Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Gejala Usus Luka yang Umum Terjadi

Uncategorized

13 Gejala Usus Luka yang Umum Terjadi

Gejala usus luka merupakan salah satu kelainan usus yang diakibatkan oleh terjadinya gesekan, sobekan atau sayatan yang mampu menyebabkan peradangan pada usus. Biasanya usus luka disebabkan oleh serangan bakteri atau virus akibat gaya hidup dan kebiasaan buruk dalam mengonsumsi makanan.

Jenis dari usus luka sangatlah beragam, ada yang hanya luka pada bagian usus besar atau kolon ada juga yang mengalami peradangan pada semua sistem pencernaanya. Penting adanya edukasi tentang gejala usus luka sejak dini agar pengobatan dokter dapat segera dilakukan agar kondisinya tidak semakin parah. Berikut ini merupakan beberapa gejala usus luka yang dapat menjadi acuan kamu apakah mungkin terkena usus luka.

Gejala Usus Luka, Gejala Penyakit Usus Luka, Dampak Gejala Usus Luka

1. Tidak nafsu makan

Salah satu gejala usus luka yang biasanya sangat nampak terjadi pada penderitanya akan menjadikan nafsu makannya menurun. Padahal porsi makan yang cukup sangatlah dibutuhkan sebagai asupan energi untuk melakukan aktivitas sehari – hari. apabila poris makan seseorang kurang, akan menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh karena jumlah energi yang dibutuhkan tidak sesuai dengan jumlah makanan yang di serap oleh tubuh.

2. Kram perut

Kram perut memang bisa terjadi karena tidak melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga atau aktivitas berat lainnya. Namun hal tersebut tidak boleh dianggap remeh apabila terjadi secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Bisa saja hal itu terjadi karena adanya luka pada bagian usus. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi akan menyebabkan peradangan yang sangat berbahaya.

3. Sakit kepala

Banyaknya pikiran atau terlalu sering stress merupakan penyebab utama datangnya sakit kepala. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini juga terjadi karena hal lain seperti adanya gangguan pada salah satu organ tubuh. Usus yang mengalami luka bisa juga berpengaruh terhadap seringnya sakit pada kepala.

4. Mual dan muntah

Tidak heran lagi bahwa seseorang yang memiliki gangguan kesehatan pada ususnya seperti usus luka akan menyebabkan tubuh akan merespon atau memberikan reaksi berupa muntah dan mual. Hal ini sangatlah mengganggu karena datangnya secara tiba – tiba. Apalagi jika sedang dihadapan orang lain bisa di anggap jorok.

Loading...

5. Dehidrasi

Luka pada usus, menyebabkan kekebalan tubuh berusaha untuk mengatasi masalah tersebut untuk menyembuhkannya. Karena tubuh dipaksa bekerja secara ekstra sehingga cairan dalam tubuh akan berkurang dengan sangat cepat. Kekurangan cairan tubuh tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

6. Lemas

Lemas yang biasanya di alami oleh penderita usus luka dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya yaitu karena nafsu makan yang rendah sehingga akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitas.

7. Terserang diare

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi pada siapa saja. Penyebab seseorang mengalami diare dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti bakteri, virus, atau hal lain yang dapat menimbulkan gangguan pada bagian alat pencernaan. Tidak banyak yang tahu bahwa diare juga merupakan salah satu gejala usus luka sehingga banyak orang yang meremehkan apabila terserang diare.

8. Kesulitan buang air besar

Buang air besar merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh seseorang untuk menjaga sistem pencernaan berjalan dengan normal. Namun apabila Anda kesulitan untuk buang air besar akan sangat mengganggu. Salah satu penyebab seseorang mengalami kesulitan buang air besar salah satunya karena terjadi gangguan pada usus seperti adanya iritasi atau terlalu berlebihan dalam penyerapan air di makanan.

9. Demam dan meriang

Salah satu akibat yang ditimbulkan dari iritasi pada usus yaitu akan menyebabkan tubuh memberikan reaksi berupa meningkatkan suhu tubuh atau hal ini sering disebut dengan istilah demam. Apabila demam sering terjadi, maka jangan segan – segan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

10. Penurunan berat badan

Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang mengalami usus luka akan menjadikannya tidak nafsu makan. Otomatis tubuh akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal tersebut berbeda halnya dengan keinginan orang untuk menurunkan berat badan karena untuk menunjang penampilan.

Baca Juga 24 Cara Melakukan Perawatan Bisul Alami dan Medis

3 Gejala Usus Luka Lainnya:

11. Mudah lelah
12. Nyeri pada perut
13. Susah tidur

Itulah informasi tentang gejala usus luka yang perlu kamu tahu. Memang gejala gejala yang ditkmbulkan mirip dengan adanya penyakit biasa. Namun kamu harus selalu mengecek kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh secara pasti.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top