Connect with us
close

Virtual.co.id

Jenis Makanan Dan Minuman Penyebab Kanker

Uncategorized

Jenis Makanan Dan Minuman Penyebab Kanker

Jenis makanan dan minuman penyebab kanker. Kanker adalah penyakit yang tidak mengenal status sosial dan dapat manyerang siapa saja dan muncul akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dalam perkembangannya. Sel kanker berbahaya karena dapat menyebabkan kematian baik secara langsung maupun tidak langsung. Sel kanker tumbuh dengan cepat, sehingga sel kanker menjadi besar dari sel-sel yang lain. Sel kanker menyusup ke jaringan sehat sekitarnya.

Disamping itu, sel kanker dapat menyebar ( metastasis ) ke bagian alat tubuh lainnya yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening sehingga tumbuh kanker baru di tempat lain. Penyeberan sel kanker ke jaringan sehat pada alat tubuh lainnya dapat merusak alat tubuh tersebut sehingga fungsi alat tersebut menjadi terganggu. Lama-kelamaan apabila sel kanker tidak di obati akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Jenis Makanan Dan Minuman Penyebab Kanker
Loading...

Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menjadi faktor risiko kanker adalah sebagai berikut:

  1. Makanan yang saat pengolahannya diasap atau dilakukan pembakaran. Orang yang mengkonsumsi makananan ini akan terkontaminasi zat/ senyawa yang bernama karsinogen. Zat karsinogen adalah pemicu timbulnya kanker dan pengonsumsian makanan ini meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.
  2. Minuman yang mengandung alkohol akan menyebabkan naiknya resiko terserang kanker kerongkongan atau lambung.
  3. Makanan dan minuman yang banyak mengandung zat pewarna dan bahan tambahan pangan (BTP) lainnya meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker lambung, kanker kolon, kanker hati, dan kanker pankreas.
  4. Makanan dan minuman yang mengandung logam berat seperti merkuri. Makanan ini biasanya merupakan hasil laut seperti kerang dan ikan. Hal ini merupakan dampak dari pencemaran lingkungan yang terjadi di laut. Pengonsumsian makanan mapun minuman yang tercemat logam berat akan meningkatkan resiko terjadinya kanker kolon dan kanker ginjal.
  5. Makanan Goreng. Memasak dengan cara digoreng meningkatkan zat karsinogen yang dapat memicu kanker.
  6. Makanan dan minuman yang mengandung bahan kontaminan seperti aflatoxin, dioksin, melamin, dll meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker paru, kanker perut, kanker ginjal, kanker rektum, kanker kolon, dan kanker hati. 
  7. Mengkosumsi makanan yang sudah agak basi. 
  8. Berbagai makanan yang terbuat dari tepung murni dan berasa manis atau dari daging yang diproses secara berlebihan, misal daging olahan, sosis, kornet, dan daging olahan lain yang berwarna merah meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker prostat, kanker kolorektal, dan kanker pancreas

Pencegahan agar tidak terkena penyakit kanker adalah:

  1. Menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol.
  2. Saat memasak tidak usah ditambah dengan MSG.
  3. Kurangi mengkonsumsi snack atau makanan cepat saji, karena makanan tersebut banyak mengandung zat pewarna maupun zat pengawet.
  4. Konsumsi buah dan sayur, sebelum dikonsumsi, buah dan sayur dicuci dengan air mengalir agar pestisida larut dalam air.
  5. Kurangi makanan goreng-gorengan, atau sebaiknya dimasak dengan cara dikukus saja.
  6. Terapkan 4 sehat 5 sempurna dan olahraga secara teratur.

Semoga artikel tentang Jenis makanan dan minuman penyebab kanker ini bermanfaat bagi pembaca maupun keluarga anda.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top