Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Kebiasaan Penyebab Diabetes yang Jarang diketahui

Uncategorized

16 Kebiasaan Penyebab Diabetes yang Jarang diketahui

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang dapat terjadi secara menaun. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup. Apabila organ pankreas tidak dapat bekerja secara efektif untuk menghasilkan insulin, diabetes pun bisa terjadi. Tentu terjadinya gangguan ini tidak jauh dari kebiasaan penyebab diabetes.

Seseorang yang menderita penyakit diabetes memiliki kadar gula yang jauh lebih tinggi dari orang normal. Hal ini akan menyebabkan penyembuhan luka menjadi lambat dan bahkan berujung pada pembusukan luka bahkan kematian. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan penyebab diabetes yang tidak banyak orang menyadari dilakukan secara terus menerus.

Kebiasaan Penyebab Diabetes, Kebiasaan Penyebab Penyakit Diabetes, Kebiasaan Dampak Penyebab Diabetes

1. Mengurangi asupan kopi

Salah satu kebiasaan penyebab diabetes yang paling sering tidak disadari yaitu membatasi konsumsi kopi. Banyak orang yang bingung bagaimana bisa seseorang yang membatasi dalam mengonsumsi dapat memicu timbulnya diabetes. Banyak studi yang membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi secara rutin akan menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 33 % daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

2. Melewatkan sarapan

Sarapan memang sangat penting untuk memberikan asupan energi dalam menjalankan aktivitas sehari – hari. Namun banyak orang yang melewatkan kebiasaan baik ini untuk menurunkan berat badan. Cara ini merupakan hal yang salah. Seseorang yang sering melewatkan sarapan akan memicu risiko diabetes tipe 2 apabila dilakukan dengan sering dan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Terlalu banyak menonton tv

Kebiasaan terlalu sering berdiam diri di depan TV tidak hanya menimbulkan obesitas atau kelebihan berat badan, namun juga akan berpotensi timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes. Kekurangan gerak akan menimbulkan penumpukan lemak sehingga sangat mudah terserang diabetes.

4. Memanaskan lauk di dalam microwave menggunakan plastik

Diabetes juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti memanaskan lauk di dalam microwave. Yang menjadi masalah yaitu apabila lauk yang di panaskan terlebih dahulu di bungkus oleh plastik. Padahal bahan pembuat plastik erat kaitannya dengan salah satu penyebab diabetes pada anak – anak dan remaja.

Loading...

5. Konsumsi probiotik yang kurang

Kebiasaan selanjutnya yang jarang menjadi perhatian orang yaitu kekurangan konsumsi makanan probiotik. Padahal probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu pankreas untuk memproduksi hormon insulin.

6. Kekurangan vitamin D

Diabetes juga dapat disebabkan oleh membatasi mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Selain dari makanan, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari pagi. Seseorang yang malas melakukan aktivitas berjemur di pagi hari akan menyebabkan dirinya memiliki risiko penyakit diabetes yang lebih tinggi.

7. Malas berolahraga

Peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh akan meningkat sebesar 90% dalam waktu 20 tahun kedepan apabila seseorang tidak pernah atau jarang melakukan aktivitas fisik. Ketika seseorang kekurangan olahraga, maka risiko diabetes pun akan ikut meningkat. Oleh sebab itu sangat dianjurkan berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang tidak pernah ditinggalkan. Padahal kandungan di dalam rokok sangat berbahaya terutama dapat menimbulkan diabetes. Penelitian yang di lakukan di salah satu lembaga riset di Amerika mencatat bahwa perokok memiliki risiko 22% lebih besar daripada seseorang yang tidak merokok.

9. Penggunaan pil kontrasepsi

Kebiasaan berikutnya yang sering dilakukan namun dapat menyebabkan terjadinya diabetes yakni mengonsumsi pil kontrasepsi. Biasanya pil kontrasepsi dibaut dari hormon progestin saja atau progestin dan estrogen. Karena kombinasi tersebut, gula darah di dalam tubuh sangat mungkin untuk mengalami peningkatan ketika mengonsumsinya.

10. Hobi mengonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda tidak hanya dapat menimbulkan risiko obesitas yang tinggi. Namun dengan mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan akan menyebabkan risiko peningkatan gula darah semakin besar. Hal ini lah yang menyebabkan seseorang sangat mudah terserang diabetes yang mematikan.

Baca Juga 8 Dampak Penyebab Betis Mengalami Bengkak

6 Kebiasaan Penyebab Diabetes Lainnya:

11. Makan gorengan
12. Stress
13. Depresi
14. Konsumsi teh manis
15. Ngemil
16. Kurang istirahat

Itulah beberapa kebiasaan penyebab diabetes yang jarang diketahui orang. Dengan membaca artikel tersebut, kamu akan mulai sadar kebiasaan – kebiasaan yang tidak baik akan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit diabetes.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top