Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Gejala dan Penyebab Eksim Kering

Uncategorized

20 Gejala dan Penyebab Eksim Kering

Eksim merupakan salah satu gangguan kulit yaitu terjadinya peradangan pada bagian kulit. Biasanya seseorang yang mengalami eksim akan memiliki kulit yang merah, pembengkakan, dan gatal. Hal tersebut sangatlah mengganggu aktivitas karena membuat tubuh menjadi tidak nyaman. gejala dan penyebab eksim kering sangatlah beragam, namun tidak luput dari pola hidup yang tidak sehat.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi eksim, perlu adanya pengetahuan tentang apasaja hal yang menjadi penyebab timbulnya eksim. Sehingga kamu bisa mencegahnya sejak dini . berikut ini merupakan beberapa informasi tentang gejala danpenyebab eksim kering yang perlu diketahui untuk memudahkan dalam mengatasinya.

Gejala dan Penyebab Eksim Kering, Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim Kering, Hal Penyebab Eksim Kering

Gejala Eksim Kering

1. Gatal muncul pada malam hari
2. Ruam kemerahan 
3. Muncul benjolan kecil dan melepuh
4. Kulit pecah pecah

Selain gejala diatas, anda juga perlu mengetahui penyebab dari penyakit tersebut. Lalu apa saja penyebab eksim kering, Berikut inilah beberapa penyebabnya.

1. Penggunaan kosmetik

Salah satu penyebab eksim kering yang paling utama yakni penggunaan kosmetik yang salah. Berdandan dengan menggunakan kosmetik merupakan hobi setiap wanita, terlebih lagi ketika ingin bepergian agar memiliki tampilan yang menarik, wanita rela mengorbankan banyak waktu. Tapi tidak semua bahan kosmetik aman bagi wajah, bahan kimia yang ditambahkan sering kali dapat menyebabkan timbulnya eksim kering pada daerah wajah.

2. Pemakaian perhiasan imitasi

Penggunaan perhiasan yang bukan asli banyak dipilih orang karena selain memiliki tampilan yang sama dengan perhiasan lainnya. Harga yang jauh di bawah perhiasan asli merupakan penyebab utama perhiasan imitasi masih laris dipasaran. Apabila terus menerus digunakan, maka akan menyebabkan iritasi pada kulit dan mudah untuk menjadi eksim kering pada daerah tersebut.

3. Faktor cuaca

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perubahan cuaca yang cepat akan membuat daya tahan tubuh menurun. Terutama saat cuaca sedang dingin, penderita alergi dingin akan sangat mudah mengalami eksim kering. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut selalu sediakan jaket hangat dan obat – obatan agar eksim kering tidak kembali terjadi.

Loading...

4. Detergen

Detergen yang digunakan pada kulit, juga bisa menimbulkan munculnya eksim kering. Terutama pada wanita yang memiliki kulit sangat sensitif terhadap benda yang mengenainya. Oleh sebab itu setelah mencuci, segera cuci tangan menggunakan sabun agar zat dari detergen tidak dapat menimbulkan gangguan pada kulit.

5. Penggunaan kain wol

Seperti yang kita tahu, kain wol memang merupakan bahan yang sangat bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh di cuaca yang dingin. Namun dibalik kelebihan itu semua kain wol memiliki sifat mudah menyebabkan kulit menjadi gatal. Eskim kering pun dapat dengan mudah terjadi apabila menggunakan kain wol secara terus menerus.

6. Paparan debu

Debu mamang tidak baik untuk kulit karena akan menyebabkan kulit kusam dan tampak tidak sehat. Gangguan kulit seperti eksim kering pun dengan mudah dapat terjadi. Tidak hanya itu, debu yang masuk kedalam hidung juga akan menimbulkan masalah serius pada saluran pernapasan manusia.

7. Pelembab yang salah

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan pelembab pada kulit mereka untuk menjaga kulit tidak kering. Namun penggunaan pelembab yang salah akan menyebabkan kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan kemerahan serta gatal pada bagian kulit yang di lumuri oleh pelembab. Hal ini disebabkan dari kandungan zat kimia berbahaya pada pelembab.

8. Pemakaian parfum

Parfum juga merupakan barang yang berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering serta mudah untuk terkena eksim kering. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang ada dalam parfum bersifat keras sehingga kulit akan mudah terkena infeksi atau iritasi yang dapat berdampak pada peradangan kulit.

9. Paparan asap rokok

Merokok merupakan buruk banyak orang yang masih terus dilakukan. Selain dapat menyebabkan gangguan organ dalam, asap dari rokok juga tidak baik bagi kulit. Hal ini dikarenakan kandungan zat berbahaya dalam asap rokok akan menyebabkan kulit tidak sehat dan berpotensi muncul gangguan berupa eksim.

10. Alergi

Eksim juga bisa disebabkan karena adanya alergi pada tubuh yang merupakan dampak dari produksi histamin yang tidak dimbangi dengan antihistamin. Alergi yang dapat menyebabkan timbulnya eksim bisa karena makanan/ minuman, atau cuaca.

Baca Juga 19 Penyebab dan Gejala Rematik Kaki

6 Penyebab Eksim Kering Pada Kulit Lainnya:

11. Polusi
12. Radikal bebas
13. Berbagi barang pribadi
14. Luka bekas cacar
15. Kelembapan terlalu tinggi
16. Telur

Demikian informasi tentang 20 gejala dan penyebab eksim kering yang perlu kamu tahu. Dengan mengetahui pengetahuan semacam ini, seharusnya kamu bisa lebih menjaga kesehatan dengan mengurangi konsumsi bahan – bahan tersebut untuk mencegah munculnya penyakit eksim pada kulit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top