Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Jenis Minuman Penambah Ion Tubuh yang Terbaik untuk Dikonsumsi

Uncategorized

11 Jenis Minuman Penambah Ion Tubuh yang Terbaik untuk Dikonsumsi

Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh bisa sangat berbahaya bagi kesehatan jika tidak segera ditangani. Memberi asupan minuman penambah ion akan segera mengembalikan cairam tubuh. Saat ini mudah mendapatkan minuman penambah ion buatan pabrik yang dijual di toko atau swalayan. Namun sebenarnya minuman penambah ion ini dapat Anda buat sendiri dari bahan-bahan alami di sekitar kita.

11 Jenis Minuman Penambah Ion Tubuh yang Terbaik untuk Dikonsumsi

Berikut 11 minuman penambah ion tubuh paling cepat dan aman.

1. Air kelapa

Selain nikmat dan menyegarkan mineral yang terkandung dalam air kelapa sangat mirip dengan cairan tubuh. Kadar kalori yang cukup tinggi, vitamin C, kalium, kalsium, zat besi dan glukosa menjadi nutrisi yang lengkap untuk menggantikan ion tubuh yang hilang. Meminum air kelapa akan memperlancar proses metabolisme dan menghilangkan racun dalam tubuh.

2. Jus jeruk

Buah yang satu ini memang dikenal kaya akan vitamin C. Vitamin ini diperlukan sebagai zat antioksidan dan penangkal radikal bebas. Karena termasuk jenis vitamin yang mudah larut dalam air, vitamin C dalam sari buah jeruk akan mudah diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi jus jeruk secara rutin setiap hari akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi sekaligus meningkatkan sistem imunitas.

3. Jus lidah buaya

Tanaman lidah buaya atau aloevera sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat. Jus daging lidah buaya mengandung mineral yang baik jika dikonsumsi. Dalam 100 gram lidah buaya mengandung 186 mg fosfor, 86 mg kalsium, 0,8 zat besi dan beberapa nutrisi mineral lainnya. Tingginya kadar mineral tersebut dapat menjadi pembentuk ion tubuh dengan cepat. 

4. Jus markisa dan madu

Buah markisa yang terasa asam namun menyegarkan juga mampu menjadi bahan minuman penambah ion tubuh yang cepat. Buah dari tanaman merambat ini memiliki mineral yang juga cukup baik seperti vitamin A, vitaminC, potasium, magnesium, fosfor dan lain sebagainya. Tambahan madu akan menambah nikmat minuman ini sekaligus melengkapi manfaatnya bagi kesehatan. 

Loading...

5. Jus apel, daun seledri dan lemon

Anda dapat membuat minuman sehat dari campuran beberapa bahan sepeti buah apel, daun seledri dan air perasan lemon. Perpaduan dari tiga bahan alami ini akan menghasilkan minuman kaya nurisi dan menyegarkan tubuh. Saat dirasa dehidrasi mulai melAnda, konsumsi minuman ini maka dijamin dehidrasi Anda akan segera terobati.

6. Jus sari kacang merah dan madu

Asam amino, protein, zat besi, vitamin A, dan B1 dalam sari kacang merah juga bisa menjadi alternatif pilihan pengganti ion tubuh yang hilang. Blender kacang merah yang telah direbus kemudian tambahkan sedikit madu adalah cara membuat minuman ini. Selain menyegarkan campuran madu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Jus jambu biji, manga dan susu

Bosan dengan jus buah yang itu itu saja.  Anda dapat memadukan dua buah ini untuk memperoleh rasa dan unik dan menyehatkan tentunya. Minuman jus perpaduan jambu biji, manga dan tambahan susu akan menghasilkan rasa yang tidak biasa. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya pun akan semakin kaya. Hasilnya tubuh akan lebih berenergi dan jauh dari dehidrasi.

8. Jus alpukat dan susu

Buah alpukat terkenal memiliki kalori yang lebih tinggi dibanding buah lainnya. Selain lemak dan protein buah alpukat juga memiliki kandungan mineral kalium dan magnesium. Tambahan susu pada minuman ini akan melengkapi mineral kalsium di dalamnya. Mineral-mineral itulah yang nantinya akan menjadi pengganti ion tubuh yang hilang.

9. Susu coklat

Kebiasaan minum dua gelas susu coklat setiap hari cukup untuk memenuhi nutrisi tambahan yang diperluan tubuh. Kalsium, protein, dan lemak dalam susu akan berpadu dengan glukosa, magnesium, dan zat besi dalam coklat menghasilkan minuman yang memiliki mineral esensial. Tubuh yang lemas karena hilangnya ion tubuh dapat segera pulih dengan minum susu coklat.

10. Kopi dan teh

Kopi atau teh hangat dapat menambah semangat dan meningkatkan konsentrasi. Senyawa dalam teh dan kopi mampu menstimulasi tubuh untuk mengahasilkan energi dengan segera. Namun jangan berlebihan, karena zat kafein dalam kopi dan teh juga bisa membahayakan kesehatan.

11. Air purih

Air putih adalah minuman penambah ion paling mudah di dapat. Kebiasaan minum air putih delapan gelas setiap hari akan mampu menjaga stabilitas cairan ion tubuh. Air putih paling aman dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Baca Juga: 11 Bahaya Konsumsi Teh Basi untuk Kesehatan dan Tubuh

Minuman penambah ion merupakan jenis minuman yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat akativitas sehari-hari. Bebrapa minuman penambah ion di atas dapat menjadi pilihan. Tetap jaga kestabilan cairan ion tubuh agar kesehatan tidak terganggu.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top