Connect with us
close

Virtual.co.id

Jenis Makanan yang Membersihkan Pembuluh Darah (Arteri dan Vena)

Uncategorized

Jenis Makanan yang Membersihkan Pembuluh Darah (Arteri dan Vena)

Mengetahui jenis makanan yang membersihkan pembuluh darah baik arteri maupun vena adalah hal yang penting. Karena bisa mencegah penyumbatan ataupun penyempitan pembuluh darah dan juga pecahnya pembuluh darah. Jika pembuluh darah tidak sehat dan mengalami penyumbatan, bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.

Nutrisi mempunyai paran penting bagi kesehatan tubuh untuk lebih baik ataukah buruk, tergantung kondisi tubuh. Ada beberapa unsur makanan yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, gangguan sirkulasi darah dan penyakit kardiovaskular lainnya. Namun, disisi lain juga ada makanan yang dapat membantu untuk mencegah berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Menurut penelitian, arteriosclerosis termasuk salah satu penyakit yang menyebabkan kematian paling banyak di seluruh dunia setiap tahun. Kondisi ini sangat serius , dapat membuat penderita mempunyai daya tahan tubuh lemah, rentan infeksi dan penyakit lainnya. Selain arteriosclerosis atau penyumbatan arteri, yang tak kalah bahaya adalah penyumbatan pembuluh vena. Tersumbatnya pembuluh vena bisa membuat penderitanya mengalami penyakit jantung dan arteri.

Untuk itu, sangat perlu melakukan pola makan sehat setiap hari untuk mencegah segala jenis penyakit pembuluh darah. Ketahui jenis makanan yang membersihkan pembuluh darah yang kami ulasan berikut ini.

Jenis makanan yang membersihkan pembuluh darah 

Bawang putih
Salah satu bumbu dapur yang mempunyai banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan adalah bawang putih. Bawang putih termasuk makanan yang membersihkan pembuluh darah karena mengandung sifat antioksidan yang tinggi. Zat tersebut mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan keolesterol baik. Dengan begitu, peradaran darah menjadi lancar dan terhindar dari hipertensi.

Oatmeal
Para ahli merekomendasikan oatmeal untuk sarapan karena, selain baik untuk sistem pencernaan juga bisa memberikan energi sepanjang hari. Beberapa manfaat jika kamu mengkonsumsi oatmeal secara rutin, diantaranya mengurangi kolesterol yang menempel pada dinding arteri. Sehingga, menjauhkanmu dari penyakit srteriosclerosis, masalah jantung dan stroke.

Loading...

Apel
Kandungan zat pektin di dalam apel bisa mengontrol kolesterol, ditambah lagi memiliki flavonoid yang dapat mengurangi resiko terhadap penyakit jantung. Dengan kandungannya itu membuat apel termasuk makanan yang bisa membersihkan pembuluh arteri dan vena.

Ikan
Lemak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang disebut juga sebagai lemak baik. Lemak tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk membuka penyumbatan pembuluh darah. Ikan yang paling banyak mengandung omega-3 adalah ikan salmon, mackerel, sarden, tuna, trout dan herring.

Kunyit
Salah satu kandungan utama kunyit adalah curcumin yang sangat bagus untuk melindungi jantung. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan di dalam kunyit bisa mencegah kerusakan pembuluh darah arteri, umumnya tentang penyumbatan.

Bayam
Makanan pembersih pembuluh darah selanjutnya adalah bayam. Kandungan vitamin A dan C di dalam bayam dapat mencegah oksidasi kolesterol dan masalah yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga termasuk makanan pembersih pembuluh darah. Fungsinya adalah untuk merangsang pembersihan pembuluh darah di dalam tubuh. Selain itu, juga mengandung lema tak jenuh dan asam lemak omega-3 sehingga sangat tepat untuk membersihkan pembuluh darah. Beberapa kacang-kacangan terbaik untuk kesehatan arteri yaitu hazelnut, kacang dan almond.

Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun termasuk asupan lemak tak jenuh yang bisa mengkosidasi dan mencegah kolesterol yang menempel pada dinding arteri. Kamu bisa mengkonsumsi minyak zaitun dengan menambahkannya ke masakan favoritmu.

baca juga : Ketahui Penyebab Pembuluh Darah Pecah di Otak

Tomat
Bahan makanan yang bisa membersihkan pembuluh darah berikutnya adalah tomat. Tomat merupakan sumber lycopene yang bertindak sebagai antioksidan yang mencegah menempelnya kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat setiap hari dapat mengurangi resiko terbentuknya plak pada dinding arteri.

Buah delima
Telah terbukti secara ilmiah, jika jus delima mempunyai kadar antioksidan yang tinggi dari jus buah lainnya (blueberry, bleckberry dan jus jeruk). Menurut studi yang diujikan oada tikus, jus delima terbukti sangat baik dalam mengobati arteri yang rusak atau arteriosklerosis. Sehingga, sangatlah tepat jika delima termasuk makanan yang membersihkan pembuluh darah.

Semangka
Selain lezat, semangka termasuk makanan pembersih pembuluh darah lainnya. Buah ini bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan asam amino L-citrulline pada semangkan dapat menjaga arteri dengan cara menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. Sama seperti delima, semangkan juga merangsang produksi nitrat oksida yang meningkatkan kesehatan arteri.

Itulah beberapa makanan yang membersihkan pembuluh darah. Mulai sekarang, usahakan untuk mengkonsumsi makanan-makanan itu setiap hari dan lakukan pola hidup sehat lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top