyakit ini akan merasa selalu kenyang, meski hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Kondisi ini tentu berbahaya, bila dibiarkan terus- menerus, penderita limpa bengkak dapat mengalami kekurangan nutrisi  yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu waspadai gejala ini, bila anda mempunyai keluhan yang sama.

7. Terserang anemia

Terjadinya pembengkakan pada organ limpa dapat mengurangi pasokan darah merah dan trombosit dalam tubuh. Kemampuan limpa yang dapat melindungi sel darah merah akan menurun, menjadikan seseorang yang menderita penyakiti ini akan cepat lelah dan terlihat pucat. Bila tidak segera ditangani dapat menjadi pemicu adanya anemia.

8. Punggung daerah limpa terasa sakit

Limpa yang bengkak menyebabkan nyeri di bagian perut. Rasa sakit ini dapat menjalar sampai ke punggung, mengingat letak limpa berada di balik sum-sum tulang belakang. Selain itu, terbatasnya darah merah juga dapat mempengarui kinerja tubuh. Untuk itu, adanya punggung daerah limpa terasa sakit dapat digolongkan sebagai salah satu gejala limpa bengkak.

Kesehatan suatu organ akan mempengaruhi organ yang lainnya. Kerja organ yang saling mendukung, akan terganggu kinerjanya apabila ada organ yang tidak dalam kondisi baik atau abnormal. Untuk itu, anda perlu memperhatikan setiap gejala penyakit yang mungkin saja datang agar tidak menjadi lebih parah, termasuk untuk gejala limpa bengkak.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top