Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Jenis Olahraga untuk Lansia yang Aman Untuk Dilakukan

Uncategorized

12 Jenis Olahraga untuk Lansia yang Aman Untuk Dilakukan

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh tidak terkecuali para lansia. Namun jenis olahraga untuk lansia tidak bisa sembarangan mengingat keadaan tubuh yang berbeda dengan orang dewasa atau anak – anak.

Olahraga akan mencegah kita menderita berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu olahraga harus dilakukan secara rutin. Berikut ini merupakan jenis olahraga untuk lansia yang cocok dilakukan.

Jenis Olahraga untuk Lansia, Olahraga untuk Orang Lansia, Olahraga untuk Orang Tua, Jenis Olahraga untuk Lanjut Usia

1. Aerobik

Gerakan ini sangatlah mudah sehingga cocok menjadi salah satu jenis olahraga untuk lansia. Aktivitas ini sangat berguna untuk membakar kalori, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan energi. Kamu hanya memerlukan waktu 5 hingga 30 menit setiap hari untuk melakukan gerakan ini.

2. Latihan ketahanan

Kamu dapat melakukan latihan ketahanan untuk membuat tubuh semakin kuat dan tidak gampang mengalami kelelahan atau sakit. Gerakan ketahanan yang cocok untuk dilakukan para lansia seperti berjalan cepat, bermain tenis, dan berenang.

3. Latihan jongkok

Gerakan ini memang cara yang cukup lama untuk membentuk otot tubuh, namun latihan tersebut sangat berguna bagi para lansia. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan oleh para lansia. Caranya yaitu dengan melakukan gerakan dasar dengan menggunakan kursi.

4. Latihan push up

Latihan ini sangat bagus untuk melatih kekuatan otot bahu, dada, dan lengan. Namun biasanya para lansia cukup kesulitan untuk melakukan gerakan push up karena tidak dapat menahan beratnya tubuh. oleh sebab itu kamu dapat memodifikasinya dengan menggunakan tembok yang vertikal sehingga lebih mudah untuk dilakukan para lansia.

Loading...

5. Latihan keseimbangan kaki

Latihan keseimbangan kaki merupakan gerakan yang dapat memperkuat paha, pinggul, otot punggung bawah, dan bagian bokong. Caranya yaitu dengan melakukan gerakan awal berdiri di belakang kursi dan tahan agar seimbang. Gunakan kursi yang salam dan perlahan lahan angkat satu kaki di belakang, kemudian tahan beberapa saat untuk menjaga tetap seimbang.

6. Latihan tumit kaki dengan menggunakan kursi

Latihan ini memiliki manfaat untuk mengurangi risiko jatuh dan patah tulang sebagaimana yang sering dialami oleh para lansia. Latihan keseimbangan ini dapat dilakukan oleh lansia dengan cara berdiri di atas kursi kemudian dilanjutkan dengan gerakan duduk.

7. Meregangkan tubuh bagian bawah

Untuk melakukan peregangan tubuh bagian bawah yaitu dimulai degan berdiri di belakang kursi dan raih dengan menggunakan tangan kanan. Tekuk kaki bagian kiri di belakang dan raih dengan tagan kiri. Lakukan cara ini berulang kali untuk menjaga kekuatan paha dan tangan.

8. Meregangkan tubuh bagian atas

Fleksibilitas sangat dibutuhkan oleh tubuh seseorang terutama yang telah lansia. Lakukan latihan peregangan tubuh bagian atas dengan cara fokus pada lengan dan dada kemudian berdiri tegak sejajar bahu. kemudian letakkan tangan di bagian punggung. Terus lakukan gerakan ini selama masing – masing 30 detik secara rileks.

9. Latihan gerakan ringan

Faktor mobilitas memang merupakan faktor penting untuk menentukan gerakan apa yang akan dilakukan untuk latihan rutin. Para lansia dianjurkan untuk melakukan gerakan ringan agar tidak terlalu menyebabkan kelelahan karena energinya sudah sangat berbeda dengan orang yang masih muda.

10. Lakukan gerakan yang kreatif dan menyenangkan

Cara lain yang dapat dilakukan sebagai gerakan olahraga para lansia yaitu menciptakan gerakan sendiri yang dapat mengundang kesenangan. Selain dapat menyehatkan tubuh, cara ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Sehingga akan mencegah seseorang mudah marah karena suatu hal yang tidak begitu penting

Baca Juga 25 Cara Untuk Tinggi dengan Mudah dan secara Efektif

11. Lari kecil
12. Bermain bulu tangkis

Itulah 12 informasi tentang olahraga untuk lansia yang cocok dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. olahraga merupakan kegiatan yang perlu dilakukan siapa saja termasuk lansia agar tidak mudah terserang penyakit dan bisa juga untuk melakukan fitness. Biasanya lansia justru lebih mudah menderita penyakit berbahaya seperti diabetes, serangan jantung, obesitas, dan lain sebagainya. Ubah kebiasaan buruk menjadi pola hidup sehat yang lebih berguna bagi kebaikan tubuh kamu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top