Connect with us
close

Virtual.co.id

23 Gejala Migrain yang Mungkin belum Anda Sadari

Uncategorized

23 Gejala Migrain yang Mungkin belum Anda Sadari

Migrain atau lebih dikenal sebagai sakit kepala sebelah di mana hanya sebagian kepala saja yang mengalami denyut tak nyaman dan tentu sangat mengganggu dalam beraktivitas. Penyakit yang satu ini, lebih sering menyerang wanita daripada pria, selalu waspada terhadap gejala migrain karena tidak menutup kemungkinan bagi kalian para kaum pria untuk terkena migrain.

Sakit kepala memang beragam jenisnya, tetapi migrain pasti bukanlah hal asing bagi anda karena walaupun belum pernah mengalaminya tetapi kalian semua pasti sering mendengarnya. Banyak yang mengeluhkan penyakit migrain ini terutama kaum wanita seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk lebih memahami gejala migrain silahkan simak beberapa gejala berikut.

Gejala Migrain, Gejala Penyakit Migrain, Tanda Gejala Migrain

1. Satu Sisi Tubuh Menjadi Lemas

Gejala migrain yang pertama adalah tubuh akan terasa lemas dan kurang bertenaga, tetapi itu hanya pada salah satu sisinya saja dan akan mengalami gangguan berjalan seperti normal. Ketika otot terasa lemas hanya pada salah satu bagian tubuh, kemungkinan besar anda terkena migrain.

2. Depresi

Penderita migrain juga akan merasakan gejala Depresi. Akan tetapi, gejala depresi pada penderita migrain hanya terjadi saat ada faktor genetik saja. Menurut data yang dipresentasikan pada pertemuan American Academy of Neurology tahun 2010 penderita migrain akan mengalami depresi berat.

3. Sakit perut

Pada sebagian kasus migrain penderita akan mengalami sakit perut yang berujung diare sebelum migrain itu menyerang. Namun apabila anda mengalami sakit perut bisa jadi itu hanya gejala sakit perut biasa, tetapi apabila disertai gejala yang telah disebutkan anda harus mewaspadai serangan migrain.

4. Aura

Orang yang memiliki aura tertentu dan pada umumnya visual, seperti noda, garis atau lampu berkedip bisa saja orang tersebut mengalami serangan migrain. Aura tersebut biasanya berlangsung sekitar 5 menit hingga 1 jam. Menurut Dr. Calhoun pendiri Carolina Headache Institute gejala tersebut tidak berlaku pada semua orang.

Loading...

5. Mood Swing atau Suasana Hati Berubah Drastis 

Migrain juga berpengaruh terhadap suasana hati dan perasaan. Suasana hati akan senantiasa berubah secara drastic saat anda mengalami migrain. Perubahan perasaan ini biasanya ditandai dengan perasaan gelisah dan tak enak serta penderita akan menjadi mudah tersinggung.

6. Anda akan merasa Mual

Mual bisa jadi gejala awal menderita migrain. Menurut survey oleh American Migraine Study II ada 3700 partisipan yang mengalami migrain sekitar 73% dari mereka mengalami rasa mual di awal diserang nya migrain. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa saat penderita mengalami mual sebagai gejala awal migrain maka dia akan mengalami sakit yang jauh lebih berat daripada yang tidak mengalami mual.

7. Vertigo

Vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang lain, namun pada basilar type migraine akan menyebabkan vertigo pada penderita sebagai gejalanya. Hal ini akan memicu perasaan pusing, penglihatan ganda dan bahkan sampai kebutaan pada penderita migrain. Apabila anda mengalami gejala tersebut dan disertai dengan gejala migrain lainnya perlu diwaspadai anda terserang migrain.

8. Sensitivitas meningkat terhadap suara dan cahaya

Seorang yang akan mengalami migrain biasanya merasa lebih sensitif terhadap suara dan cahaya sebagai gejala awal. Mereka akan merasa gelisah saat berada di tempat bising dan tempat yang sangat terang. Pada gejala ini, penderita akan merasa lebih nyaman di kegelapan dan kesunyian.

9. Hidung akan tersumbat seperti flu

Sama halnya dengan gejala flu yang mengakibatkan hidung tersumbat dan penciuman terganggu dan membuat penderita kadang tidak menyadari gejala yang satu ini. Bisa saja gejala hidung tersumbat hanyalah gejala flu biasa apabila tidak disertai dengan gejala yang migrain yang telah disebutkan.

10. Sulit Berbicara 

Sulit berbicara juga kadang menyerang penderita migran sebagai gejala awal terjadinya migrain. Penderita akan mengucapkan kata yang tidaklah seperti yang ia maksudkan. Hendaklah anda menemui dokter anda apabila mengalami kesulitan berbicara ini untuk pertama kalinya untuk memastikan ini merupakan gejala migrain  atau bukan.

Baca Juga 16 Tanda Gejala Awal Alzheimer yang Perlu diketahui

13 Gejala Migrain Lainnya :

11. Anda akan merasa Muntah
12. Denyut dan nyeri di satu sisi kepala
13. Mata akan terasa nyeri
14. Sering merasa kesemutan dan mati rasa
15. Mata penderita migrain akan berair
16. Anda akan senantiasa merasa ngidam
17. Leher terasa nyeri
18. Intensitas buang air kecil akan meningkat
19. Intensitas menguap meningkat
20. Tidur akan terganggu
21. Konsentrasi akan menurun
22. Anda akan senantiasa merasa dehidrasi
23. Mengalami kepanasan dan kedinginan

Itulah 23 gejala migrain yang sering dialami oleh para penderita migrain. Dengan membaca artikel ini diharapkan anda lebih berhati hati lagi apabila mengalami gejala-gejala tersebut. Lakukan pengobatan alami untuk migrain, atau gunakan obat yang ada di apotek agar tidak menimbulkan penyakit. Apabila nyeri migrain masih berlanjut dengan usaha yang telah anda lakukan, langsung saja datang untuk memeriksa pada dokter.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top