Connect with us

Virtual.co.id

Jenis Makanan yang Tidak Pernah Dikosumsi Oleh Ahli Nutrisi

Uncategorized

Jenis Makanan yang Tidak Pernah Dikosumsi Oleh Ahli Nutrisi

Dengan mengetahui jenis makanan yang tidak pernah dikonsumsi ahli gizi, kamu akan lebih waspada dan tidak sembarangan makan. Para pakar nutrisi membagi beberapa daftar yang nampaknya lezat dan nikmat, tapi nyatanya tidak. Kalau berbicara tentang makanan akan memicu banyak perdebatan diantaranya mengenai sehat atau tidaknya makanan itu.

Tentu hal tersebut menimbulkan kerancuan bagi masyarakat awam yang tidak mengerti jelas akan nutrisi dan gizi. Sebagai orang awam biasanya kita hanya mendengarkan saran orang lain atau dokter untuk mengkonsumsi sesuatu yang menyehatkan. Namun, hanya tahu makanan apa saja yang baik dikonsumsi tanpa mengerti kandungan gizinya dapat menjadikan sebuah kekeliruan.

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi asupan makanan untuk tubuh. Mulai dari golongan darah, kondisi tubuh dan lain sebagainya. Tapi, tak ada salahnya jika kita belajar mengenai kandungan nutrisi di dalam makanan sehingga pakar kesehatan tidak mau mengkonsumsinya.

Nah, belum lama ini para ahli nutrisi menunjukkan beberapa daftar makanan yang tidak pernah mereka konsumsi. Pastinya hal ini didasari dengan alasan ilmiah bagi kesehatan tubuh. Berikut daftar makanan yang tidak pernah dikonsumsi ahli nutrisi yang dilansir dari News.co.au!

Inilah daftar makanan yang tidak dimakan para pakar nutrisi

Sirum malt beras
Masyarakat menganggap bahwa sirup malt beras jauh lebih baik daripada gula. Namun, ternyata sirup ini adalah gula lembut dan halus berasal dari tepung berang atau tepung yang mengandung enzim dan dengan GI dari 98. Itulah mengapa label yang manyatakan “lebih sehat dari gula” pada produk ini di pertanyakan.

Perlu kamu ketahui campuran gula sirup malt beras terdapat 3% glukosa, 45% maltosa dan 52% maltotriosa. Walaupun sirup ini tanpa fruktosa bukan berarti bebas kalori. Jadi, efeknya masih sama dengan sirup biasa.

Loading...

Air kelapa
Sering diyakini sebagai minuman menyehatkan, tapi air kelapa termasuk daftar makanan yang tidak pernah dikonsumsi ahli nutrisi. Alasannya apa ya? Meski air kelapa bisa menjaga tubuh dari dehidrasi, tetapi sebenarnya mengandung 18g atau setara dengan 4 sdt gula per 250ml.

Air kelapa mampu menghidrasi tubuh dengan baik adalah karena kaya akan kalium alami. Tapi, air putih tetap menjadi pilihan yang lebih baik dan dianjurkan untuk diminum setiap hari. Terkecuali kamu seorang atlet.

Mie instan
Semua orang pasti setuju bisa mie instan dianggap sebagai solusi tepat saat perut lapar. Sebab, selain mudah dibuat, rasanya pun nikmat. Mie ini juga termasuk dalam daftar makanan yang tidak pernah dikonsumsi ahli nutrisi. Dan merupakan salah satu makanan kurang serat, tapi masih relatif aman bagi tubuh.

Kandungan  20g lemak dan 60g karbohidrat olahan membuat mie instan menjadi makanan yang sangat tidak sehat. Belum lagi ditambah dengan MSG, beberapa zat aditif lain dan minyak yang berkualitas buruk di dalamnya. Tentu mie instan bukan makanan yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

baca juga : Alasan Mengapa Harus Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Minuman yang berlabel “diet”
Banyak sekali minuman ringan yang beredar dipasaran yang diberikan label “diet”. Minuman ini memang tidak mengandung gula, tapi bukan berarti tanpa pemanis buatan. Terlebih lagi sudah banyak pembuktian kalau mengkonsumsi pemanis buatan bisa memberikan asupan kalori berlebih pada tubuh.

Selain itu ada beberapa kekhawatiran lain atas bahan pengawet yang dipakai dalam minuman ringan berlaber diet ini. Sehingga, tidaklah tepat dianggap sebagai minuman sehat.

Itulah beberapa daftar makanan yang tidak pernah dikonsumsi para ahli nutrisi. Terdapat kandungan gizi yang bertolakbelakang terhadap kesehatan tubuh. Sebaiknya, kamu pertimbangkan lagi untuk memakannya setiap hari, konsultasikan kepada dokter bila perlu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: