Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Jenis Jenis Kista yang Wajib Kamu Tahu

Uncategorized

9 Jenis Jenis Kista yang Wajib Kamu Tahu

Kista hingga saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti namun sering diremehkan oleh penderitanya. Penyakit kista sebenarnya adalah kantung atau kapsul yang berukuran kecil atau besar yang biasanya terdapat pada bagian tubuh tertentu termasuk kulit. Sangat banyak jenis jenis kista yang sering terjadi pada manusia dan harus dihindari.

Kista biasanya menjadi bagian tambahan yang lunak pada kulit karena mengandung cairan dan material setengah padat. Penyakit kista yang menjangkiti seseorang biasanya tidak menimbulkan efek samping yang terlalu tampak hingga akhirnya baru sadar ketika ukurannya sudah besar. berikut ini merupakan jenis jenis kista yang wajib kamu tahu.

Jenis Jenis Kista, Jenis Jenis Penyakit Kista, Jenis Jenis Kista Berbahaya

1. Kista ginjal (kisla solitary)

Salah satu jenis jenis kista yaitu kista ginjal yang biasanya banyak terjadi pada seseorang yang telah dalam masa usia lanjut. Meskipun tidak begitu berbahaya pada awalnya karena kista ginjal tidak memiliki sel kanker. Namun apabila dibiarkan akan menyebabkan penyakit ginjal yang mematikan. Banyak peneliti yang masih belum tahu secara pasti apa penyebab dari kista jenis ini. Namun banyak orang yang mengaitkan karena ditimbulkan oleh penyakit jantung.

2. Kista serviks (Kista Nobothian)

Kista ini biasanya berada di bagian leher rahim dan juga tidak mengandung sel kanker. Kista ini muncul pertama dengan ukuran kecil kemudian membesar seiring berjalannya waktu. Karena tidak memiliki sel kanker kista ini tidak berisiko menyebabkan kanker sehingga mudah untuk ditangani. Kista seviks ditimbulkan oleh kelenjar lendir yang tersumbat sehingga cairan menumpuk di bagian tersebut.

3. Kista vagina

Kista vagina atau sering di sebut dengan kista Bartholin merupakan jenis kista yang muncul di daerah Bartholin. Kista ini memang berada pada saluran vagina sebagai cairan pelumas bagi vagina. Kista ini terkadang hanya muncul pada satu bagian kelenjar namun banyak pula yang muncul di kedua kelenjar. Kista ini akan terlihat berwarna merah lembut pada daerah pembukaan vagina.

4. Kista payudara

Kista ini biasanya berbentuk sesuatu yang padat pada bagian payudara. Kista ini bersifat jinak dan tidak memberikan efek apa – apa serta tidak berpotensi menjadi kanker. Kista ini berisi cairan dan padatan yang dapat terjadi pada satu atau dua buah payudara. Bentuk dari kista sendiri sangat bermacam – macam, mulai dari bulat, oval, dan tepi tidak rata.

Loading...

5. Kista ovarium

Kista ovarium merupakan jenis kista yang berisi cairan dan terletak pada permukaan ovarium. Biasanya kista ini akan hilang sendirinya setelah melewati 2 hingga3 kali masa mesntruasi. Seseorang yang menderita kista jenis ini akan merasakan sakit atau nyeri pada daerah bagian bawah panggul. Banyak orang yang dapat melakukan penyembuhan kista ini tanpa melakukan perawatan apapun.

6. Kista Bakers

Kistabaker’s merupakan salah satu jenis kista yang berisi kantung cairan dan terletak di bawah tekukan lutut. Akibat dari seseorang yang memiliki kista ini yaitu gerakan pada sendi lutut menjadi terbatas dan sulit untuk digerakkan. Bila kondisi ini terus dibiarkan maka akan menimbulkan bengkak dan rasa sakit yang parah.

7. Kista ganglion

Kista ini sangat mudah muncul di daerah pergelangan tangan atau pada bagian lainnya yang mudah untuk mengalami ganglion. Penyakit ini disebabkan karena seseorang pernah mengalami cedera atau trauma pada bagian tersebut sehingga sendi mengeluarkan cairan yang berlebihan dan menumpuk pada rongga kecil di dekat sendi.

8. Kista Sebaceaous

Kista yang satu ini biasanya muncul di berbagai permukaan kulit. Hal ini biasanya disebabkan oleh produksi minyak pada kulit yang terlalu berlebihan dan menumpuk pada satu bagian sehingga menimbulkan kista.

9. Kista epidermoid

Kistaepidermoid merupakan jenis kista lainnya yang muncul di permukaan kulit dan seolah – olah berbentuk daging yang tumbuh. Kista ini dapat disebabkan karena penumpukan keratin pada bagian kulit tersebut.

Baca Juga 14 Langkah Pertolongan Pertama Epilepsi yang Wajib Kamu Tahu

Itulah 9 jenis jenis kista yang wajib kamu tahu. Dengan membaca informasi tersebut, diharapkan dapat mencegah penyakit yang satu ini. meskipun tidak terlalu berbahaya, kista akan dapat mengganggu atau membatasi gerakan sehingga menjadi tidak lincah.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top