Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Jus Sehat untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dikonsumsi

Uncategorized

12 Jus Sehat untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dikonsumsi

Proses pemecahan sel di dalam tubuh dari berbagai jenis makanan akan menyisakan zat bernama asam urat. Sebagai besar zat asam urat dari proses terbet, akan di saring oleh ginjal dan kemudian di keluarkan melalui urine dan tinja. Namun apabila produksi zat asam urat terlalu berlebih pada aliran darah dapat membentuk krital padat di arean sendi sehingga mengakibatkanpenyakit yang di sebut asam urat.

Zat asam urat yang tidak dapat diuraikan oleh ginjal, akan mengendap dan mengakibatkan serangkaian gejala awal yang dapat mengaibatkan nyeri,kemerahan dan bengkak. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenali minuman yang dapat mengurang penyakit asam urat.

12 Jus Sehat untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dikonsumsi

Adapun minuman yang dapat digunakan sebagi pencegah penderita asam urat sebagai berikut :

1. Jus apel

Jus apel sangat dianjurkan bagi penderita asam urat. Kandungan vitamin A, C serta serat yang banyak di percaya mampu menyerap kandungan zat asam urat yang berlebih dalam tubuh. sehingga apabila jumlah zat asam urat dalam tubuh berkurang, resiko terkena penyakit asam urat akan berkurang.

2. Jus jeruk

Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C dan serat yang baik untuk penderita asam urat. Selain itu, kandungan air yang berlimpah pada buah jeruk dapat digunakan mengatasi dehidrasi. Kandungan berlimpah dan serat dalam buah jeruk dapat membantu melarutkan dan membuang zat-zat sisa dalam tubuh yang tidak di gunakan.

3. Jus strawberry

Selain mempunyai rasa yang lezat, buah strawberry ternyata dapat dibuat minuman yang dapat membantu penderita asam urat. Kandungan vitamin C yang banyak serta serat yang cukup, membantu menjaga kondisi badan tetap sehat. Selain itu serat pada buah strawberry baik untuk mengusir sisa-sisa  zat asam urat dalam tubuh yang tidak dapat di urai oleh ginjal.

Loading...

4. Jus blueberryy

Buah blueberry memang agak asing bagi kita dan tidak terkenal seperti buah strawberry. Namun manfaat dan kandungan vitamin, serat dan mineralnya, buah blueberry hampir sama dengan strawberry. Malahan kandungan vitamin C buah blueberry lebih unggul sedikit. Apabila kita rutin meminum buah blueberry, kandungan serat alami yang berlimpahdapat meringankan dan menormalkan keluahan pada peradangan sendi.

5. Jus wortel

Selain di jadikan sebagai olahan untuk masakan sayuran, ternyata wortel sangat enak apabila dijadikan sebagai minuman jus. Kandungan vitamin A, mineral dan seratnya sangat baik di konsumsi oleh penderita asam urat. Bagi Anda penderita asam urat, ada baiknya untuk selalu meminum jus wortel karena kandungan serat yang tinggi didalamnya dapat membersihkan sisa-sisa zat asam urat yang ada dalam tubuh.

6. Jus mentimun

Buah mentimun sering kali kita jumpai dan dihidangkan sebagai lalapan. Ternyata buah mentimun  mempunyai manfaat yang besar dan bagus bagi penderita asam urat. Kandungan air yang berlimpah pada buah mentimun sangat bagus untuk mengatasi dehidrasi, sehingga kebutuhan kelebihan mineral air yang banyak  dapat membantu melarutkan zat-zat berbahaya seperti zat asam urat dalam tubuh.

7. Jus jambu biji

Jambu biji di percaya ampuh sebagai buah untuk pengobatan alami. Jambu biji banyak di gunakan untuk obat diare bahkan saat musim hujan, di jadikan sebagai obat pencegah demam berdarah. Selain itu, banyaknya kandungan vitamin C pada jambu biji sangat baik untuk penderita asam urat. Vitamin C pada jambu biji sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh untuk menangkal radikal bebas.

8. Jus ceri

Buah ceri dapat dijadikan minuman dan ampuh mengobati penyakit asam urat. Kandunganbuah ceri benyak mengandung antioksidan, terutama antocyanin yang dapat menetralisir sisa-sisa zat asam urat di persendian. Meminum jus ceri secara teratur dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian.

9. Jus tomat

Bagi penderita asam urat sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat tinggi akan vitamin C, mineral dan serat. Selain itu, dalam buah tomat terkandung senyawa alkali yang berguna untuk menetralisir kadar asam dalam tubuh.

10. Jus melon

Jus melon sangat enak apabila di jadikan sebagai jus, karena melon memiliki kandungan air dan mineral yang sangat banyak. Banyaknya kandungan mineral dan air dalam melon sangat baik untuk melarutkan zat asam di dalam tubuh. Kebutuhan air yang cukup dalam tubuh, dapat membantu ginjal dalam mengeksresi  zat-zat berbahaya dalam tubuh.

Baca Juga: 11 Efek Buruk Teh Basi untuk Tubuh dan Kesehatan

Selain itu masih banyak, buah-buahan dan sayuran yang dapat kita jadikan jus urat seperti :

Jus Sehat untuk Penderita Asam Urat Lainnya

11. Jus lemon
12. Jus pir

Banyak buah-buahan dan sayuran yang dapat kita pilih sebagai alternatif membuat jus untuk penederita asam urat. Namun kita harus bijak dalam memilih semua bahan, apakah kita memiliki riwayat kesehatan alergei terhadap bahan tersebut.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top