Connect with us
close

Virtual.co.id

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Uncategorized

Hindari 7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Baik disadari atau tidak kita melakukan kebisaan buruk setelah makan. Padahal kebisaan-kebiasaan tersebut membuat tubuh tidak ternutrisi dengan baik. Makanan yang kita asup setiap hari bertujuan untuk menghasilkan energi sehingga tubuh tetap sehat dan kuat dalam beraktivitas.

Jika tubuh tidak mempunyai cukup energi, maka dapat cepat lelah, mengantuk dan mudah terserang penyakit. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari setelah makan karena mungkin hal itu membahayakan tubuhmu. Simaklah ulasan berikut ini untuk mengetahui tindakan apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan setelah selesai makan.

Inilah 7 kebisaan buruk setelah makan

Berikut beberapa kebisaa buruk yang harus kamu hindari setelah makan diantaranya adalah :

Merokok
Bagi para perokok, mulai sekarang jangan merokok sesaat setelah makan. Para pakar kesehatan sudah memperingatkan perokok agar tidak merokok sehabis makan. Karena setiap batang rokok yang kamu hisap baru setelah selesai makan, 10 kali lebih berbahaya ketika masuk ke peredaran darah.

Hal itu karena sistem pencernaan sedang aktif bekerja, sedangkan nikotin akan mengikatnya dalam oksigen darah. Itulah mengapa merokok termasuk kebisaan buruk setelah makan. Berilah selang 2-3 jam setelah makan jika mau merokok atau setelah makan tercerna dengan baik.

Konsumsi buah
Buah adalah kebiasaan yang harus dihindari setelah makan karena menyebabkan tubuh kelebihan gas. Kemudian gas tersebut bisa menjadi racun atau membusuk pada sistem pencernaan. Makan buah sehabis makan juga bisa membentuk selulit. Cara mengkonsumsi buah yang paling efektif yaitu ketika perut masih kosong.

Loading...

Minum teh
Ada pendapat yang mengatakan kalau teh mampu melancarkan pencernaan, tapi anggapan itu salah. Yang sebenarnya adalah teh malah memperlambat proses pencernaan dalam tubuh. Itu alasannya minum teh termasuk dalam kelompok kebisaan buruk setelah makan. Terlebih lagi penderita anemia, disarankan agar tidak minum teh setelah makan setidaknya 1 jam.

Berenang
Kebisaan buruk setelah makan besar selanjutnya yakni berenang. Renang memang baik untuk kesehatan tubuh terutama melatih otot-otot. Air biasanya akan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Namun, jika setelah makan besar semua darah masuk ke pencernaan. Sedangkan tubuh membutuhkannya untuk aktivitas renang. Perubahan suhu yang mendadak ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Latihan
Kebiasaan yang harus dihindari setelah makan diantaranya adalah olahraga atau peregangan. Jangan lakukan peregangan khusunya di bagian pinggang. Sebab, bisa mengakibatkan usus mencerna makanan lebih lambat dan usus melilit.

baca juga : Ketahui Jadwal Kerja Organ Tubuh Manusia Selama 24 Jam

Kegiatan fisik
Setelah kamu makan besar, sebaiknya jangan melakukan aktivitas fisik. Diamlah sejenak beberapa menit sampai makanan dicerna oleh tubuh. Kegiatan fisik setelah makan bisa memblokir sistem pencernaan dan menghentikan penyerapan nutrisi dalam makanan.

Tidur
Orang tua pasti melarangmu tidur sesaat setelah makan dan memang itu kebiasaan buruk setelah makan yang harus kamu hindari. Ketika kamu tidru, tubuh dan semua sistemnya akan bekerja lambat termasuk pencernaan makanan. Bahkan posisi tubuh merebah meski kamu tidak tidur juga berbahaya bagi lambung dan cairan pencernaan. Karena bisa menaikkan asam lambung dan mengakibatkan berbagai penyakit.

Itulah kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah makan. Sehabis makan sebaiknya kamu istirahat tapi tidak tiduran. Cukup duduk santai sambil minum air putih dan jangan lupa mencuci piring. Itu termasuk kebiasaan yang harus dilakukan sehabis makan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top