Connect with us
close

Virtual.co.id

4 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Tubuhmu Mengalami Penyumbatan Pembuluh Darah

Uncategorized

4 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Tubuhmu Mengalami Penyumbatan Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah suatu bagian dari sistem sirkulasi yang berguna untuk mengangkut darah dan oksigen ke seluruh tubuh. pembuluh darah di bagi menjadi tiga jenis, yakni pembuluh arteri, vena dan pembuluh aorta. Apabila terjadi penyumbatan pembuluh darah, harus segera ditangani karena bisa berakibat fatal bagi penderitanya.

Sirkulasi darah dan oksigen akan lancar ke seluruh tubuh, jika pembuluh darah bersih dan sehat. Namun, jika mengalami penyumbatan atau atheclerosis menyebabkan bagian yang tersumbat tidak akan mendapatkan pasokan darah yang cukup. Tentu, bagian tubuh itu tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Misal, terjadi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah di otak, maka otak akan mengalami pusing dan tidak bisa berkonsetrasi.

Pembuluh darah umumnya, tersumbat oleh plak. Sedangkan plak ini adalah tumpukan lemak yang menempel di dinding endotel sehingga menganggu peredaran darah. Jika plak tidak segera dihilangkan, dinding pembuluh darah menyempitan dan tersumbat. Sebelum kamu mengetahui apa saja gejala penyempitan pembuluh darah, lebih baik tahu dulu apa penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa berhati-hati dan menghindarinya. Yuk, simak langsung ulasannya!

Penyebab penyumbatan pembuluh darah

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Diabetes
  3. Merokok
  4. Kolesterol tinggi

Lalu apa sajakah gejala yang dialami seseorang jika terjadi penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh?

Inilah gejala penyumbatan pembuluh darah

Terasa nyeri di bagian kaki

Tanda pertama yang ditunjukkan oleh tubuh adalah rasa nyeri di kaki. Bukan hanya kekurangan vitamin D saja, tapi nyeri di kaki bisa mengindikasikan kalau seseorang mengalami penyumbatan pembuluh darah. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan klaudikasio. Kondisi ini biasa terjadi pada perokok aktif yang belum didiagnosa mempunyai riwayat penyakit jantung koroner. Penanganannya dilakukan dengan cara pemeriksaan lanjut, pengobatan dan diet sehat untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Loading...

Terdapat lipatan pada telinga

Jika kamu melihat ada lipatan diagonal dari ujung cuping sampai lubang telinga, bisa jadi ini sebagai tanda terkena penyakit jantung koroner. Mungkin beberapa orang berpendapat, jika lipatan tersebut adalah tanda dari penuaan. Namun, hasilnya akan berbeda bila dilakukan penelitian dengan teknologi CT scan. Yang menunjukkan kalau lipatan ditelinga terjadi karena seseorang mengalami penyakit jantung. Apabila kamu menemui lipat itu ditelinga, segera periksakan ke dokter.

baca juga : Ketahui Penyakit Thalasemia, Kelainan Genetik Pada Bayi

Kebotakan

Inilah yang paling aneh atau malah banyak yang tidak percaya kalau kebotakan bisa menandakan seseorang terkena penyumbatan pembuluh darah. Tapi, kenyataannya memang seperti itu, yang diperkuat oleh sebuah penelitian yang melibatkan 37ribu laki-laki. Dari studi komperhensif itu ditemukan jika kebotakan yang dialami oleh meraka berhubungan dengan gejala jantung koroner.
Selain itu, penelitian yang dilakukan juga mengungkapkan lebih dari 7000 orang dengan kebotakan ringan hingga akut, mempunyai resiko 2 kali lipat mengalami kematian akibat serangan jantung.

Terganggunya fungsi ginjal

Di dalam tubuh, ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dan mengeluarkan limbah tubuh. Jika terjadi penyumbatan pembuluh darah, membuat nutrisi dan oksigen tidak bisa masuk ke dalam ginjal. Sehingga, organ ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi itu yang memicu munculnya penyakit gagal ginjal yang akhrinya menyebabkan kerusakan di seluruh  tubuh.

Itulah beberapa penyebab serta gejala penyumbatan pembuluh darah. Mulailah gerakan tubuhmu untuk berolahraga dan jangan lupa untuk makan sayur dan buah setiap hari untuk mencegah penyakit ini. Jika mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan doktermu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top