Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Dampak Kebiasaan Buruk Penyebab Vertigo

Uncategorized

7 Dampak Kebiasaan Buruk Penyebab Vertigo

Vertigo adalah sensasi berputar pada lingkungan sekitar yang terjadi secara tiba-tiba. Meski vertigo biasanya berlangsung singkat, tetapi mengalami vertigo bukanlan hal yang menyenangkan karena datangnya vertigo disertai dengan mual, kesulitan berdiri ataupun berjalan. Kebiasaan buruk penyebab vertigo dapat Anda hindari untuk tidak terkena penyakit ini.

Penyakit vertigo bisa menyerang siapapun, meskipun penderita paling banyak adalah kalangan dewasa. Kenali pemicu vertigo untuk menurunkan frekuensi kambuhnya. Agar vertigo tidak terus menyerang, hindari kebiasaan buruk penyebab vertigo. Berikut adalah kebiasaan buruk penyebab vertigo.

Kebiasaan Buruk Penyebab Vertigo, Kebiasaan Bahaya Penyebab Vertigo, Penyebab Vertigo

1. Gangguan telinga

Kebiasaan buruk penyebab vertigo yang paling sering adalah adanya gangguan telinga. Dalam vertigo, kondisi dimana Anda merasa dunia tiba-tiba bergerak adalah ilusi optik.
Secara umum, vertigo terjadi karena adanya malasah mekanik dari telinga bagian dalam. Di dalam organ keseimbangan terdapat kristal yang ikut bergerak ketika Anda bergerak, jika sinyal ini tertinggal akan menciptakan ilusi gerak meski Anda dalam kondisi diam.

Pendapat lain meyebutkan, adanya serpihan debris yang terlepas dari dinding saluran telinga bagian dalam, masuk ke dalam telinga bagian dalam yang penuh cairan. Hal ini memicu gerakan cairan abnormal saat Anda menggerakkan kepala pada gerakan tertentu. Gerakan ini yang mengirim sinyal ke otak yang dapat menyebabkan vertigo.

2. Tidak berdiet

Makan bisa jadi surga yang paling sederhana, hingga tak jarang karena merasa makanan tersebut enak berakhir pada lupa diri terhadap masalah kesehatan. Pola makan yang tidak teratur, seta asupan gizi yang tidak baik dapat mengakibatkan kegemukan dan menjadi pemicu hadirnya berbagai penyakit.

Salah satu penyebab terjadinya vertigo adalah obesitas. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan hipertensi atau perubahan tekanan darah yang tiba-tiba. Kelebihan berat badan mengakibatkan masalah lain seperti kolesterol tinggi dan gula darah tinggi. Sehingga aliran darah pada tubuh tidak berjalan dengan baik.

Loading...

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok banyak merugikan kesehatan. Zat adiktif yang tertanam pada rokok menyebabkan seseorang susah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Yang akhirnya sering kali terlambat disadari adalah zat berbahaya dalam rokok telah menyerang kesehatan.
Zat adiktif dalam rokok  menimbulkan kecanduan yang berakibat pada tingginya tekanan darah. Selanjutnya, dapat menyebabkan rasa pusing yang teramat sangat.


4. Kebisaan minum alkohol

Seperti rokok, kebiasaan minum alkohol juga menimbulkan perasaan nagih, yang akan susah untuk dihentikan. Alkohol mengandung berbagai zat yang akan merusak kesehatan Anda. Untuk seseorang yang terbiasa minum alkohol, tidak mengkonsumsinya dapat menimbulkan perasaan cemas . Kecemasaan yang berlebihan dapat mencadi pemicu rasa sakit kepala.

5. Berada di atas ketinggian

Gangguan keseimbangan merupakan faktor terjadinya vertigo. Gangguan keseimbangan satu orang tentu akan berbeda dengan orang lainnya. Ada orang yang terganggu keseimbangannya karena terlalu lama di kendaraan hingga kelelahan , ada pula karena berada di atas ketinggian.

Sebagian orang bila berada di atas ketinggian akan merasa pusing, mual bahkan ingin muntah. Jika tidak segera dilakukan tindakan,  bisa terjadi ilusi dunia berputar-putar, terhuyung-huyung dan perasaan akan jatuh. Kesemuanya itu merupakan tanda terjadinya vertigo.

6. Bangun tidur, jangan bergerak tiba-tiba

Gerakan yang tiba-tiba dapat memicu vertigo. Gerakan tiba-tiba mengakibatkan  gerakan otot yang tidak terkoordinasi dengan baik. Dengan demikian dapat menjadikan Anda terhuyung dan pusing.

Menghindari pemicu pusing adalah cara terbaik untuk mencegah datangnya vertigo. Segeralah duduk apabila gerakan yang tiba-tiba membuat Anda merasa pusing. Dan cobalah berlatih menggerakkkan kepala secara perlahan-lahan untuk mengurangi adanya vertigo yang dapat menyerang secara tiba-tiba.

7. Memiliki gangguan syaraf

Vertigo juga dapat disebabkan oleh gangguan syaraf. Vertigo central adalah jenis vertigo yang terjadi karena adanya gangguan pada resebelum yang terletak dibawah otak besar yang terhubung pada syaraf tulang belakang. Salah satu penyebab datangnya vertigo central adalah adanya tumor jinak pada syaraf pendengaran.

Baca Juga 15 Obat Tradisional Alami untuk Ginjal Bocor

Terapkan pola hidup sehat untuk menjauhkan Anda dari penyakit, lakukan segera penanganan bila Aanda merasa sakit dan kenali gejala suatu penyakit untuk mengindarkan dari masalah kesehatan yang lebih serius. Dengan mengetahui kebiasaan buruk penyebab vertigo, Anda dapat melakukan pencegahan sesuai dengan gejala vertigo yang ada. 

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top