Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Jenis Makanan Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Jenis Makanan Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini sudah banyak jenis makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh yang akan mengganggu kesehatan Anda jika dikonsumsi. Makanan menjadi sebuah hal yang wajib Anda penuhi untuk keluarga karena merupakan bagian dari hal yang pokok dalam hidup selain sandang dan papan. Ada ribuan jenis makanan yang dapat Anda konsumsi, mulai dari makanan yang berasal dari sayuran, buah-buahan, maupun olahan lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu tentang jenis makanan yang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Apalagi harga makanan yang melambung tinggi membuat banyak oknum mencampurkan zat kimia berbahaya agar mendapatkan keuntungan dari penjualan makanan yang mereka jual. Ada pula jenis makanan tertentu yang tidak bisa Anda campurkan dengan makanan lainnya karena akan menimbulkan gejala penyakit jika dikonsumsi tubuh.

10 Jenis Makanan Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak terjangkit banyak penyakit, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Es yang ditambah zat sakarin

Penyuka es tidak hanya datang dari anak-anak saja, namun juga orang dewasa. Konsumsi es yang segar menjadi salah satu makanan yang paling dicari. Namun saat ini banyak olahan es yang dicampur dengan zat sakarin. Zat yang kimia perasa manis.

2. Daging olahan

Berbagai macam daging olahan dalam kemasan seperti sosis, kornet dan yang lainnya bukanlah jenis makanan yang perlu Anda konsumsi setiap hari. Kandungan pengawet di dalamnya dapat membahayakan tubuh. Pilihlah daging segar langsung untuk dikonsumsi.

3. Makanan dengan campuran boraks

Boraks adalah jenis zat pengawet yang digunakan untuk bahan campuran sabun dan pengawetan kayu. Bayangkan jika Anda mengonsumsi jenis makanan seperi bakso yang mengandung boraks. Tubuh Anda akan mudah diserang penyakit.

Loading...

4. Campuran makanan dengan formalin

Selain boraks, jenis makanan tertentu juga sering dicampur dengan zat formali. Zat ini adalah zat kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Sudah jelas jika ada ikan maupun tahu yang dicampur formalin akan membuat tubuh Anda mengalami gangguan kesehatan.

5. Makanan dengan bahan pewarna kimia

Sudah banyak ditemukan jenis makanan terutama yang berupa kue dan roti dengan kandungan pewarna kimia di dalamnya. Padahal pewarna tersebut digunakan dalam kegiatan pewarnaan tekstil seperti kain dan juga baju.

6. Campuran makanan dengan MSG

MSG sering disebut juga sebagai bahan tambahan untuk berbagai jenis masakan. Penambahan ini akan membuat makanan yang Anda olah menjadi lebih gurih dan sedap. Namun penggunaan MSG di setiap makanan tidaklah dianjurkan.

7. Gorengan dengan plastik

Banyak oknum penjual gorengan nakal yang mencampur gorengan yang mereka jual dengan plastik. Plastik ini diberikan ketika gorengan tersebut sedang digoreng. Padahal plastik merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk pencernaan.

8. Beras plastik

Tidak hanya gorengan saja yang menggunakan bahan plastik sebagai bahan campuran, namun juga makanan pokok Anda yaitu beras. Beras plastik akan mengganggu kesehatan pencernaan dan organ tubuh lainnya.

9. Olahan kerupuk dengan bahan lilin

Hampir sama seperti gorengan yang menggunakan plastik, beberapa penjual kerupuk mencampurkan bahan lilin dalam kerupuk yang mereka jual. Hal ini bertujuan agar kerupuk lebih tahan lama.

10. Daging glonggongan

Jenis daging glonggongan merupakan daging yang dihasilkan dari hewan yang tidak dirawat dengan baik, namun dipaksa untuk meminum air dalam jumlah banyak agar telihat gemuk. Dagingnya pun menjadi sumber penyakit yang berbahaya jika Anda konsumsi.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Telur Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang jenis makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top