Connect with us

Virtual.co.id

Kenali Gejala Penyakit Kista Yang Ditunjukkan Oleh Tubuh

Uncategorized

Kenali Gejala Penyakit Kista Yang Ditunjukkan Oleh Tubuh

Penyakit kista adalah suatu benjolan yang berisi cairan dan berkembang di indung telur atau ovarium wanita. Kebanyakan kista tidak berbahaya dan dapat hilang sendiri tanpa dengan perawatan khusus. Keberadaan kista ovarium sangat sulit dideteksi karena tak menimbulkan tanda-tanda serius. Gejala kista baru tampak ketika sudah berkembang. Kebanyakan kasus yang dialami oleh para penderita, umumnya mereka tidak menyadari kehadiran penyakit kista di tubuhnya.

Selain karena faktor keturunan, penyebab kista lainnya adalah polusi udara yang mengandung dioksin, pola makan  tak sehat, menopouse dan lainnya. Ditinjau dari tingkat keganasannya, kista dibagi menjadi 2 jenis yaitu kista non neoplastik (kista jinak) yang dapat kempes sendiri dalam 2-3 bulan. Yang satunya lagi kista neoplastik (kista ganas) yang bisa hilang dengan operasi.

Gejala penyakit kista yang harus dikenali oleh para wanita adalah rasa sakit di perut bagian bawah yang menjalar sampai ke kaki. Meski kista tidak menunjukkan gejala khusus, tapi jika kamu sering merasa sakit yang teramat saat menstruasi maka, perlu waspada. Periksakan dirimu ke dokter, terlebih lagi apabila rasa nyeri baru beberapa kali belakangan ini.

Kalau kista tidak segera diobati, maka bisa memicu penyakit yang lebih parah lagi yakni kanker ovarium. Penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit kanker pembunuh ketiga setelah kanker rahim dan kanker payudara. Agar kamu bisa waspada terhadap penyakit ini, kenali beberapa perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhmu. Inilah gejala-gejalanya!

Gejala penyakit kista ovarium 

  1. Merasakan nyeri pada ketiak menjelang atau selama masa menstruasi. Bahkan beberapa penderita sampai pingsan karena tak tahan menahan rasa sakitnya.
  2. Nyeri di perut bagian bawah.
  3. Menstruasi tidak seperti normal, kadang terlalu banyak atau justru sengat sedikit.
  4. Sering ingin buang air besar atau kecil, terjadi karena jaringan kista semakin membesar. Lalu menekan kandung kemih sehingga tidak bisa menampung banyak urine.
  5. Pada gejala lanjut, benjolan bisa diraba biasanya terdapat di sekitar perut.
  6. Terjadi perubahan pola menstruasi, seperti terlambat menstruasi atau ada pendarahan antara periode haid.
  7. Terjadi pendarahan di vagina banyak dan tidak teratur.
  8. Perut terasa nyeri hebat yang disertai dengan mual dan muntah.
  9. Merasakan sakit seperti di gigit semut pada bagian bawah perut kanan dan kiri secara bergantian.
  10. Sakit di pinggang belakang.
  11. Terasa sakit ketika berhubungan biologis dengan pasangan.
  12. Apabila kista sudah pecah, rasa nyerinya bertambah parah.

Cara mencegah penyakit kista
Setelah kamu mengetahui beberapa gejala yang ditunjukkan oleh tubuh. Perlu juga mengetahui cara pencegahan, supaya terhindar dari penyakit berbahaya ini!

Loading...

Konsumsi obat herbal yang berkhasiat
Sekarang ini sudah banyak terbukti bahwa obat herbal sangat berkhasiat dan mampu menyembuhkan seseorang dari penyakit, termasuk kista. Kamu bisa memanfaatkan 50g daun dewa, 50g temu dan daging buah mahkota dewa 5g. Rebuslah semua bahan tersebut dengan air 800cc dan sisakan setengahnya. Selain itu, masih banyak ramuan herbal yang ampuh memengi kanker. Kandungan Dalam Buah Ini Mampu Membunuh 12 Jenis Kanker Berbeda

Kurangi konsumsi lemak
Mengkonsumsi lemak berlebihan, dapat meningkatkan hormon kortisol dan menyebabkan gangguan hormon. Hormon kortisol ini merupakan hormon penyebab stress. Stres bisa menimbulkan berbagai penyakit termasuk kista.

Makan buah dan sayur secara teratur
Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar kamu mempunyai stamina yang kuat setiap hari, maka makan sayuran atau buah-buahan. Tak hanya itu sayur dan buah juga mampu menetralisir bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Ingat sebelum mengkonsumsinya kamu harus mencucinya sampai bersih.

baca juga : Konsumsi Minuman Ini Setiap Hari, Maka bisa Mencegah Kanker Payudara

Riwayat keluarga penderita penyakit kista
Apabila ada riwayat keluarga yang menderita penyakit kista, berarti resiko terkena penyakit ini cukup besar. Untuk itu, lakukanlah pola hidup sehat setiap hari agar memperkecil kemungkinan resikonya.

Saat setelah menikah
Sebisa mungkin jangan tunda untuk mempunyai momongan, tapi sebaliknya. Karena untuk menghindari pembentukan kista yang diakibatkan oleh frekuensi menstruasi dan aktivitas hormon tubuh. Jadi, upayakan setelah menikah untuk segera mempunyai anak.

Selalu menjaga kebersihan daerah kewanitaan
Dari beberapa kasus penderita kista ovarium, penyakit ini ditimbulkan karena kurang menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Sehingga, mendukung tumbuh-kembang mikroorganisme penyebab tumor.

Itulah gejala penyakit kista dan cara pencegahannya yang perlu kamu ketahui. Sebagai wanita kamu harus mampu menjaga tubuhmu dari berbagai penyakit terutama kanker yang umumnya dialami oleh wanita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: