Connect with us
close

Virtual.co.id

4 Gejala dan Diagnosis Sipilis pada Wanita

Uncategorized

4 Gejala dan Diagnosis Sipilis pada Wanita

Sipilis atau dikenal dengan istilah raja singa merupakan salah satu penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh hubungan seks namun banyak pula kasus yang di tularkan akibat penggunaan jarum suntik secara bersama. Gejala sipilis bisa menyerang siapa saja baik itu pria maupun gejala sipilis pada wanita.

Sipilis merupakan penyakit yang tidak tahan di luar tubuh manusia dalam waktu yang sama, oleh sebab itu penyakit ini tidak dapat ditularkan dengan cara menggunakan toilet yang sama dengan penderita sipilis, memegang ganggang pintu yang sama dengan penderita, saling berbagi peralatan makan, menggunakan kolam renang atau kamar mandi yang sama.

Seseorang yang menderita sipilis biasanya gejalanya akan muncul selama 3 minggu setelah bakteri menginfeksi tubuhnya. Gejala sipilis beraneka ragam, dari yang paling ringan hingga yang paling parah. Gejala yang di alami oleh pria ataupun wanita memiliki beberapa perbedaan meskipun tidak begitu mencolok. Berikut ini merupakan beberapa tahapan gejala sipilis pada wanita.

Gejala Sipilis Pada Wanita, Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita, Gejala Infeksi Sipilis Pada Wanita

1. Tahap Primer

Tahap primer ini merupakan tahap permulaan dimana seorang wanita akan muncul luka dimana luka tersebut merupakan tempat awal mula bakteri penyebab sipilis masuk kedalam tubuh. kondisi ini biasanya akan terlihat setelah 3 minggu tubuhnya terjangkit bakteri sipilis. Pada tahap ini sangat dimungkinkan sipilis menular dengan hubungan seksual atau hal lain yang telah di jelaskan sebelumnya. Berikut ini merupakan tahapan primer secara lengkapnya :

– Terdapat luka yang tidak begitu besar pada bagian luar atau bagian dalam kelamin wanita. Luka yang terdapat pada bagian dalam biasanya sulit untuk dideteksi karena tidak menimbulkan efek atau sakit apapun.
– Di sekitar luka biasanya terjadi pembengkakan kelenjar getah bening
– Luka bisa menjalar ke seluruh tubuh
– Luka akan hilang dalam waktu 3 hingga 6 minggu dengan sendirinya namun masih meninggalkan bekas luka yang tipis. Meskipun begitu pada tahap ini masih memungkinkan untuk menularkannya pada orang lain.

2. Tahap sekunder

Pada tahap sekunder ini biasanya seorang penderita akan mengalami ruam – ruam pada sekujur tubuh dalam waktu 2 hingga 12 minggu setelah luka berkembang. Ruam pada tahap ini bisa terjadi pada telapak tangan atau kaki. Dalam tahap sekunder seseorang sangat mungkin untuk menularkan penyakit sipilis kepada orang lain. Gejala tahap sekunder dapat di jelaskan sebagai berikut:

Loading...

– Ruam yang terjadi pada kulit berwarna kecoklatan, padat, kecil, datar, dan terangkat dari permukaan kulat kurang dari 2 cm. Pada tahap ini ruam pada kulit seperti masalah kulit biasa.
– Luka kecil yang terbuka bisa muncul di daerah selaput lendir dan berisi nanah atau lembab seperti kutil.
– Apabila seorang penderita memiliki warna kulit yang gelap, masalah ruam akan muncul dengan warna yang lebih terang daripada kuitnya.

3. Tahap laten

Tahap ini merupakan tahap dimana seseorang penderita tidak mengalami gejala apapun. Tahap ini terjadi setelah seorang penderita terjangkit oleh bakteri penyebab sipilis. Tahap ini biasanya berlangsung satu tahun setelah terjangkit bakteri. Bahkan ada yang mengalaminya setelah 5 hingga 20 tahun. Karena tidak ada gejala yang jelas, diagnosis yang dapat dilakukan untuk membuktikan adanya penyakit sipilis yaitu dengan menggunakan tes darah.

Meskipun tidak ada gejala yang cukup serius pada tahap ini. masih sangat mungkin menularkan penyakit tersebut terhadap orang lain yang berhubungan secara langsung dengan penderita terutama berhubungan seksual.

4. Tahap akhir

Tahap akhir merupakan tahapan dimana seseorang sangat mudah ditularkan kepada orang lain. Pada tahap ini pula akan menyebabkan penderita mengalami kematian apabila tidak segera diobati dengan tepat.

Baca Juga 7 Cara Mudah Mencegah Cacar Menyebar Cepat Paling Ampuh

Itulah 4 tahap gejala sipilis pada wanita yang perlu kamu tahu. Perlu adanya penanganan secara cepat dan tepat setelah tubuh terinfeksi oleh bakteri penyebab sipilis ini. Dengan pengobatan yang sesegera mungkin tentu tidak akan menyebabkan efek yang dapat mematikan penderitanya. Diagnosis dan pengobatan secara dini juga diperlukan agar penyakit tersebut tidak menular kepada orang – orang disekitarnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top